"SELAMAT DATANG DI BLOG GEOGRAFI LINGKUNGAN""(EKOGEO)"

Monday, September 10, 2018

50 FAKTA TENTANG KOALA

   

    Koala sebagai hewan khas Australia digambarkan sebagai binatang yang lucu dan menggemaskan, tapi ternyata banyak fakta berbeda yang harus Anda tahu mengenai koala ini. Tidak seperit yang digambarkan, hewan kebanggaan Australia ini memiliki berbagai sisi tersembunyi yang tidak kita tahu. Selanjutnya berapakah ukuran koala yang sudah dewasa? Untuk ukuran koala yang sudah dewasa memiliki berat badan sekitar 6 sampai 14 kilogram.
  Lalu bagaimana cara membedakan koala jantan dan koala jenis betina? Mudah saja untuk membedakan jenis kelamin dari badannya, koala jantan terlihat lebih besar daripada koala betina. Selain itu, koala betina dapat dibedakan dengan kantung di perut. Jadi hanya koala betina saja yang memiliki kantung di perutnya.
   Koala memiliki ciri-ciri sebagai berikut, koala biasanya memiliki warna abu-abu dan warna putih pada bagian perut bawah leher, selain itu pada ujung telinga terlihat rambut putih yang panjang. Koala memiliki ekor, telinga yang berbulu dan hidung yang berwarna hitam besar.Sementara koala ini memiliki lengan bagian depan yang panjang lalu kaki koala, mereka memiliki ukuran kaki belakang yang lebih pendek daripada kaki depannya.
   Fakta Menarik Koala yang Menggemaskan  Koala! Simbol Australia di seluruh dunia! Begitu  Mendengar kata Australia, Koala dan Kanguru masuk ke dalam pikiran banyak orang. Siap untuk beberapa informasi tentang makhluk imut ini? Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang koala yang menggemaskan :

1. Hidup hampir Tanpa Air
Koala tidak banyak minum air dan sebagian besar air berasal dari daun pohon tempat tinggal mereka. Dalam bahasa Aborigin, koala sebenarnya berarti "tanpa air" atau "tidak ada air". 

2. Nokturnal
Koala terkenal karena makhluk nokturnal! Tapi apakah Anda tahu hal itu karena mereka tidur selama 18 jam per hari? Gaya hidup yang tidak menetap ini juga berakibat pada rendahnya perkembangan otak dan tubuh mereka yang gemuk.

3. Suka sekali Makan dan Tidur 
Cukup mengejutkan mengetahui bahwa koala ini terlalu banyak makan untuk gaya hidup malas mereka. Mereka makan satu kilogram daun setiap hari dan bahkan menyimpan beberapa di kantong atau pipi mereka sebagai "kudapan".

4. Perenang yang cukup Bagus
Koala adalah perenang yang lumayan ahli dan jika diharuskan, mereka bisa menyeberangi seluruh sungai!

5. Penampilan Bayi Koala tidak Imut
Jika Anda berpikir bayi koala sangat imut, biar kukatakan bahwa bayi koala tidak berbulu dan seukuran kacang! Mereka menempel di kantong ibunya selama enam bulan pertama dan selama tiga bulan ke depan, mereka cenderung mencengkeram bulunya pada siang hari dan kembali ke kantong pada malam hari.

6. Penggunaan cakar
Koala memiliki 5 jari di kaki depan. Ini membantu mereka berpegangan erat ke cabang dan untuk mencengkeram makanan mereka. Jari ke-2 dan ke-3 di kaki belakang mereka disatukan untuk membentuk cakar.

7. Suka menampilkan wilayahnya
Seekor koala jantan dewasa senang jika ditengah dadanya ada zat gelap dan lengket. Zat ini digunakan oleh Koala untuk menggosokkannya ke dahan untuk menunjukkan bahwa itu adalah wilayahnya.

8. Usia dewasa untuk kawin
Koala betina bisa sepenuhnya matang pada usia dua tahun, tapi koala jantan memakan waktu sekitar tiga sampai empat tahun.

9. Pemilih makanan
Koala sangat pilih-pilih saat hendak menyantap daun. Ada sekitar 600 varietas kayu putih tapi koala hanya makan tiga atau empat saja. Dan Juga, mereka suka memilihnya dari jenis kayu putih yang tersedia di "area" mereka. Jadi koala dari berbagai daerah memiliki diet yang berbeda.

10. Chlamydia
Chlamydia adalah organisme yang hidup di tubuh Koala yang sehat. Diyakini bahwa Chlamydia dapat bertindak sebagai mekanisme kontrol untuk membatasi populasi sehingga pohon tidak mudah digapai, memastikan bahwa hanya hewan terkuat dan paling kuat yang bertahan.
Klamidia juga bisa membuat mereka sakit tapi hal tersebut kebanyakan terjadi saat mereka stres karena perusakan habitat.

11. Mereka bukan beruang
Koala kadang-kadang disebut beruang dan itu bukan salah siapa-siapa karena mereka terlihat seperti itu! Dalam arti sebenarnya, koala bukanlah beruang, tapi marsupial. Mereka memiliki kantong tempat bayi mereka berkembang. Ya, seperti kanguru!

12. Tidak dianggap punah
Hanya ada sekitar 8.000 koala yang tersisa dan tetap saja spesies tersebut tidak dianggap sebagai spesies yang hampir punah oleh pemerintah. Australia telah kehilangan 90% populasi koala sejak beberapa tahun kebanyakan karena meruntuhkan hutan dan pepohonan yang menyebabkan kerusakan habitat mereka.

13. Tertantang untuk Dunia
Seekor koala cub atau "Joey" buta saat lahir. Itu menjelaskan mengapa  mereka menghabiskan beberapa bulan pertama untuk melakukan apa pun tetap berada di kantong ibunya.

14. Kerabat
Wombat dan kanguru adalah saudara koala. Seekor wombat dan koala serupa karena memiliki kantong dan begitu juga kanguru.

15. Jangka hidup yang lumayan panjang
Koala memiliki rentang Hidup antara 12 tahun (jika mereka liar) -16 tahun (jika mereka dijinakkan atau dilindungi).

16. Terbesar dan Terkecil 
Koala terbesar memiliki berat di atas 10 kg dan ditemukan di Victoria sementara yang terkecil tinggal di Queensland Utara dan beratnya hanya 5,5 kg. Koala ditemukan di antara kedua wilayah ini, tapi hanya di tempat yang cukup banyak pohon yang cocok untuk tempat tinggal mereka.

17. Suka makan kotoran. 
Beberapa hewan mengkonsumsi hal-hal yang benar-benar aneh untuk membuat pencernaan mereka bergerak. Sama seperti dinosaurus yang makan batu, Koala makan tanah untuk mencerna daun kayu putih yang mereka lahap. Koala ini juga sangat memilih jenis daun yang akan di makan. Daun eukaliptus jenis apa yang koala makan? Sebenarnya koala memlilih jenis daun yang muda dan terlihat segar untuk di makan. Sehingga koala ini sering mencari daun dengan melompat dari satu pohon ke pohon eukaliptus lainnya. Lompatan yang koala lakukan bisa mencapai 45 meter. Setiap koala mampu memakan daun-daun eukaliptus sebanyak satu hingga dua kilogram setiap harinya. Koala menyimpan cadangan makanan itu di kantong perut dan pada pipi koala. Koala memiliki bau yang khas yaitu memiliki bau daun eukaliptus sehingga bulu-bulu koala tetap terjaga dari kutu-kutu atau hewan lainnya yang merugikan koala.

18. Koala adalah salah satu hewan yang dilindungi. 
Betapa menyenangkannya bisa memiliki hewan ini. Akan tetapi, menjadikan koala sebagai hewan peliharaan bisa membuat kalian dihukum Di Australia, siapa pun yang memelihara koala akan mendapat hukuman penjara.

19. Kalau melihat besarnya koala dewasa, tahukah kalian kalau ketika dilahirkan, koala hanya memiliki panjang 1 inci (2,54 CM)? Beratnya hanya sebesar lebah saat koala dilahirkan. Bayi koala akan tetap berada di kantung ibunya hingga dia berusia 6 bulan dan saat masih menyusui.

20. Koala adalah salah satu dari beberapa mamalia yang memiliki sidik jari manusia. Sangat sulit membedakan keduanya bahkan di bawah mikroskop.

21. Hewan ini terkenal sebagai hewan yang suka sekali tidur. Koala mampu tidur hingga 18 jam setiap harinya. Saat tidak tidur, koala menggunakan waktunya untuk makan atau berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Mereka juga bisa melompat hingga sejauh 150 kaki (45,72 meter) diukur dari puncak pohon.

22. Meskipun namanya memilik arti "tidak minum", koala masih tetap minum air! Hanya saja, binatang ini jarang sekali terlihat sedang minum. Koala mendapat air dari daun-daun eukaliptus yang dimakan olehnya.

23. Berbeda dengan jerapah yang hidup berkelompok. Koala adalah hewan penyendiri. Artinya, mereka hidup sendiri dan jarang terlihat sebagai kelompok. 

24. Mereka juga akan sangat melindungi daerah tempat tinggalnya. Koala menandai tempat tinggal dengan meninggalkan aroma tubuhnya di pohon dengan cara menggosok dada mereka ke pohon.

25. Koala adalah hewan yang sangat tenang dan tidak banyak bergerak. Mereka hanya aktif selama 2 jam per hari. Namun koala bisa mengeluarkan suara menggeram yang sangat keras dan agresif jika merasa terancam!

26. Meskipun terlihat tenang, koala juga bisa berlari. Ia bisa berlari dengan sangat cepat. Kecepatannya hampir sama seperti saat kelinci berlari.


27. Koala memiliki ekor. Ekor ini berfungsi sebagai tempat duduk mereka saat duduk di ranting pohon selama berjam-jam.

28. Koala jarang sekali turun dari pohon. Itu karena binatang ini memiliki beberapa predator, terutama anjing. Agar terhindar dari predator dan menjaga diri supaya tetap aman, mereka terus menetap di atas pohon.

29. Memiliki Bau Seperti Urine. Koala itu bau, dideskripsikan seperti bau urine. Koala memang terlihat sangat lucu dan menggemaskan, namun ternyata jika Anda melihatnya secara langsung maka Anda akan mempertimbangkannya lagi. Jika dapat digambarkan sebagai bau apapun, maka bau koala akan dapat digambarkan seperti bau urine atau bau pesing air seni Anda. Hal ini karena koala dewasa akan menggunakan bau tersebut sebagai penanda wilayah mereka.

30. Sidik Jari Seperti Manusia. Koala memiliki sidik jari yang benar-benar menyerupai manusia. 
Manusia sudah dikenal secara umum sebagai spesies yang memiliki sidik jari unik untuk setiap individualnya, dan hal itu ternyata juga berlaku bagi koala. Tidak hanya itu saja, sidik jari mereka sangatlah mirip dengan sidik jari manusia. Hal itu bahkan pernah membuat para polisi kebingungan dalam menyelesaikan sebuah kasus kriminal, dan beberapa kasus bahkan tidak terselesaikan karena sidik jari koala-koala ini.

31. Koala Berarti "Tidak Minum". Arti nama koala adalah tidak minumDalam bahasa aborigin Australia, kata koala dapat diartikan sebagai "tidak minum." Karena pohon eukaliptus, makanan mereka, memang sudah menjadi sumber makanan sekaligus sumber air mereka. Namun hal itu tidak berarti mereka tidak pernah minum air, jika mereka sakit atau dalam iklim kering maka koala akan terlihat minum air.

32. Tidur, Tidur, Makan, dan Tidur. Setiap harinya, koala dapat tidur 18 hingga 22 jam. Sepanjang hidupnya koala aakn lebih sering terlihat tidur, daripada melakukan aktivitas lain. Hewan-hewan ini setiap harinya akan tertidur selama 18 hingga 22 jam dan sisanya mereka gunakan untuk makan. Jumlah daun eukaliptus yang mereka makan juga tidaklah sedikit yakni kurang lebih sebanyak 1 kg. Sebagai bayangan, 1 mangkuk nasi yang biasa kita makan itu adalah 125 gram, jadi jika dibandingkan, koala dapat memakan sekitar 9 mangkuk nasi setiap harinya.

33. Benar-Benar Khas Australia. Koala adalah hewan endemik Australia atau hewan yang hanya ada di Australia. Seperti yang sudah diketahui secara umum, koala adalah hewan endemik atau hewan khas Australia yang benar-benar hanya dapat ditemukan di negara tersebut. Satu-satunya kemungkinan Anda dapat melihatnya di luar Australia adalah karena mereka dirawat seseorang atau dengan kata lain di kebun binatang.

34. Relatif Berbulu Domba. Bulu koala itu tergantung atas lingkungan tempat tinggalnya dan biasanya lebat. Bulu koala sering digambarkan sangat lembut dan halus. Hal itu tidak salah, namun lebih tepat mereka dapat digambarkan seperti bulu domba yang tebal karena koala adalah marsupialia (hewan berkantung Australia) yang memiliki bulu tertebal dibandingkan marsupial lainnya. Kehalusan dari bulu koala juga bersifat relatif dan tergantung dari lingkungan tempat hewan ini hidup, terkadang bulu mereka justru dapat kasar.

35. Terancam Punah. Jumlah koala di alam liar diperkirakan kurang dari delapan ribu koala dan terancam punah. Di antara tahun 1908 hingga 1927, ada lebih dari 2 juta koala yang diburu di alam liar, hal itu juga belum memperhitungkan predatornya. Ditambah lagi dengan kemajuan zaman dan penebangan hutan liar, maka habitat koala benar-benar sudah merosot hingga 90% dibandingkan sebelumnya. Di alam liar, diperkirakan hanya ada sekitar 6.000-8.000 koala.

36. Rumah Masing-Masing. Setiap koala memiliki rumah atau pohonnya masing-masing. Koala adalah hewan sosial yang hidup dalam grup kompleks. Setiap komunitas memiliki pejantan dominan dan setiap koala mempunyai pohon masing-masing sebagai rumah mereka, yang benar-benar berbeda dari tetangganya. Itulah sebabnya mengapa jika pohon itu ditebang atau dihancurkan, maka koala terkait akan speerti kehilangan rumah mereka sama halnya seperti kita kehilangan rumah.

37. Koala atau Kacang. Ukuran bayi koala yang benar-benar baru lahir kurang lebih sebesar kacang. 
Bayi koala yang benar-benar baru lahir akan sangat berukuran kecil, beberapa mendeskripsikan bayi koala hanya sebesar kacang. Tidak hanya itu saja, mereka digambarkan seperti cacing karena tidak memiliki telinga, kecil, buta, dan tidak berbulu. Selama 6 bulan, bayi tersebut akan hidup di dalam kantung ibunya. Fakta lainnya adalah tentang bayi koala, bayi koala lahir dengan berukuran yang sangat kecil atau biasanya sebesar bentuk jelly bean, sekitar 2 cm. Bayi koala yang baru lahir tidak memiliki rambut, matanya buta dan belum memiliki telinga. Setelah itu, ia akan tinggal selama 6 bulan di kantung yang berada dalam perut koala betina. Ia menghabiskan waktu selama 6 bulan sehingga pada masa itu organ tubuh bayi koala akan berkembang, sehingga akhirnya bayi koala memiliki telinga, mata, tangan dan kaki dengan sempurna. Lalu setelah 6 bulan lebih, pertama kalinya ia akan keluar dari kantong perut ibu koala, untuk memahami jenis daun untuk dia makan, tapi setelah itu dia akan kembali tidur di kantong juga dia akan menyembunyikan daunnya. Beberapa bulan kemudian bayi koala akan tumbuh menjadi besar dan dia akan naik di punggung ibu koala atau diam saja di perut ibunya. Setelah memasuki usia 1 tahun koala ini akan hidup mandiri sendirian.

38. Dua Jempol, Dua Jari Menempel. Tangan dan kaki koala itu benar-benar unik, dua jempol dan dua jari menempel. Seperti manusia, koala memiliki 5 jari namun mereka memiliki susunan jari yang berbeda antara tangan dan kaki. Tangan mereka terdiri dari 2 jempol dengan 3 jari terpisah, sedangkan kaki mereka terdiri dari 1 jempol yang jari kedua dan jari ketiganya menempel satu sama lain. Jari yang menempel di kaki ini berguna untuk merawa diri mereka sendiri. Serta jangan lupakan cakar mereka yang tajam untuk memanjat dengan mudah.

39. Ketika masih bayi, ukuran koala hanya seukuran 2,54 cm saja loh, kecil banget dan imut-imut pastinya. Bayi koala dilindungi dan menyusui langsung di kantung sang induk sampai di usianya yang ke enam bulan. Oleh sebab itu kita tidak akan pernah melihat penampakan bayi koala yang bermain sendirian tanpa bersama ibunya.

40. Koala Ternyata juga punya sidik jari seperti Manusia. Tau nggak sih kalau koala itu punya sidik jari yang mirip sama sidik jari manusia? Saking miripnya, sidik jari koala sama sidik jari manusia susah banget dibedainnya sekalipun dengan pengujian alat mikroskop/alat tes sidik jari.

41. Nah selanjutnya adalah fakta tentang koala yang suka sekali tidur.  Binatang koala ini aktif pada malam hari dan sering menghabiskan waktunya untuk tidur. Berapa lama koala menghabiskan waktunya untuk tidur? Ya benar sekali koala akan tidur sebanyak 18 atau 20 jam setiap harinya. Di mana tempat binatang ini tidur? Lihat saja gambar koala yang sedang tidur tersebut, jelas tidurnya menempel pada pohon. Binatang koala kebanyakan tidurnya di pohon eukaliptus dengan cara menempelkan ekornya pada sudut-sudut pohon tersebut, karena ekor tersebut berfungsi untuk tempat duduk koala hingga terlelap tidur sampai lama sekali, tidak peduli akan suasana yang berisik atau bising, koala akan tetap tertidur nyenyak. Kerjaannya tidur Melulu. Koala adalah hewan dengan waktu tidur yang sangat lama. Waktu tidur koala bisa mencapai 18 jam sehari. Kalau lagi nggak tidur, koala biasanya makan atau main lompat-lompatan dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Biarpun badannya kecil dan gak segede monyet ataupun kakaknya king kong. Lompatan koala bisa mencapai jarak 45,72 meter loh. Jauh banget yah..

42. Koala jarang minum. Koala adalah hewan yang jarang sekali terlihat sedang minum. Mungkin ini ada hubungan dengan asal usul nama koala yang memiliki arti ‘tidak minum’. Julukan nama koala ini diberikan pada hewan tersebut karena dia hampir jarang sekali terlihat sedang minum. Tapi sebenernya, koala itu tetap minum kok seperti hewan lainnya, yakni lewat air di dalam daun-daun eukaliptus (kayu putih) yang sekaligus sebagai makanannya.

43. Hewan penyendiri. Koala nggak suka rame-rame apalagi nongkrong. Beda sama hewan-hewan lain yang sukanya hidup berkelompok kalau pergi kemana saja selalu bersama-sama, koala lebih suka diem sendirian di atas pohon sambil tidur. Dan oleh karena itu juga, koala nggak suka keramaian. Makanya kalau kita ingin deketin koala, kita harus tenang dan nggak boleh berisik.

44. Koala juga bisa galak. Walaupun kelihatannya diem dan nrimo hidup ini apa adanya, tapi koala ngga akan sungkan-sungkan menggeram dengan keras dan menjadi agresif kalo dirinya merasa terancam. Jadi jangan coba-coba gangguin koala ya, karena mereka sangat suka kedamaian dan jangan sampai kamu apes digigit olehnya.

45. Koala jarang bergerak. Hal ini nggak aneh, soalnya Koala suka banget tidur makanya jarang dan kelihatan malas untuk bergerak. Koala hanya bergerak dan beraktivitas selama dua jam sehari.

46. Koala punya ekor. Walaupun nggak begitu keliatan, koala ternyata juga punya ekor lohh. Fungsi ekor pada koala ini adalah sebagai tempat untuk duduk ketika berada di ranting pohon selama berjam-jam. Nah mungkin karena ini, koala betah duduk berlama-lama yang di pohon dan jarang bergerak tanpa harus takut pantatnya kapalan seperti kamu, ups maaf maksudnya si Nyemot

47. Koala bisa lari kencang. Walaupun koala keliatannya hewan yang pemalas dan mageran alias males gerak, ternyata jangan menyepelekan keahlian koala kalau lagi lari. Karena Koala bisa cepat sekali ketika berlari, hampir seperti kelinci.

48. Hewan Bodoh yang Ternyata Cerdas. Dari dulu sosok Koala selalu digambarkan sebagai hewan yang super bodoh dan selalu hidup sepanjang hari bermalas-malasan di kayu putih eukaliptus. Padahal dalam penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap fakta unik tentang kecerdasan koala.

49. Sebanyak 86 ekor koala yang sengaja ditempat tinggalkan di enam lokasi penyeberangan hewan yang dibuat oleh pemerintah Australia ternyata mampu beradaptasi dengan cepat. Dengan kecerdasannya mereka bisa menggunakan jalur penyeberangan hewan melintasi jalan raya Queensland. Mereka selalu bergerak di malam hari untuk melewati jalur penyeberangan tersebut untuk menuju ke tempat-tempat habitat Koala yang lain. Karena takut menjadi korban tabrak dari mobil yang lewat. Pemerintah pun akhirnya membuatkan jalanan gantung diatas jalan raya khusus perlintasan Koala. Lagi-lagi mereka dengan cepat beradaptasi untuk selalu melintasi jalan baru tersebut.

50. Hewan yang dilindungi. Koala adalah salah satu satwa hewan yang dilindungi oleh Undang-undang. Di negaranya Autralia, jika salah satu masyarakat disana atau warga negara asing kedapatan memelihara koala dapat dikenakan sanksi hukuman penjara, karena jumlah hewan ini sudah sangat langka di habitat aslinya sendiri.