"SELAMAT DATANG DI BLOG GEOGRAFI LINGKUNGAN""(EKOGEO)"

Friday, August 31, 2018

KUDA : MAMALIA TERCEPAT DENGAN STAMINA TERKUAT

   
   Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.
    Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.
Dalam bahasa Jawa disebut jaran, bahasa Makassar disebut jarang. Kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Arab, Morgan, Quarter Horse, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg. Kuda yang "berat" atau kuda beban, seperti misalnya Clydesdale, Draft, Percheron, dan Shire beratnya dapat mencapai hingga 907 kg.

Kuda dalam kebudayaan
   
Kuda telah memainkan peran yang luas dalam kebudayaan manusia. Hewan ini pertama kali dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara. Peran berikutnya adalah sebagai hewan penarik.
    Kuda dalam berbagai kebudayaan dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, dan kekuatan. Kuda sandel, atau lebih lengkap kuda Sandalwood pony, adalah kuda pacu asli Indonesia yang dikembangkkan di Pulau Sumba. Konon kuda ini memiliki moyang kuda arab yang disilangkan dengan kuda poni lokal (grading up) untuk memperbaiki sejumlah penampilannya. Nama "sandalwood" sendiri dikaitkan dengan cendana ("sandalwood") yang pada masa lampau merupakan komoditas ekspor dari Pulau Sumba dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.
    Menurut catatan J. de Roo pada tahun 1890, kuda telah menjadi komoditi perdagangan orang Sumba ke daerah lain di Nusantara paling tidak sejak 1840 melalui Waingapu yang kebanyakan dilakukan oleh bangsawan setempat. Populasinya sempat menurun menjelang pertengahan abad ke-20 akibat meluasnya penyakit dan juga persaingan dari ternak sapi ongole Sumba. Pada masa kini, perbaikan mutu dan penampilan kuda sandel telah menjadi program nasional, dilakukan melalui program pemuliaan murni dan grading up dengan persilangan terhadap kuda "thoroughbred" asal Australia untuk kecepatan dan tenaga.
    Kuda sandel memiliki postur rendah bila dibandingkan kuda-kuda ras dari Australia atau Amerika. Tinggi punggung kuda antara 130 - 142 Cm. Banyak dipakai orang untuk kuda tarik, kuda tunggang dan bahkan kuda pacu. Keistimewaannya terletak pada kaki dan kukunya yang kuat dan leher besar. Ia juga memiliki daya tahan (endurance) yang istimewa. Warna rambutnya bervariasi: hitam, putih, merah, dragem, hitam maid (brownish black), bopong (krem), abu-abu (dawuk), atau juga belang (plongko).
    Kuda ini sampai sekarang masih merupakan kuda yang diternakkan di Pulau Sumba dan dikirim ke pulau-pulau lain seperti Jawa, Madura, dan Bali untuk dipergunakan sebagai kuda tarik, kuda tunggang serta kuda pacu. Lomba pacuan kuda sandel masih bisa dinikmati di berbagai daerah di Indonesia terutama di Jawa, Madura, dan, tentu saja, Sumba. Kabupaten Sumba Timur memasukkan kuda sandel pada lambang daerahnya.
     Kuda adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama menjadi salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis. Kuda telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun lalu. Bahkan kuda termasuk hewan yang bersahabat dengan manusia, pastinya banyak dari anda yang begitu menyukai hewan gagah ini. Untuk itulah kali ini admin akan membahas artikel mengenai kuda dan langsung aja , kita baca.

Asal Usul Kuda
    Kuda yang saat ini tersebar di seluruh dunia sejatinya berasal dari binatang kecil, beberapa ilmuwan menyebut hewan kecil ini sebagai eohippus atau dawn horse. Binatang kecil tersebut telah mengalami proses evolusi sekitar 60 juta tahun yang lalu. Dan di Tahun 1867, kerangka lengkap dari fosil Eohippus telah ditemukan di bentukan Tebing Eocene. Kemudian pada tahun 1931, kerangkanya disusun kembali di Big Horn Basin, Wyoming USA oleh palaeontologi dari Institut Teknologi California. Adapun yang perlu anda ketahui bahwa kuda mengalami proses evolusi yang terjadi dalam beberapa tahap yakni:
  • Eohippus, berkembang pada zaman Eocene dengan tinggi 25 cm.
  • Mesohippus, perkembangannya dimulai pada zaman Ologocene yakni memiliki tinggi mencapai 60 cm dan juga memiliki tiga jari.
  • Merychippus, berkembang pada pertengahan dan akhir zaman Miocene dengan memiliki ketinggian yang sudah mencapai 100 cm dan jari tengah mulai memendek.
  • Pliohippus, berkembang pada pertengahan zaman Pleistocene sekitar 6 juta tahun yang lalu dan kini tingginya mencapai 125 cm. Kukunya juga mulai berkembang menjadi kuku satu dan seterusnya disebut Equus, yang tingginya kini sudah bervariasi serta ukuran dan bentuk kuku makin bagus.
    Kini hewan gagah ini sudah bisa anda temui bahkan hampir sering ditemukan ditempat ataupun suatu daerah dipenjuru dunia. Inilah yang menunjukan bahwa ternak kuda begitu mudah untuk menyesuaikan diri terhadap iklim setempat. Hewan ini memulai penyebarannya dari Amerika Utara ke arah Amerika Selatan dan terus menyebar ke daerah Asia, Eropa dan Afrika yang terjadi sekitar 1 juta tahun yang lalu pada akhir zaman es yakni (9.000 SM).
   Pada abad ke-16, penjelajah dari negara Spayol mendarat di Meksiko dengan membawa beberapa ekor kuda dan setelah itu hewan-hewan ini mulai berkembang dan menyebar di wilayah Amerika.
   Pastinya anda akan bertanya-tanya kan berkembangnya kuda di negara Indonesia itu kapan? Berkembangnya hewan gagah ini pada masa Kerajaan Hindu dan Budha yakni pada abad ke-7 Masehi. Pada masa kerajaan-kerajaan yang memiliki armada maritim yang kuat dan mempercepat usaha pengembangbiakan dan penyebaran kuda keseluruh wilayah Indonesia yakni mulai dari pulau Jawa sampai Sulawesi bahkan hingga kepulau kecil lainnya.
Kuda Arab
 
Kuda arab adalah salah satu jenis ras kuda yang berasal dari daerah Arab, dipelihara orang untuk berbagai keperluan. Karena posturnya yang tinggi, performa yang istimewa yaitu ketahanan tubuh prima, kecerdasannya, lincah maka kuda arab dipakai juga untuk berperang. Kuda arab juga menjadi peliharaan orang-orang suku pengembara Baduwi di daerah padang pasir Semenanjung Arab.
    Kuda arab begitu diandalkan dan dihormati oleh Peraturan syarikat Badwi yang dibentuk mengenai ladang kuda. Dan bahkan hari ini mereka terus menjadi satu-satunya kuda bangsa sejati. Tetapi penghormatan dari kuda-kuda yang paling ketara dapat dikesan kepada Nabi Muhammad yang pengikut-pengikutnya menggunakan kuda apabila mereka pergi dari desa ke desa pada abad ketujuh Masehi menyebarkan Islam.
   
Kuda arab telah diakui diseluruh dunia bahwa mereka adalah kuda asli Arab yang dapat ditelusuri sejak 3000 tahun yang lalu. Oleh-orang barat mengakui bahawa kuda arab yang terdapat dinegara-negara Arab saperti Arab Saudi, Yaman, Syria, Irak, Libya, Iran, Mesir adalah tempat-tempat asli terdapatnya kuda ini.
    Sekarang hampir semua kuda-kuda hebat di dunia termasuk kuda Inggris Thoroughbred, Dartland, Barb, Criollo dan sebagainya sedikit sebanyak mempunyai pertalian darah dengan kuda arab. Di balik kehebatan kuda-kuda lain didunia, di dalamnya mengalir darah kuda arab.
    Namun yang paling sedihnya, kuda arab yang terbaik masa kini bukan terdapat di negara-negara Arab, malah Australia,Perancis, Hungaria, Polandia adalah tempat-tempat yang ternama untuk mendapatkan ras Kuda Arab. Bahkan di Australia saja terdapat beratus-ratus ribu ras kuda Arab 'pure' yang baik-baik.
    Dikalangan negara Arab, Mesir dianggap negara paling terdepan dalam peternakan dan pembiakan ras kuda arab yang baik samapai tahun terakhir ini, kita dapati Uni Emirat Arab telah memulai langkah menternak dan mengembiakan ras kuda arab asli.

Ras kuda arab
   Dikalangan penternak kuda kita dapati nama-nama kuda saperti Straight Egyptian, Kuda Arab Polandia, Russia, Amerika, Crabbet Arabian, Kholonial Arabian dan lain-lain kuda Arab adalah hampir sama. Cuma yang bedanya mereka mendapatkan kuda-kuda Arab asli ini dari negara-negara Arab saperti Yaman, Arab Saudi, Syria, Iraq, Lebanon,dan Mesir . Untuk melestarikan identitas negara tersebut, maka lahirlah hibrida kuda arab yang dipanggil Straight Egyptian, Crabbet Arabian, Kholonial Arabian, dsb.
   Hakikat sebenarnya kuda-kuda tersebut adalah hampir sama dari segi keturunan atau istilah kuda dipanggil 'strain'- ras. Di Indonesia kita akan menjumpai kuda arab hasil persilangan 'astro arab' dengan kuda Australia dan kuda pakistan tetapi dari garis keturunan tetap mengalir kuda dari ras arab.

Kuda arab dalam Islam
   Atas arahan Rasulullullah saw, orang-orang Arab Badwi mula menternak dan membiak kuda-kuda arab baka baik dan menurut ahli sejarah Abnu Khallikan menyatakan dalam Kitabnya bahwa " Tariq bin Ziad telah membawa 12,000 pasukan berkuda dari Maroko dan Tunisia ( Kuda Barb ) bersama 12 ekor kuda Arab. Itulah pertama kali Kuda Arab telah dibawa masuk dan diasilmilasikan atau integrasi dengan kuda-kuda Inggris. Yang seterusnya mencetuskan kuda pengembangbiakan campuran yang terkenal sekarang yaitu 'thoroughbred'.
    Kuda dalam bahasa Arab disebut sebagai 'faras', kuda jantan 'fahl' atau pada umumnya disebut juga sebagai al-khayl. Di dalam Al-Quran perkataan 'kuda' disebut sebanyak 5 kali. Dalam Surah 79 dan Surah 100 disebut al-naziat, al-adiyat dimaksudkan sebagai 'kuda' sementara Surah 37 al-saffat, Surah 51 al-dhariyat dan Surah 77 al-mursalat dimaksudkan kepada kuda.
    Dalam Al-Quran dinyatakan bahwa. " Dan ( Dia Mencipta) kuda dan keledai untuk kamu tunggang as zinat" Surah 16: 8 Perkataan Arab zinat ertinya kesukaan dan kebaikan yang dimaksudkan sebagai kuda dan keldai diciptakan bukan saja untuk dinaiki, tunggang tetapi juga untuk dibiakkan dan membuat pertandingan ( bukan perjudian).
   Kuda pertama dimiliki oleh Rasulullah saw bernama 'As-Sakaf' yang dibeli baginda dari suku kaum Fezara. Baginda menunggang kuda ini dalam Perang Uhud. Baginda Rasullullah saw juga memilki seekor lagi kuda yang bernama 'Sabaha' dan pernah memasuki pertandingan dan menang dalam pertandingan tersebut. Baginda begitu gembira. Kuda ketiga yang dimiliki oleh Rasullullah saw bernama al-Murtajis.

Mata Kuda
 
Kuda memiliki penglihatan yang cukup bagus, berkat mata mereka yang sangat aneh. Dengan diameter kira-kira 5 sentimeter (2 inci), mereka adalah mamalia darat terbesar. Bila diukur dalam volume, mata kuda mencapai sembilan kali lebih besar dari pada manusia. Legenda mengatakan bahwa ini berarti kuda dapat melihat benda-benda lebih besar dari manusia, itulah sebabnya mereka kadang mudah terkejut, tapi ini tidak benar.
  Mata kuda memiliki tiga kelopak mata – dua yang biasa dan yang ketiga disebut membran nictitating  yang terletak di sudut dalam mata dan sesekali menyapu mata, melumasi dan membersihkannya jika timbul. Kuda tidak bisa benar memusatkan mata seperti manusia. Sebaliknya, bagian bawah retina mereka melihat benda dari kejauhan dan bagian atas untuk melihat lebih dekat.
  Ini berarti, jika anda ingin tau, bahwa seekor kuda sebenarnya penglihatannya ke arah mana, anda harus memperhatikan bagaimana memegang kepalanya. Jika Anda melihat kuda berdiri di lapangan dan melakukan hal itu di tempat itu berdiri dengan kepala terangkat tinggi dan telinga menusuk ke depan, itu bukan hanya showboating – binatang itu mungkin hanya melihat sesuatu yang menarik di kejauhan.

Pacuan Kuda
 
 Jika Anda pernah mengikuti pacuan kuda, Anda mungkin tahu bahwa kebanyakan nama kuda itu menggelikan. Kucing dan anjing biasanya diberi nama yang imut, bertenaga, atau mirip manusia, tapi kuda cenderung berakhir dengan nama seperti “Seabiscuit”, “Horlicks” atau “Ohnoitsmymotherinlaw”. Sekalipun demikian, sebenarnya ada banyak tradisi dan takhayul yang terkait dengan penamaan kuda.
   Banyak peternak menamai kuda mereka untuk menghargai silsilahnya, yang dapat menyebabkan beberapa variasi yang tidak menguntungkan dari waktu ke waktu. Bagaimanapun, tidak butuh banyak generasi untuk memutar “Binky” menjadi “Flunky”. Penamaan kuda setelah anggota keluarga umumnya dihindari, karena jika kuda yang Anda namai setelah ibumu ternyata gagal, mungkin Mom tidak akan terlalu senang.
   Banyak pemilik lebih memilih nama yang kuat seperti “Man O’War”, karena diyakini ini membawa keberuntungan kuda dalam balapan. Di sisi lain, menamai seekor kuda “Pemenang” adalah cara pasti untuk menciptakan kuda yang tidak akan pernah memenangkan perlombaan dalam hidupnya, jadi beberapa pemilik hanya memutuskan untuk bersenang-senang dengan namanya. Tentu saja, ada juga aturan aktual yang mengatur tradisi penamaan.
   Jika tidak, program pacuan kuda akan dibaca seperti daftar nama pengguna dari forum diskusi internet yang sangat gila. Aturan ini bervariasi tergantung daerah Anda. Misalnya, The Jockey Club of Louisville membatasi panjang nama menjadi 18 karakter; melarang nama yang cabul, rasis, atau terlalu mirip dengan kuda yang bersaing secara aktif. Dan tidak mengizinkan nama yang seluruhnya terbuat dari angka.
   Jika seekor kuda menjadi cukup terkenal, namanya bisa ditarik dari penggunaan sama sekali, sama seperti beberapa olahraga melepaskan jumlah atlet legendaris.

Ingatan Kuda
   Pernahkah anda menertawakan seekor kuda dengan nama yang lucu? Atau mengolok-olok seseorang saat memutar wajahnya di flehmen? Jika sudah, itu terlalu buruk, kuda mungkin ingat penghinaan Anda sepanjang sisa hidupnya. Sebuah penelitian di tahun 2010 mengungkapkan beberapa hasil yang sangat mengejutkan tentang kecerdasan kuda, terutama ingatan. Sahabat kuda  tidak hanya memahami kata-kata kami jauh lebih baik daripada yang telah kami antisipasi sebelumnya.
   Ingatannya setidaknya sama bagusnya dengan gajah. Jika seekor kuda diperlakukan dengan baik, ia akan mengingat orang itu sebagai teman selama ia hidup. Kuda itu akan segera melanjutkan pertemanan saat melihat mereka lagi, terlepas dari berapa lama mereka berpisah. Mereka juga ingat tempat-tempat yang sangat bagus. Kebanyakan kuda menjadi gugup saat mereka dibawa ke tempat dimana mereka memiliki pengalaman yang mengejutkan.
   Ingatan yang bagus dan kecerdasan kuda yang relatif kuat bukanlah hal yang baik. Jika mereka bosan, mereka secara tidak sengaja dapat mengetahui bagaimana melepaskan diri dari pos dan kait terbuka dan keranjang gandum. Begitu mereka mempelajari metode kenakalan ini, mereka tidak akan pernah lupa.
   Anda mungkin pernah melihat seekor kuda membuat ekspresi aneh dimana ia melingkarkan bibir atasnya dan memamerkan giginya menjadi seringai lebar. Hal ini membuat binatang terlihat seperti tertawa. Kenyataannya, ini adalah bagian dari teknik peningkat hidung khusus yang disebut respons flehmen. Hor menarik wajah yang lucu ini untuk mengarahkan aroma mengambang di udara menuju kelenjar olfactory khusus yang terletak di ujung lorong hidung kuda.
  Perut bibir dan memiringkan sedikit kepala membantu hewan tersebut menyerap bau ke kelenjar tersebut. Kuda itu tidak menertawakan Anda, itu hanya mencoba untuk menentukan apakah Anda berbau tidak enak. Respon flehmen jauh lebih umum pada jantan daripada kuda betina. Sama seperti jerapah, kuda jantan sering mencicipi air kencing kuda untuk memeriksa apakah itu panas, makanya mereka melakukan itu.


Fakta Tentang Kuda
 
 Kuda adalah hewan mamalia herbivora yang memiliki tubuh besar dan tinggi, biasanya digunakan untuk ditunggangi atau membantu pekerjaan manusia lainnya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai kuda:
  1. Kuda bisa tidur sambil berdiri dengan cara mengunci sendi kaki mereka.
  2. Kuda mengalami REM (rapid eye movement) saat tidur, yang berarti kemungkinan besar mereka dapat bermimpi.
  3. Orang Hindu menganggap seekor kuda putih sebagai penjelmaan terakhir Dewa Wisnu.
  4. Hippophagy adalah kebiasaan memakan daging kuda.
  5. Beberapa kuda dapat menemukan cara untuk membuka pintu kandang untuk kuda lain dan membiarkannya keluar.
  6. Kuda memiliki usus buntu yang berfungsi untuk mencerna daun.
  7. Kuda minum banyak air putih, setidaknya 25 galon air sehari. Sebenarnya, air membentuk 50% dari total berat tubuh seekor kuda.
  8. Gigi kuda tidak pernah berhenti tumbuh.
  9. Memberi makan kuda rumput yang terlalu kasar dapat membuat kuda terkena kolik (gejala nyeri pada perut).
  10. Kuda nil sebenarnya lebih dekat hubungannya dengan babi daripada kuda.
  11. Ada sekitar 58 juta ekor kuda di dunia ini.
  12. Hewan terdekat kuda bukanlah hewan ternak seperti sapi, babi, atau kambing, melainkan badak.
  13. Kuda dapat berlari hingga 40-48 km per jam.
  14. Di beberapa negara, daging kuda dianggap sangat lezat. Contohnya di Prancis, banyak restoran yang membuat menu seperti daging kuda, otak kuda, dan jantung kuda.
  15. Otak kuda memiliki berat sekitar 0,62 kg, yang beratnya hampir setengah dari berat otak manusia.
  16. Gigi kuda mengambil lebih banyak ruang di kepalanya daripada otaknya.
  17. Equinophobia adalah phobia atau ketakutan berlebih pada kuda.
  18. Beberapa kota di seluruh Amerika Serikat memiliki hukum yang aneh. Seorang pria yang baru menikah tidak dibolehkan menaiki kuda sendiri, kecuali jika ia telah menikah lebih dari 12 bulan.
  19. Kuda tertua di dunia yang pernah tercatat adalah "Old Billy". Dia meninggal pada tahun 1822 pada usia 62 tahun. Sebagian besar kuda hidup sekitar 25 tahun.
  20. Hanya ada satu spesies kuda yang tidak pernah dijinakkan oleh manusia, yaitu kuda Przewalski. Kuda ini berasal dari Mongolia dan terancam punah.
  21. Kuda jantan dan betina memiliki jumlah gigi yang berbeda. Kuda jantan biasanya memiliki 44 gigi, sementara kuda betina memiliki 36-40 gigi.
  22. Manusia hanya memiliki 3 otot telinga, sedangkan kuda memiliki 10 otot telinga. Ini membuat mereka bisa menggerakkan telinga sampai 180 derajat.
  23. Mata kuda sekitar 9 kali lebih besar daripada mata manusia.
  24. Kuda memiliki lima indera yang sangat berkembang; perasa, peraba, pendengaran, penciuman, dan penglihatan. Mereka juga memiliki indera keenam yang penuh teka-teki dan misterius.
  25. Ada hampir 160 jenis kuda yang berbeda di dunia ini.
  26. Kuda menghasilkan sekitar 10 galon air liur per harinya.
  27. Kuda tidak bisa bernafas melalui mulut, mereka hanya bisa bernafas melalui hidung.
  28. Jantung kuda memiliki berat antara 9 atau 10 kilogram dan mempunyai ukuran sebesar bola basket.
  29. Kuda bisa berjalan beberapa jam setelah kelahiran.
  30. Kuda kloning pertama adalah seekor kuda betina bernama Haflinger pada tahun 2003.
  31. Kuku kuda terbuat dari protein yang sama seperti yang terdiri dari kuku dan rambut manusia.
  32. Karena mata kuda terletak di sisi kepala mereka, mereka mampu melihat hampir 360 derajat sekaligus.
  33. Kuda bisa mengekspresikan perasaan mereka melalui ekspresi wajah.
  34. Kuda tidak bisa muntah.
  35. Seekor kuda bisa melihat lebih baik di malam hari daripada manusia.
  36. Dibutuhkan waktu sekitar 9-12 bulan untuk menumbuhkan kembali seluruh kuku kuda.
  37. Kuda yang memiliki kulit berwarna pink (merah muda) bisa terbakar sinar matahari.
  38. Kuda adalah hewan yang sosial, dan mereka akan diam jika sedang sendirian.
  39. Kuda sering terlihat tertawa atau tersenyum, sebenarnya gerakan ini membantu indera penciuman mereka agar menjadi lebih baik.
  40. Secara total, kuda memiliki 205 tulang dalam kerangkanya.
  41. Kuda ternyata bisa tidur baik dalam posisi berdiri ataupun berbaring
  42. Kuda Peliharaan dapat hidup hingga 25 tahun
  43. Kuda memiliki sekitar 205 tulan dalam kerangka meraka
  44. Kuda berhasil dijinakkan manusia sejak 5000 tahun lalu
  45. Kuda merukana binatang herbivora
  46. Dibanding dengan binatang mamalia darat lainnya, kuda memiliki bola mata paling besar
  47. Mata kuda terletak di kedua sisi kepala mereka, oleh karenanya kuda bisa melihat hampir 360 derajat dalam satu waktu
  48. Kuda berpacu pada keceptan 44 Km/ jam
  49. Kecepatan berlari kuda tercepat sekitar 88 KM/ jam
  50. Diperkirakan ada sekitar 60 juta ekor kuda di seluruh dunia 
  51.  Kuda Dapat Tidur Dengan Berdiri.
  52. Keunikan kuda yang tidakdimiliki oleh hewan manapun ialah kuda dapat tidur dengan berdiri. Kuda memiliki tulang kaki yang mampu mengunci selama ia tidur. Karena tulang kakinya ini maka kuda tidak akan terjatuh walaupun tidur dengan posisi berdiri. Kunci perilaku kuda yang unik ini banyak bertumpu pada kakinya.
  53.  Kuda dapat mengangkat beban yang berat.
  54.  Kuda dapat berlari cepat
  55.  Karena postur kakinya yang tepatdan tidak memiliki tulang selangka sehingga memungkinkan kuda untuk melangkah sangat lebar. Terdapat sistem atau mekanisme pada tulang dan otot kaki kuda. Mekanismenya mirip dengan gigi porsneling mobil. Ketika mobil dialihkan ke porsneling yang tinggi maka kecepatan lajunya akan semakin cepat. Begitu juga dengan kuda, yang mana jumlah tenaga yang dikeluarkan oleh kuda akan menurun ketika mereka sedang berlari. Karenanya, kuda memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat.
  56.  Kuda Tidak Dapat Melihat Benda yang Ada di Depannya
  57. Kuda diketahui juga memiliki pandangan yang luas. Mata kuda adalah mata berukuran paling besar dibandingkan dengan seluruh mamalia darat. Luas bidang yang masuk dalam jangkauan pandangan kuda lebih dari 35 derajat. Namun, perlu anda ketahui pula bahwa kuda memiliki 2 buah titik buta yang terletak tepat di hadapannya dan di belakang kepalanya.
  58. Kuda buta terhadap warna merah.
  59. Kuda binatang yang tidak terlalu agresif.
  60. Kuda selalu berhati-hati dan takutakan ancaman.
  61. Kehebatan kuda bergantung kepada penunggangnya
  62. Kuda hanya perlu istirahat kira-kira 4 jam saja dalam sehari.
  63. Kuda tidak pernah tidur nyenyak.
  64. Kuda hanya lelap antara 20 ke 30 menit sajabiasanya, dan paling lama ia tidur adalah 2 jam.
  65. Kuda bukan binatang yang mengejar.
  66. Umur kuda antara 20 ke 30 tahun itu sudah dikira sangat tua.
  67. Rekor kuda tertua dipegang oleh kuda bernama old billy dengan umur 62 tahun.
  68. Pendengaran kuda sangat sensitif.
  69. Kuda mengenali bau orang yang biasa bersamanya.
  70. Kuda dapat melihat pandangangan mata orang yang menungganginya.
  71. Tubuh badan Kuda penuh dengan otot yang kuat.
  72. Kuda hanya memahami arahan dalam bentuk satu kata saja.
  73. Yang paling penting bagi kuda adalah kakinya.
  74. Kekuatan kuda adalah pada ketika berdiri.
  75. Kuda lebih banyak berdiri dari duduk.
  76. Kuda makan dan minum sambil berdiri.
  77. Kuda tidak memerlukan ladam untuk berjalan dan berlari.
  78. Kuda sangat mengenali tuannya.
  79. Kuda adalah binatang yang sangat sedikit lemaknya.
  80. Kuda tidak menendang manusia yang berada dibelangannya kecuali bila ia rasa terancam.
  81. Kuda kencing dan berak sambil berdiri, bukan berlari.
  82. Kelajuan kuda ketika berlarikira-kira 80 - 100 km/j.
  83. Phobia (ketakutan akan) kuda dinamakan equinophobia.
  84. Little pumpkin adalah kuda poni terkecil dalamsejarah, tingginya 14 inci (cm) dan berat kira-kira 9 kg.
  85. Falabella dari argentina, adalah kuda terkecil dari semua keturunan kuda. Tingginya tidak lebih dari 30 inci (cm).
  86. Rekor kuda tertinggi dipegang oleh big jake, kuda ras belgia, dengan tinggi 3 meter.
  87. Kuda yang sudah dewasa (kira-kira 453 kg) dapat menghabiskan antara 7-11,5 kg makanan dan 38-45 liter air.
  88. Berat kepala kuda rata-rata 5,5 kg. Sedangkan berat jantungnya rata-rata 4,5 kg.
  89. Kuda tidur siang di bawah sinar matahari. Ya, kuda tidur nyenyak! Mereka tidur juga berbaring, tapi hanya untuk waktu yang singkat. 
  90. Kuda memiliki satu arah sistem pencernaan. Benar juga! Kuda tidak bisa bersendawa, setidaknya tidak seperti manusia. Mereka tidak bisa muntah atau bernafas melalui mulut seperti manusia juga. Sistem pencernaan kuda adalah jalan satu arah, tidak seperti ternak dan ruminansia lain yang memuntahkan makanan untuk dikunyah kembali. Meskipun mereka memiliki cara yang cukup efisien untuk mengolah makanan berserat keras yang membentuk hijauan mereka, sistem satu arah yang panjang ini dapat menyebabkan masalah yang menyebabkan kolik.
  91. Anda dapat mengetahui perkiraan umur seekor kuda dengan giginya, tapi bukan umurnya yang pasti. Meskipun Anda tidak bisa membedakan umur seekor kuda dengan giginya, Anda dapat memperkirakan umurnya. Kuda membutuhkan perawatan gigi kuda yang tepat untuk gigi mereka, tapi terkadang kuda hidup lebih lama dari giginya, jadi perawatan ekstra diperlukan saat memberi makan kuda senior.
  92. Kuda, seperti manusia, hidup lebih lama dari sebelumnya.Salah satu pertanyaan paling umum tentang kuda adalah 'berapa lama kuda hidup'? Jawabannya mungkin mengejutkan Anda. Pengetahuan atau nutrisi kuda, perawatan kuda dan kedokteran hewan telah meningkat. Karena ini, sama seperti harapan hidup manusia telah meningkat, begitu juga umur panjang kuda.
  93. Jenis yang paling populer adalah Kuda Triwulan. Dihargai oleh para pembalap pemula dan penunggang kuda profesional, American Quarter Horse adalah jenis yang paling populer di dunia. Pelajari tentang American Quarter Horse.
  94. Kuda Arab adalah fondasi dari banyak jenis kuda terang lainnya. Mereka juga memiliki beberapa karakteristik unik. Kuda Arab memiliki tulang belakang, tulang rusuk dan ekor yang lebih sedikit daripada kuda lainnya. Pelajari tentang Kuda Arab dan itu adalah sejarah dan karakteristik yang unik.
  95. Manusia adalah omnivora, singa adalah karnivora, dan kuda adalah herbivora.Cara gigi mereka terbentuk, posisi mata dan sistem pencernaan mereka adalah ciri khas herbivora.
  96. Kuda di alam liar hidup dalam kelompok kecil, dan kuda domestik merasa lebih nyaman jika mereka memiliki teman juga. Bisa sangat menegangkan bagi seekor kuda untuk hidup sendiri. Agar kuda Anda tetap bahagia, itu akan membutuhkan teman (lebih baik kuda).
  97. Anjing mungkin telah dijinakkan sekitar 14.000 tahun yang lalu. Kucing menjadi teman kita sekitar 8500 tahun yang lalu. Hubungan manusia dengan kuda dimulai sedikit lebih baru-baru ini, sekitar 3.500 SM walaupun beberapa bukti telah terungkap bahwa kuda mungkin telah dijinakkan lebih awal.
  98. Penting untuk mengetahui denyut nadi istirahat dan kecepatan respirasi kuda Anda. Sementara tingkat pernapasan respirasi kuda bisa serendah empat napas per menit, yang bisa cepat bertambah dengan bekerja atau tertekan. Pelajari denyut nadi dan tingkat pernapasan kuda Anda atau TPR.
  99. Setiap kuda di benua Amerika Utara adalah peninggalan kuda-kuda Eropa. Bahkan kuda yang kita anggap 'liar' sebenarnya adalah kuda liar, yang nenek moyangnya lolos dari penangkaran. Kuda menghilang dari Amerika lebih dari 8000 tahun yang lalu dan ada banyak bukti fosil bahwa nenek moyang kuda itu tinggal di sini sebelumnya.
  100. Apa perbedaan antara anak kuda, anak kuda dan anak kuda? Semuanya tergantung jenis kelamin dan umur. Umumnya, anak kuda adalah kuda bayi. Setelah disapih dari bendungnya, itu disebut penyapihan. Tapi, kuda tetap fillies atau colts sampai mereka berumur dua tahun. Kuda yang asli tidak lebih besar dari Golden Retriever.Hyracotherium yang tidak beraturan mungkin lebih mirip kambing atau rusa kecil daripada kuda modern. Hyracotherium hidup selama zaman Eosen sekitar 50 juta tahun yang lalu.
Sumber Referensi : Wikipedia Org, Denielaseputarkuda.Blogspot.Com,Sekolahbagiilmu.Com, Idnctodo.com, Www.Sialangpalas.Com, Caywoodcolors.Com