"SELAMAT DATANG DI BLOG GEOGRAFI LINGKUNGAN""(EKOGEO)"

Saturday, December 22, 2018

REPTILIA BERDARAH DINGIN : BUAYA, ALIGATOR, GAVIAL DAN KAIMAN

   
     Buaya (subfamili Crocodylinae ) atau buaya sejati adalah reptil akuatik besar yang hidup di seluruh daerah tropis di Afrika, Asia, Amerika, dan Australia . Crocodylinae, semua anggotanya dianggap buaya sejati, diklasifikasikan sebagai subfamili biologis. Indera buaya yang lebih luas, Crocodylidae yang termasuk Tomistoma , tidak digunakan dalam artikel ini. Istilah buaya di sini hanya berlaku untuk spesies di dalam subfamili Crocodylinae.
      Istilah ini kadang-kadang digunakan bahkan lebih longgar untuk memasukkan semua anggota yang masih ada dari ordo Crocodilia , yang mencakup buaya dan caiman (keluarga Alligatoridae ), gharial dan palsu gharial (keluarga Gavialidae ), dan semua Crocodylomorpha hidup dan fosil lainnya.
     Meskipun mereka tampak mirip, buaya, buaya dan gharial milik keluarga biologis terpisah. Gharial, dengan moncongnya yang sempit, lebih mudah dibedakan, sementara perbedaan morfologis lebih sulit ditemukan pada buaya dan buaya. Perbedaan eksternal yang paling jelas terlihat di kepala, dengan buaya memiliki kepala lebih sempit dan lebih panjang, dengan lebih berbentuk V daripada moncong berbentuk U dibandingkan dengan buaya dan caiman. 
     Ciri lain yang jelas adalah bahwa rahang atas dan bawah buaya memiliki lebar yang sama, dan gigi di rahang bawah jatuh di sepanjang tepi atau di luar rahang atas ketika mulut tertutup; oleh karena itu, semua gigi terlihat, tidak seperti buaya, yang memiliki di rahang bawah depresi kecil di mana gigi yang lebih rendah sesuai.
     Juga, ketika mulut buaya tertutup, gigi keempat besar di rahang bawah cocok menjadi penyempitan di rahang atas. Untuk spesimen yang sulit dibedakan, gigi yang menonjol adalah fitur yang paling dapat diandalkan untuk mendefinisikan keluarga spesies . Buaya memiliki lebih banyak jaring pada ujung kaki belakang dan dapat lebih baik mentolerir air asin karena kelenjar garam khusus untuk menyaring garam, yang ada, tetapi tidak berfungsi, pada buaya. Ciri lain yang membedakan buaya dari buaya lainnya adalah tingkat agresi mereka yang jauh lebih tinggi. 
     Ukuran buaya, morfologi , perilaku dan ekologi agak berbeda di antara spesies . Namun, mereka memiliki banyak kesamaan di bidang-bidang ini juga. Semua buaya bersifat semiotika dan cenderung berkumpul di habitat air tawar seperti sungai , danau , lahan basah dan kadang-kadang di air payau dan air asin .
     Mereka adalah hewan karnivora , kebanyakan makan di vertebrata seperti ikan , reptil , burung dan mamalia , dan kadang-kadang pada invertebrata seperti moluska dan krustasea , tergantung pada spesies dan usia. Semua buaya adalah spesies tropis yang, tidak seperti buaya, sangat sensitif terhadap dingin . Mereka terpisah dari buaya lain selama zaman Eosen , sekitar 55 juta tahun yang lalu. Banyak spesies berada dalam risiko kepunahan , beberapa spesies diklasifikasikan sebagai terancam punah .

Etimologi
    Kata "buaya" berasal dari κροκόδιλος Yunani Kuno ( crocodilos ), "kadal", digunakan dalam frasa ho krokódilos tou potamoú , "kadal dari sungai ( Sungai Nil )". Ada beberapa varian bentuk Yunani dari kata yang dibuktikan, termasuk bentuk kemudian κροκόδειλος ( crocodeilos ) ditemukan dikutip dalam banyak karya referensi bahasa Inggris. Dalam bahasa Yunani Koine pada zaman Romawi , crocodilos dan crocodeilos akan diucapkan secara identik, dan salah satu atau keduanya mungkin merupakan sumber bentuk bahasa Latin crocodīlus yang digunakan oleh orang Romawi kuno. Crocodilos atau crocodeilos adalah senyawa krokè ("kerikil"), dan drilos / dreilos ("cacing"), meskipun drilos hanya dibuktikan sebagai istilah sehari-hari untuk "penis".  Hal ini dianggap berasal dari Herodotus, dan seharusnya menggambarkan kebiasaan berjemur buaya Mesir.
    Bentuk crocodrillus dibuktikan dalam bahasa Latin Abad Pertengahan .Tidak jelas apakah ini adalah korupsi abad pertengahan atau berasal dari bentuk Yunani-Latin alternatif ( corcodrillos dan corcodrillion Yunani yang dibuktikan). A (lebih lanjut) cocodrille bentuk rusak ditemukan di Perancis Kuno dan dipinjam ke Inggris Tengah sebagai cocodril (le) . Bentuk buaya Inggris modern diadaptasi langsung dari crocodīlus Latin Klasik pada abad ke-16, menggantikan bentuk sebelumnya. Penggunaan -y- dalam nama ilmiah Crocodylus (dan bentuk-bentuk yang berasal darinya) adalah korupsi yang diperkenalkan oleh Laurenti (1768).

Karakteristik
     Buaya mirip dengan buaya dan caimans; untuk karakteristik dan perbedaan umum mereka di antara mereka, lihat Crocodilia . Buaya, seperti dinosaurus, memiliki rusuk perut yang diubah menjadi gastralia .
     Ciri fisik buaya memungkinkannya menjadi pemangsa yang sukses. Morfologi eksternalnya adalah tanda gaya hidup akuatik dan predatornya . Tubuhnya yang ramping memungkinkannya berenang dengan cepat; itu juga melipat kaki ke samping saat berenang, membuatnya lebih cepat dengan mengurangi resistensi air. Buaya memiliki kaki berselaput yang, meskipun tidak digunakan untuk mendorong mereka melalui air, memungkinkan mereka melakukan pergantian cepat dan gerakan tiba-tiba di air atau memulai berenang. Kaki berselaput adalah keuntungan di perairan dangkal, di mana hewan kadang-kadang bergerak dengan berjalan. Buaya memiliki palatal palatal , jaringan kaku di belakang mulut yang menghalangi masuknya air. Langit-langit memiliki jalur khusus dari lubang hidung ke glotis yang memintas mulut. Lubang hidung ditutup saat terendam.
    Seperti archosaurs lainnya, buaya bersifat diapsid , meskipun fenestrae pasca-temporal mereka berkurang. Dinding tempurung otak adalah tulang tetapi kekurangan tulang supratemporal dan postfrontal.  Lidah mereka tidak bebas, tetapi ditahan oleh membran yang membatasi gerakan; sebagai hasilnya, buaya tidak bisa menjulurkan lidah mereka. 
      Buaya memiliki kulit halus pada perut dan sisi tubuh, sementara permukaan dorsal mereka dilapisi dengan osteodermata besar. Kulit lapis baja memiliki sisik dan tebal dan kasar, memberikan perlindungan. Mereka masih mampu menyerap panas melalui armor ini, karena jaringan kapiler kecil memungkinkan darah melalui timbangan untuk menyerap panas. Sisik buaya memiliki pori-pori yang diyakini sebagai sensorik dalam fungsi, analog dengan gurat sisi pada ikan. Mereka terutama terlihat pada rahang atas dan bawah mereka. Kemungkinan lain adalah bahwa mereka adalah sekretorik, karena mereka menghasilkan zat berminyak yang nampak memadamkan lumpur.

Ukuran
    Seekor buaya air asin di penangkaran. Ukuran sangat bervariasi di antara spesies, dari buaya kurcaci ke buaya air asin . Spesies Osteolaemus tumbuh hingga ukuran dewasa hanya 1,5 hingga 1,9 m (4,9 hingga 6,2 kaki), sedangkan buaya air asin dapat tumbuh hingga ukuran lebih dari 7 m (23 kaki) dan berat 1.000 kg (2.200 lb).  Beberapa spesies besar lainnya dapat mencapai lebih dari 5,2 m (17 kaki) panjang dan berat lebih dari 900 kg (2.000 lb). Crocodilians menunjukkan dimorfisme seksual , dengan laki-laki tumbuh jauh lebih besar dan lebih cepat daripada perempuan. Meskipun ukuran dewasa mereka besar, buaya mulai hidup mereka di sekitar 20 cm (7,9) panjang. Spesies buaya terbesar adalah buaya air asin, ditemukan di India bagian timur, Australia utara, di seluruh Asia Tenggara , dan di perairan sekitarnya.
    Volume otak dua buaya dewasa adalah 5,6 cm3 untuk caiman berkacamata dan 8,5 cm3 untuk buaya Nil yang lebih besar. Buaya terbesar yang pernah ada di penangkaran adalah hibrida muara-Siamese bernama Yai (bahasa Thai : ใหญ่ , yang berarti besar) (lahir 10 Juni 1972) di Peternakan Buaya Samutprakarn dan Kebun Binatang , Thailand . Hewan ini memiliki panjang 6 m (20 kaki) dan berat 1.114 kg (2.456 lb). 
     Buaya terpanjang yang ditangkap hidup adalah Lolong , yang diukur pada 6,17 m (20,2 kaki) dan ditimbang di 1,075 kg (2,370 lb) oleh tim National Geographic di Provinsi Agusan del Sur, Filipina. 

Gigi
    Buaya adalah polyphyodonts ; mereka mampu mengganti masing-masing dari 80 gigi mereka hingga 50 kali dalam usia 35 hingga 75 tahun.  Di samping setiap gigi dewasa, ada gigi pengganti kecil dan sel induk odontogenik di dalam lamina gigi yang dapat diaktifkan jika diperlukan. 

Biologi dan perilaku
     Buaya mirip dengan buaya dan caimans; untuk biologi dan perbedaan umum mereka di antara mereka, lihat Crocodilia . Crocodilians lebih terkait erat dengan burung dan dinosaurus daripada kebanyakan hewan diklasifikasikan sebagai reptil, tiga keluarga yang termasuk dalam kelompok Archosauria ('reptil yang berkuasa'). Terlepas dari pandangan prasejarah mereka, buaya termasuk reptil yang lebih kompleks secara biologis. Tidak seperti reptil lainnya, buaya memiliki korteks serebral dan jantung empat bilik. Crocodilians juga memiliki padanan fungsional diafragma dengan menggabungkan otot yang digunakan untuk pergerakan air menjadi respirasi.
     Kelenjar garam hadir dalam lidah buaya dan mereka memiliki lubang pori di permukaan lidah, sebuah sifat yang memisahkan mereka dari buaya. Kelenjar garam tidak berfungsi di Alligatoridae.  Fungsi mereka tampaknya mirip dengan kelenjar garam pada penyu laut . Buaya tidak memiliki kelenjar keringat dan melepaskan panas melalui mulut mereka. Mereka sering tidur dengan mulut terbuka dan mungkin terengah-engah seperti anjing.  Empat spesies buaya air tawar memanjat pohon untuk berjemur di daerah yang tidak memiliki garis pantai.

Indra
    Mata buaya. Buaya memiliki indra akut, keunggulan evolusioner yang membuat mereka menjadi predator yang sukses. Mata, telinga dan lubang hidung terletak di atas kepala, memungkinkan buaya untuk berbaring rendah di air, hampir seluruhnya tenggelam dan tersembunyi dari mangsanya.

Penglihatan
     Buaya memiliki penglihatan malam yang sangat baik, dan kebanyakan adalah pemburu malam hari . Mereka menggunakan kerugian dari visi nocturnal hewan yang paling buruk dari para mangsa untuk keuntungan mereka. Reseptor cahaya di mata buaya termasuk kerucut dan banyak batang , sehingga diasumsikan semua buaya dapat melihat warna. 
      Buaya memiliki pupil berbentuk celah vertikal, mirip dengan kucing domestik. Satu penjelasan untuk evolusi pupil celah adalah bahwa mereka mengecualikan cahaya lebih efektif daripada murid melingkar, membantu melindungi mata selama siang hari.  Pada dinding belakang mata adalah tapetum lucidum , yang memantulkan cahaya yang masuk kembali ke retina, sehingga memanfaatkan sedikit cahaya yang tersedia di malam hari untuk keuntungan terbaik. Selain perlindungan kelopak mata atas dan bawah, buaya memiliki membran nictitating (kadang-kadang disebut "penutup mata ketiga") yang dapat ditarik di atas mata dari sudut bagian dalam sementara kelopak terbuka. Permukaan bola mata dengan demikian dilindungi di bawah air sementara tingkat penglihatan tertentu masih mungkin. 

Penciuman
     Indera penciuman buaya juga berkembang sangat baik, membantu mereka mendeteksi mangsa atau bangkai hewan yang ada di darat atau di air, dari jauh. Ada kemungkinan buaya menggunakan penciuman di dalam telur sebelum menetas. 
    Chemoreception pada buaya sangat menarik karena mereka berburu di lingkungan darat dan perairan. Buaya hanya memiliki satu kamar penciuman dan organ vomeronasal tidak ada pada orang dewasa  menunjukkan semua persepsi penciuman terbatas pada sistem penciuman. Eksperimen perilaku dan olfaktometer menunjukkan bahwa buaya mendeteksi bahan kimia yang terbawa udara dan larut dalam air dan menggunakan sistem penciuman mereka untuk berburu. Ketika berada di atas air, buaya meningkatkan kemampuan mereka untuk mendeteksi bau yang mudah menguap melalui pemompaan gular, gerakan ritmik dari lantai faring.  Buaya menutup lubang hidung mereka ketika terendam, sehingga penciuman di bawah air tidak mungkin. Pendeteksian makanan bawah air diduga bersifat perasa dan taktil.

Pendengaran
    Buaya bisa mendengar dengan baik; membran timpani mereka disembunyikan oleh flap datar yang dapat dinaikkan atau diturunkan oleh otot. Sentuh Caudal : Rahang atas dan bawah ditutupi dengan lubang sensorik, terlihat seperti bintik-bintik kecil, hitam pada kulit, versi buaya dari organ gurat sisi terlihat pada ikan dan banyak amfibi, meskipun timbul dari asal yang sama sekali berbeda. Nodul berpigmen ini membungkus kumpulan serabut saraf yang dipersarafi di bawah oleh cabang saraf trigeminal. Mereka menanggapi gangguan sedikit saja di permukaan air, mendeteksi getaran dan perubahan tekanan kecil sekecil setetes. Hal ini memungkinkan buaya untuk mendeteksi mangsa, bahaya dan penyusup, bahkan dalam kegelapan total. Organ-organ indera ini dikenal sebagai reseptor tekanan berkepanjangan (DPR).
     Pasca-Caudal : Sementara alligator dan caiman hanya memiliki anggota parlemen di rahang mereka, buaya memiliki organ yang mirip di hampir setiap skala di tubuh mereka. Fungsi DPR pada rahangnya jelas; untuk menangkap mangsa, tetapi masih belum jelas apa fungsi dari organ-organ di seluruh tubuh. Reseptor meratakan saat terkena tekanan osmotik yang meningkat, seperti yang dialami saat berenang di air laut hyperosmotic ke cairan tubuh. Ketika kontak antara integumen dan solusi air laut di sekitarnya diblokir, buaya ditemukan kehilangan kemampuan mereka untuk membedakan salinitas. Telah diusulkan bahwa perataan organ sensorik dalam air laut hyperosmotic dirasakan oleh hewan sebagai "sentuhan", tetapi diartikan sebagai informasi kimia tentang sekitarnya.  Ini mungkin mengapa pada buaya mereka tidak ada di seluruh tubuh. 

Berburu dan Makanan
    Bahkan buaya penjelajah sulit untuk ditemukan. Buaya adalah predator penyergapan , menunggu ikan atau hewan darat mendekat, lalu bergegas keluar untuk menyerang. Buaya kebanyakan makan ikan , amfibi , krustasea , moluska , burung , reptil , dan mamalia , dan mereka kadang-kadang mengkanibal buaya yang lebih kecil. Apa makan buaya sangat bervariasi dengan spesies, ukuran dan usia.
      Dari sebagian besar spesies pemakan ikan, seperti buaya ramping dan buaya air tawar , ke spesies yang lebih besar seperti buaya Nil dan buaya air asin yang memangsa mamalia besar, seperti kerbau , rusa dan babi hutan , diet menunjukkan keanekaragaman yang besar. Diet juga sangat dipengaruhi oleh ukuran dan usia individu dalam spesies yang sama.
    Semua buaya muda berburu kebanyakan invertebrata dan ikan kecil, secara bertahap pindah ke mangsa yang lebih besar. Menjadi predator ectothermic (berdarah dingin), mereka memiliki metabolisme yang sangat lambat, sehingga mereka dapat bertahan lama tanpa makanan. Meskipun penampilan mereka lambat, buaya memiliki serangan yang sangat cepat dan predator teratas di lingkungan mereka, dan berbagai spesies telah diamati menyerang dan membunuh predator lain seperti hiu dan kucing besar . 
     Sebagai predator oportunistik, buaya juga akan memangsa gajah dan kuda nil yang masih muda dan mati ketika diberi kesempatan.  Buaya juga dikenal sebagai pemulung agresif yang memakan bangkai dan mencuri dari predator lainnya.  Bukti menunjukkan bahwa buaya juga memakan buah-buahan, berdasarkan penemuan biji di tinja dan perut dari banyak subjek serta akun mereka makan.
    Buaya memiliki perut yang paling asam dari vertebrata apa pun. Mereka dapat dengan mudah mencerna tulang, kuku dan tanduk. TV BBC  melaporkan bahwa buaya Nil yang telah lama mengintai di bawah air untuk menangkap mangsa membangun hutang oksigen yang besar. Ketika telah menangkap dan memakan mangsa itu, ia menutup lengkungan aorta kanannya dan menggunakan lengkungan aorta kirinya untuk menyiram darah yang diisikan dengan karbon dioksida dari ototnya langsung ke perutnya; keasaman berlebih yang berlebihan dalam suplai darah membuatnya lebih mudah bagi lapisan lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam lambung untuk dengan cepat melarutkan bulks daging dan tulang mangsa yang tertelan.
     Banyak buaya besar menelan batu (disebut gastroliths atau batu lambung), yang dapat bertindak sebagai pemberat untuk menyeimbangkan tubuh mereka atau membantu menghancurkan makanan, mirip dengan pasir yang dicerna oleh burung. Herodotus mengklaim bahwa buaya Nil memiliki hubungan simbiosis dengan burung-burung tertentu, seperti plover Mesir , yang masuk ke mulut buaya dan mengambil lintah yang memakan darah buaya; tanpa bukti dari interaksi ini benar-benar terjadi pada spesies buaya, kemungkinan besar mitos atau alegori alegori. 

Gigitan
    Spesimen tengkorak (pandangan atas) disiapkan dengan teknik maserasi tulang. Karena mereka makan dengan meraih dan memegang mangsanya, mereka telah berevolusi gigi tajam untuk menusuk dan memegang daging, dan otot yang kuat untuk menutup rahang dan menahan mereka. Gigi tidak cocok untuk merobek daging dari item mangsa besar seperti geligi dan cakar dari banyak karnivora mamalia, tagihan doyan dan cakar burung raptorial , atau gigi hiu bergerigi.
      Namun, ini adalah keuntungan daripada kerugian bagi buaya karena sifat gigi memungkinkan untuk memegang mangsa dengan kemungkinan terkecil dari hewan buruan melarikan diri. Memotong gigi, dikombinasikan dengan kekuatan gigitan yang sangat tinggi, akan melewati daging cukup mudah untuk meninggalkan peluang melarikan diri untuk mangsa. Rahang dapat menggigit dengan kekuatan besar, sejauh gigitan terkuat dari hewan apa pun. Kekuatan gigitan buaya besar adalah lebih dari 5.000 lbf (22.000 N), yang diukur dalam buaya Nil 5,5 m (18 kaki) di lapangan;ini dibandingkan dengan hanya 335 lbf (1.490 N) untuk Rottweiler , 670 lbf (3.000 N) untuk hiu putih besar , 800 lbf (3,600 N) untuk hyena , atau 2.200 lbf (9.800 N) untuk buaya Amerika .
    Sebuah buaya air asin sepanjang 5,2 m (17 kaki) telah dikonfirmasikan sebagai memiliki kekuatan gigitan terkuat yang pernah tercatat untuk hewan di lingkungan laboratorium. Itu mampu menerapkan nilai kekuatan gigitan sebesar 3.700 lbf (16.000 N), dan dengan demikian melampaui rekor sebelumnya 2.125 lbf (9.450 N) yang dibuat oleh aligator Amerika sepanjang 3,9 m (13 kaki). Dengan mengukur beberapa buaya berukuran 5,2 m (17 kaki) sebagai referensi, kekuatan gigitan dari 6-m individu diperkirakan sebesar 7.700 lbf (34.000 N). 
      Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Gregory M. Erickson , juga menjelaskan spesies buaya yang lebih besar dan punah . Karena anatomi buaya telah berubah hanya sedikit selama 80 juta tahun terakhir, data terkini tentang buaya modern dapat digunakan untuk memperkirakan kekuatan gigitan spesies punah. Deinosuchus 11 sampai 12 meter (36-39 kaki) akan menggunakan gaya 23.100 lbf (103.000 N), dua kali lipat dari estimasi kekuatan gigitan Tyrannosaurus yang terbaru dan lebih tinggi.
     Gigitan luar biasa buaya adalah hasil dari anatomi mereka. Ruang untuk otot rahang di tengkorak sangat besar, yang mudah terlihat dari luar sebagai tonjolan di setiap sisi. Ototnya sangat kaku, hampir sekeras tulang untuk disentuh, seolah-olah itu adalah kontinum tengkorak. Ciri lain adalah bahwa sebagian besar otot di rahang buaya diatur untuk menjepit ke bawah. Meskipun otot-otot yang kuat untuk menutup rahang, buaya memiliki otot yang sangat kecil dan lemah untuk membuka rahang. Buaya dengan demikian dapat ditundukkan untuk dipelajari atau diangkut dengan merekam rahang mereka atau memegang rahang mereka ditutup dengan karet besar yang dipotong dari tabung dalam mobil.

Daya penggerak
     Seekor buaya, di peternakan, menganga untuk termoregulasi. Buaya dapat bergerak dengan cepat dalam jarak pendek, bahkan keluar dari air. Rekor kecepatan tanah untuk buaya adalah 17 km / jam (11 mph) diukur dalam buaya air tawar Australia . Kecepatan maksimum bervariasi antar spesies. Beberapa spesies dapat berpacu, termasuk buaya Kuba, buaya Johnston, buaya New Guinea, buaya kerdil Afrika , dan bahkan buaya Nil kecil. 
     Cara tercepat yang digunakan oleh kebanyakan spesies untuk bergerak adalah "lari perut", di mana tubuh bergerak dengan gaya seperti ular (sinusoidal), anggota badan terentang ke salah satu sisi mendayung pergi dengan panik sementara ekor cambuk ke sana kemari. Buaya dapat mencapai kecepatan 10-11 km / jam (6-7 mph) ketika mereka "lari perut", dan sering lebih cepat jika tergelincir di tepi sungai berlumpur. Ketika seekor buaya berjalan dengan cepat, ia memegang kakinya dalam posisi tegak dan lebih tegak di bawah tubuhnya, yang disebut "berjalan tinggi". Berjalan ini memungkinkan kecepatan hingga 5 km / jam. 
      Buaya mungkin memiliki naluri homing . Di Australia utara, tiga buaya air asin nakal dipindahkan 400 km (249 mil) dengan helikopter , tetapi kembali ke lokasi semula dalam waktu tiga minggu, berdasarkan data yang diperoleh dari perangkat pelacakan yang melekat pada mereka. 

Umur panjang
     Mengukur usia buaya tidak dapat diandalkan, meskipun beberapa teknik digunakan untuk mendapatkan tebakan yang masuk akal. Metode yang paling umum adalah mengukur cincin pertumbuhan pipih pada tulang dan gigi — setiap cincin sesuai dengan perubahan tingkat pertumbuhan yang biasanya terjadi setahun sekali antara musim kering dan musim hujan.  Mengingat ketidakakuratan ini, dapat dikatakan dengan aman bahwa semua spesies buaya memiliki umur rata-rata setidaknya 30–40 tahun, dan dalam kasus spesies yang lebih besar rata-rata 60–70 tahun. Buaya tertua tampaknya merupakan spesies terbesar. C. porosus diperkirakan hidup rata-rata sekitar 70 tahun, dengan bukti terbatas dari beberapa individu yang melebihi 100 tahun.
      Di penangkaran, beberapa orang mengklaim telah hidup lebih dari satu abad. Seekor buaya jantan hidup sampai usia sekitar 110-115 tahun di sebuah kebun binatang Rusia di Yekaterinburg . Namanya Kolya, ia bergabung dengan kebun binatang sekitar tahun 1913 hingga 1915, tumbuh dewasa, setelah tur dalam pertunjukan binatang, dan hidup sampai tahun 1995. Seekor buaya air tawar jantan hidup hingga usia diperkirakan 120–140 tahun di Australia Kebun Binatang .
      Dikenal dengan sayang sebagai “Mr. Freshie ”, ia diselamatkan sekitar tahun 1970 oleh Bob Irwin dan Steve Irwin , setelah ditembak dua kali oleh pemburu dan kehilangan mata sebagai akibatnya, dan hidup sampai 2010. Pusat Konservasi Crocworld, di Scottburgh , Afrika Selatan, mengklaim memiliki buaya Nile jantan yang lahir pada 1900. Dinamakan Henry, buaya konon hidup di Botswana di sepanjang Sungai Okavango , menurut direktur pusat Martin Rodrigues. 

Perilaku sosial dan vokalisasi
    Buaya adalah yang paling sosial dari reptil. Meskipun mereka tidak membentuk kelompok sosial, banyak spesies berkumpul di bagian sungai tertentu, saling bertoleransi pada saat memberi makan dan berjemur . Kebanyakan spesies tidak teritorial tinggi, dengan pengecualian buaya air asin, yang merupakan spesies yang sangat teritorial dan agresif. Laki-laki dewasa tidak akan mentoleransi laki-laki lain setiap saat sepanjang tahun. Sebagian besar spesies lain lebih fleksibel. 
     Ada bentuk hierarki tertentu pada buaya: pejantan terbesar dan terberat ada di bagian atas, memiliki akses ke situs berjemur terbaik, sementara perempuan adalah prioritas selama kelompok memberi makan seekor bangkai besar atau bangkai. Contoh yang baik dari hirarki buaya adalah kasus buaya Nil . Spesies ini dengan jelas menampilkan semua perilaku ini. Studi di bidang ini tidak menyeluruh, dan banyak spesies yang belum dipelajari secara lebih rinci. buaya Mugger juga dikenal untuk menunjukkan toleransi dalam pemberian makan kelompok dan cenderung berkumpul di daerah-daerah tertentu. Namun, laki-laki dari semua spesies agresif terhadap satu sama lain selama musim kawin, untuk mendapatkan akses ke betina.
     Buaya juga paling vokal dari semua reptil, menghasilkan berbagai macam suara selama berbagai situasi dan kondisi, tergantung pada spesies, usia, ukuran dan jenis kelamin. Tergantung pada konteksnya, beberapa spesies dapat berkomunikasi lebih dari 20 pesan yang berbeda melalui vokalisasi saja.  Beberapa dari vokalisasi ini dilakukan selama komunikasi sosial, terutama selama tampilan teritorial menuju jenis kelamin dan pacaran yang sama dengan lawan jenis; perhatian umum adalah reproduksi.
     Oleh karena itu vokalisasi yang paling khusus dibuat selama musim kawin , dengan pengecualian adalah perilaku teritorial sepanjang tahun pada beberapa spesies dan pertengkaran selama makan. Buaya juga menghasilkan panggilan marabahaya yang berbeda dan dalam tampilan agresif untuk jenis mereka sendiri dan hewan lainnya; terutama predator lain selama konfrontasi predator interspesifik atas bangkai dan pembunuhan terestrial.

Vokalisasi khusus termasuk
  • Kicauan : Saat hendak menetas, si muda membuat suara "mengintip", yang mendorong si betina menggali sarangnya. Wanita itu kemudian mengumpulkan anak-anak tukik di mulutnya dan mengangkutnya ke air, di mana mereka tetap dalam kelompok selama beberapa bulan, dilindungi oleh perempuan 
  • Panggilan darurat : Panggilan bernada tinggi yang biasanya digunakan oleh hewan yang lebih muda untuk mengingatkan buaya lain terhadap bahaya yang akan terjadi atau hewan yang diserang.
  • Ancaman panggilan : Suara mendesis yang juga telah dideskripsikan sebagai suara batuk.
  • Penetasan panggilan : Dipancarkan oleh betina saat berbiak untuk mengingatkan buaya lain bahwa ia telah bertelur di sarangnya.
  • Bellowing : Buaya jantan sangat gencar. Teriakan choruses paling sering terjadi di musim semi ketika kelompok pembibitan berkumpul, tetapi dapat terjadi setiap saat sepanjang tahun. Ke bawah, laki-laki terlihat mengembang ketika mereka mengangkat ekor dan kepala keluar dari air, perlahan-lahan melambaikan ekor bolak-balik. 
  • Mereka kemudian membusungkan tenggorokan dan dengan mulut tertutup, mulai menggetarkan udara. Tepat sebelum berteriak, laki-laki memproyeksikan sinyal infrasonik di sekitar 10 Hz melalui air, yang bergetar tanah dan benda-benda di dekatnya.
  •  Getaran frekuensi rendah ini melakukan perjalanan jarak jauh baik melalui udara dan air untuk mengiklankan kehadiran pria dan sangat kuat sehingga menghasilkan air yang muncul untuk "menari". 

Reproduksi
     Telur buaya. Buaya bertelur, yang diletakkan di lubang atau sarang gundukan, tergantung pada spesies. Sarang lubang biasanya digali di pasir dan sarang gundukan biasanya dibangun dari vegetasi. Periode bersarang mulai dari beberapa minggu hingga enam bulan. Pacaran berlangsung dalam serangkaian interaksi perilaku yang mencakup berbagai moncong gosok dan tampilan patuh yang dapat memakan waktu lama. Kawin selalu berlangsung di air, di mana pasangan dapat diamati kawin beberapa kali. Betina dapat membangun atau menggali beberapa sarang percobaan yang tampak tidak lengkap dan ditinggalkan kemudian. Bertelur biasanya dilakukan pada malam hari dan sekitar 30–40 menit. 
      Betina sangat protektif terhadap sarang dan muda mereka. Telur yang keras dikupas, tetapi tembus pada saat bertelur. Tergantung pada spesies buaya, 7 hingga 95 telur diletakkan. Embrio buaya tidak memiliki kromosom seks, dan tidak seperti manusia, seks tidak ditentukan secara genetis. Jenis kelamin ditentukan oleh suhu , di mana pada 30 ° C (86 ° F) atau kurang kebanyakan tukik adalah betina dan pada 31 ° C (88 ° F), keturunan adalah dari kedua jenis kelamin. Suhu 32 sampai 33 ° C (90 hingga 91 ° F) memberikan kebanyakan laki-laki sedangkan di atas 33 ° C (91 ° F) di beberapa spesies terus memberikan laki-laki, tetapi pada spesies lain yang mengakibatkan perempuan, yang kadang-kadang disebut tinggi- suhu betina.
    Suhu juga mempengaruhi pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup kaum muda, yang dapat menjelaskan dimorfisme seksual pada buaya. Masa inkubasi rata-rata adalah sekitar 80 hari, dan juga tergantung pada suhu dan spesies yang biasanya berkisar 65 hingga 95 hari. Struktur cangkang telur sangat konservatif melalui evolusi tetapi ada cukup banyak perubahan untuk membedakan spesies yang berbeda dengan mikrostruktur cangkang telur mereka. 
    Pada saat menetas, mulai muda memanggil dalam telur. Mereka memiliki gigi telur di ujung moncong mereka, yang dikembangkan dari kulit, dan itu membantu mereka menembus keluar dari cangkang. Mendengar panggilan, perempuan biasanya menggali sarang dan terkadang mengambil telur yang tidak menetas di mulutnya, perlahan-lahan menggulung telur untuk membantu prosesnya. Yang muda biasanya dibawa ke air di mulut. Dia kemudian akan memperkenalkan anak-anaknya ke air dan bahkan memberi mereka makan.
    Sang ibu kemudian akan merawat anak-anaknya selama lebih dari setahun sebelum musim kawin berikutnya. Dengan tidak adanya induk buaya, ayah akan bertindak di tempatnya untuk merawat anak-anak. Namun, bahkan dengan pengasuhan orangtua yang canggih, buaya muda memiliki tingkat kematian yang sangat tinggi karena kerentanan mereka terhadap predasi.  Sekelompok tukik disebut pod atau crèche dan dapat dilindungi selama berbulan-bulan.

Pengartian
    Buaya memiliki kemampuan kognitif tingkat lanjut. Mereka dapat mengamati dan menggunakan pola perilaku mangsa, seperti ketika mangsa datang ke sungai untuk minum pada waktu yang sama setiap hari. Vladimir Dinets dari University of Tennessee , mengamati bahwa buaya menggunakan ranting sebagai umpan untuk burung yang mencari bahan bersarang.
      Mereka menempatkan tongkat di moncong mereka dan sebagian menenggelamkan diri. Ketika burung-burung menukik untuk mendapatkan tongkat, buaya kemudian menangkap burung-burung itu. Buaya hanya melakukan ini di musim semi bersarang burung, ketika ada permintaan yang tinggi untuk tongkat untuk digunakan untuk membangun sarang. Vladimir juga menemukan pengamatan serupa lainnya dari berbagai ilmuwan, beberapa berasal dari abad ke-19.  Selain menggunakan tongkat, buaya juga mampu berburu kooperatif . Sejumlah besar buaya berenang berputar-putar untuk menjebak ikan dan bergiliran mengambilnya. Dalam memburu mangsa yang lebih besar, buaya berkerumun, dengan satu memegang mangsanya turun saat yang lain merobeknya.

Taksonomi dan filogeni
    Sebagian besar spesies dikelompokkan ke dalam genus Crocodylus . Genus lain yang masih ada , Osteolaemus , adalah monotypic (seperti halnya Mecistops , jika dikenali).

Subfamili Crocodylinae
  • Genus Crocodylus
  • Crocodylus acutus , buaya Amerika
  • Crocodylus intermedius , buaya Orinoco
  • Crocodylus johnsoni , buaya air tawar , atau buaya Johnstone
  • Crocodylus mindorensis , buaya Filipina
  • Crocodylus moreletii, buaya Morelet atau buaya Meksiko
  • Crocodylus niloticus , buaya Nil atau buaya Afrika (subspesies yang ditemukan di Madagaskar kadang-kadang disebut buaya hitam)
  • Crocodylus novaeguineae , buaya New Guinea
  • Crocodylus palustris , perampok , buaya atau buaya India
  • Crocodylus porosus , buaya air asin atau buaya muara
  • Crocodylus rhombifer , buaya Kuba
  • Crocodylus siamensis , buaya Siam (mungkin punah di alam liar)
  • Crocodylus suchus , buaya Afrika Barat, gurun atau buaya suci
  • Genus Osteolaemus
   
Osteolaemus tetraspis , buaya kerdil (Ada kontroversi mengenai apakah ini benar-benar dua spesies; baru-baru ini (2010) analisis DNA menunjukkan tiga spesies berbeda: O. tetraspis , O. osborni dan yang ketiga, yang saat ini tidak disebutkan namanya.)
  • Genus Mecistops
  • Kaum kataklimis Afrika Selatan berbadan besar Afrika Barat
  • Mecistops leptorhynchus Sapi Afrika Tengah yang bermulut besar
  • Genus † Euthecodon
  • Genus † Rimasuchus (sebelumnya Crocodylus lloydi )
  • Genus † Voay Brochu, 2007 (sebelumnya Crocodylus robustus )

Filogeni
    The cladogram di bawah ini mengikuti topologi dari analisis 2012 ciri- ciri morfologi oleh Christopher A. Brochu dan Glenn W. Storrs. Banyak spesies Crocodylus yang punah bisa mewakili genera yang berbeda. "Crocodylus" pigotti , misalnya, ditempatkan pada genus Brochuchus yang baru didirikan pada tahun 2013.  C. suchus tidak dimasukkan karena pengkodean morfologinya identik dengan C. niloticus .
     Namun, penulis menyarankan bahwa kurangnya perbedaan adalah karena sampel spesimen terbatas, dan menganggap kedua spesies itu berbeda. Analisis ini menemukan dukungan yang lemah untuk clade Osteolaeminae. Brochu bernama Osteolaeminae pada tahun 2003 sebagai subfamili Crocodylidae yang terpisah dari Crocodylinae, tetapi kelompok tersebut telah diklasifikasikan dalam Crocodylinae. Ini termasuk genus Osteolaemus yang hidup serta spesies punah Voay robustus dan Rimasuchus lloydi 
     Sebuah analisis 2013 oleh Jack L. Conrad, Kirsten Jenkins, Thomas Lehmann, dan lain-lain tidak mendukung Osteolaeminae sebagai clade yang sebenarnya tetapi lebih merupakan kelompok paraphyletic yang terdiri dari dua clades yang lebih kecil. Mereka secara informal menyebut clades ini "osteolaemins" dan "mecistopins". "Osteolaemins" termasuk Osteolaemus , Voay , Rimasuchus , dan Brochuchus dan "mecistopins" termasuk Mecistops dan Euthecodon .    

Hubungan dengan manusia
 Serangan buaya : Tanda peringatan buaya, Trinity Beach, Queensland , Australia
Spesies buaya yang lebih besar sangat berbahaya bagi manusia, terutama karena kemampuan mereka menyerang sebelum orang tersebut dapat bereaksi. Buaya air asin dan buaya Nil adalah yang paling berbahaya, menewaskan ratusan orang setiap tahun di beberapa bagian Asia Tenggara dan Afrika. Buaya perampok dan buaya Amerika juga berbahaya bagi manusia.

Peternakan buaya
     Dompet kulit buaya dari peternakan buaya Bangkok. Buaya dilindungi di banyak bagian dunia, tetapi mereka juga bertani secara komersial. Kulit mereka disamak dan digunakan untuk membuat barang-barang kulit seperti sepatu dan tas ; daging buaya juga dianggap lezat.
   Spesies yang paling banyak dibudidayakan adalah air asin dan buaya Nil, sementara hibrida dari air asin dan buaya Siam yang langka juga dibesarkan di pertanian Asia. Pertanian telah menghasilkan peningkatan populasi buaya air asin di Australia , karena telur biasanya dipanen dari alam liar, sehingga pemilik lahan memiliki insentif untuk melestarikan habitat mereka. Kulit buaya dapat dijadikan barang seperti dompet, tas kerja, dompet, tas, ikat pinggang, topi, dan sepatu. Minyak buaya telah digunakan untuk berbagai keperluan.  Buaya dimakan oleh orang Vietnam sementara mereka tabu dan terlarang bagi orang Cina. Wanita Vietnam yang menikah dengan pria Cina mengadopsi tabu China.  Daging buaya kadang-kadang dimakan sebagai kelezatan "eksotis" di dunia barat. 

Dalam agama
     Buaya telah muncul dalam berbagai bentuk agama di seluruh dunia. Mesir Kuno memiliki Sobek , dewa buaya berkepala, dengan Crocodilopolis kota kultusnya, serta Taweret , dewi melahirkan dan kesuburan, dengan punggung dan ekor buaya. Kuil Jukun di Federasi Wukari , Nigeria didedikasikan untuk buaya sebagai ucapan terima kasih atas bantuan mereka selama migrasi. Di Madagaskar, banyak orang seperti Sakalava dan Antandroy melihat buaya sebagai roh leluhur dan di bawah adat setempat sering menawarkan mereka makanan; dalam kasus yang terakhir setidaknya ada fitur buaya yang menonjol sebagai dewa leluhur. 
     Buaya muncul dalam berbagai bentuk dalam agama Hindu . Varuna , dewa Veda dan Hindu, mengendarai makara sebagian-buaya; istrinya Varuni mengendarai buaya.  Demikian pula personifikasi dewi sungai Ganga dan Yamuna sering digambarkan sebagai menunggang buaya.  Juga di India, di Goa , pemujaan buaya dilakukan, termasuk upacara Mannge Thapnee tahunan. Di Amerika Latin, Cipactli adalah buaya bumi raksasa suku Aztec dan suku Nahua lainnya . 

Airmata buaya
    Istilah " Air mata buaya " (dan setara dalam bahasa lain) mengacu pada tampilan emosi yang salah dan tidak tulus, seperti tangisan air mata palsu yang munafik . Ini berasal dari anekdote kuno buaya yang menangis untuk memancing mangsa mereka, atau bahwa mereka menangis untuk korban yang mereka makan, pertama kali diceritakan dalam Bibliotheca oleh Photios I dari Konstantinopel . Cerita ini diulang dalam bestiaries seperti De bestiis et aliis rebus . Kisah ini pertama kali tersebar luas dalam bahasa Inggris dalam kisah Perjalanan Sir John Mandeville pada abad ke-14, dan muncul dalam beberapa drama Shakespeare .  Faktanya, buaya dapat dan memang menghasilkan air mata, tetapi mereka sebenarnya tidak menangis. 
    Memerangi hiu dan buaya, lambang kota Surabaya diterapkan sejak zaman kolonial, berasal dari etimologi rakyat lokal. Nama Surabaya , Indonesia , secara lokal diyakini berasal dari kata " suro" ( hiu ) dan " boyo" (buaya), dua makhluk yang, dalam mitos lokal, berjuang satu sama lain untuk mendapatkan gelar " hewan terkuat dan paling kuat "di daerah tersebut.
      Dikatakan bahwa dua hewan berkuasa setuju untuk gencatan senjata dan menetapkan batas; bahwa domain hiu akan berada di laut sementara domain buaya akan berada di darat. Namun suatu hari hiu itu berenang ke muara sungai untuk berburu, ini membuat marah buaya, yang menyatakan itu wilayahnya. Hiu berpendapat bahwa sungai adalah wilayah air yang berarti bahwa itu adalah wilayah hiu, sementara buaya berpendapat bahwa sungai mengalir jauh di pedalaman, jadi karena itu adalah wilayah buaya. Sebuah pertarungan ganas berlanjut saat kedua hewan saling menggigit. Akhirnya hiu itu digigit dan melarikan diri ke laut lepas, dan buaya itu akhirnya menguasai wilayah estuari yang sekarang adalah kota itu.
    Sumber lain menyinggung nubuat Jayabaya — seorang raja paranormal abad ke-12 Kerajaan Kediri —sebagai gantinya dia berkelahi di antara hiu putih raksasa dan buaya putih raksasa yang terjadi di daerah itu, yang kadang-kadang ditafsirkan sebagai ramalan invasi Mongol. Jawa , konflik besar antara kekuatan Kubilai Khan , penguasa Mongol Cina , dan orang-orang Majapahit Raden Wijaya di 1293.  Kedua hewan sekarang digunakan sebagai simbol kota, dengan dua menghadap dan berputar-putar satu sama lain, seperti yang digambarkan di sebuah patung tepat di dekat pintu masuk ke kebun binatang kota (lihat foto di halaman Surabaya ).

ALIGATOR
    Alligator adalah buaya di genus Alligator dari keluarga Alligatoridae . Dua spesies yang hidup adalah buaya Amerika ( A. mississippiensis ) dan buaya Cina ( A. sinensis ). Selain itu, beberapa spesies buaya punah diketahui dari sisa-sisa fosil. Buaya pertama kali muncul selama zaman Oligosen sekitar 37 juta tahun yang lalu. 
    Nama "buaya" mungkin adalah bentuk anglisis el lagarto , istilah Spanyol untuk "kadal", yang penjelajah dan pemukim awal Spanyol di Florida disebut buaya.  Kemudian ejaan bahasa Inggris dari nama termasuk allagarta dan alagarto . 

Deskripsi
   Berat dan panjang rata-rata orang dewasa American Alligator adalah 360 kg (790 lb) dan 4,0 m (13,1 kaki), tetapi mereka kadang-kadang tumbuh hingga 4,4 m (14 kaki) panjang dan berat lebih dari 450 kg (990 lb). [4] Yang terbesar yang pernah tercatat, ditemukan di Louisiana, diukur 5,84 m (19,2 kaki). Alligator Cina lebih kecil, jarang melebihi 2,1 m (6,9 kaki) panjangnya. Selain itu, beratnya jauh lebih sedikit, dengan laki-laki jarang di atas 45 kg (99 lb).
   Buaya dewasa berwarna hitam atau zaitun-coklat gelap dengan bagian bawah putih, sementara remaja memiliki warna putih atau kuning yang sangat kontras yang memudar seiring bertambahnya usia. 
    Tidak ada umur rata-rata untuk alligator yang diukur.  Pada tahun 1937, spesimen dewasa dibawa ke Kebun Binatang Belgrade di Serbia dari Jerman . Sekarang setidaknya 80 tahun. Meskipun tidak ada catatan yang valid tentang tanggal lahirnya, buaya ini, secara resmi bernama Muja , dianggap buaya tertua yang hidup di penangkaran.

Habitat
    Aligator Amerika ditemukan di Amerika Serikat bagian tenggara : seluruh Florida dan Louisiana ; bagian selatan Georgia , Alabama , dan Mississippi ; pesisir Selatan dan Carolina Utara ; Texas Timur , sudut tenggara Oklahoma , dan ujung selatan Arkansas . Menurut Buku Gramedia 2005 World Records, Louisiana memiliki populasi buaya terbesar.  Mayoritas buaya Amerika menghuni Florida dan Louisiana, dengan lebih dari satu juta buaya di setiap negara bagian. Florida Selatan adalah satu-satunya tempat di mana baik buaya dan buaya hidup berdampingan.
     Buaya Amerika hidup di lingkungan air tawar , seperti kolam, rawa-rawa , lahan basah , sungai, danau, dan rawa - rawa , serta di lingkungan payau.  Ketika mereka membangun lubang buaya di lahan basah, mereka meningkatkan keanekaragaman tumbuhan dan menyediakan habitat bagi hewan lain selama kekeringan. 
    Oleh karena itu, mereka dianggap sebagai spesies penting untuk menjaga keragaman ekologi di lahan basah.  Lebih jauh ke barat, di Louisiana, penggembalaan berat oleh coypu dan muskrat menyebabkan kerusakan parah pada lahan basah pesisir. Buaya besar memberi makan secara ekstensif pada coypu, dan menyediakan layanan ekologi penting dengan mengurangi angka coypu.
   Buaya Cina saat ini hanya ditemukan di lembah Sungai Yangtze dan bagian dari provinsi yang berdekatan  dan sangat terancam, dengan hanya beberapa lusin diyakini dibiarkan di alam liar. Memang, jauh lebih banyak buaya Cina tinggal di kebun binatang di seluruh dunia daripada yang dapat ditemukan di alam liar. Suaka Margasatwa Rockefeller di selatan Louisiana memiliki beberapa di penangkaran dalam upaya untuk melestarikan spesies. Miami MetroZoo di Florida juga memiliki sepasang buaya Cina.

Tingkah laku
   Buaya jantan besar adalah hewan teritorial soliter . Buaya kecil sering dapat ditemukan dalam jumlah besar dekat satu sama lain. Spesies terbesar (laki-laki dan perempuan) mempertahankan wilayah utama; buaya yang lebih kecil memiliki toleransi yang lebih tinggi untuk buaya lainnya dalam kelas ukuran yang sama.
    Buaya bergerak di darat oleh dua bentuk penggerak disebut sebagai "gepeng" dan "berjalan tinggi". Sprawl adalah gerakan ke depan dengan perut yang membuat kontak dengan tanah dan digunakan untuk transisi ke "berjalan tinggi" atau meluncur di atas substrat basah ke dalam air. Jalan kaki yang tinggi adalah gerakan empat kaki ke depan yang digunakan untuk perjalanan darat dengan perut yang naik dari tanah. Aligator juga telah diamati untuk bangkit dan menyeimbangkan kaki belakang mereka dan maju selangkah sebagai bagian dari serangan ke depan atau ke atas. Namun mereka tidak bisa berjalan kaki belakang mereka untuk jarak jauh.
    Meskipun buaya memiliki tubuh yang berat dan metabolisme yang lambat, ia mampu menghasilkan semburan pendek kecepatan, terutama dalam lunge yang sangat pendek. Mangsa utama buaya adalah hewan yang lebih kecil yang dapat mereka bunuh dan makan dengan satu gigitan. Mereka dapat membunuh mangsa yang lebih besar dengan mengambilnya dan menyeretnya ke dalam air untuk ditenggelamkan.
    Buaya mengkonsumsi makanan yang tidak dapat dimakan dalam satu gigitan dengan membiarkannya membusuk, atau dengan menggigit dan kemudian berputar atau kejang liar sampai potongan berukuran gigitan robek. Ini disebut sebagai "death roll". Penting untuk kemampuan buaya untuk memulai gulungan kematian, ekor harus melenturkan ke sudut yang signifikan relatif terhadap tubuhnya. Seekor buaya dengan ekor yang tidak bisa bergerak tidak dapat melakukan gulungan kematian.
    Sebagian besar otot di rahang buaya berevolusi untuk menggigit dan memegang mangsa. Otot-otot yang menutup rahang sangat kuat, tetapi otot-otot untuk membuka rahang mereka relatif lemah. Akibatnya, seorang manusia dewasa dapat memegang rahang buaya menutup dengan tangan kosong. Sudah umum hari ini untuk menggunakan beberapa bungkus selotip untuk mencegah buaya dewasa membuka rahangnya ketika ditangani atau diangkut.
      Alligator umumnya takut terhadap manusia dan cenderung berjalan atau berenang jika seseorang mendekat. Hal ini menyebabkan beberapa orang melakukan praktik mendekati buaya dan sarang mereka dengan cara yang dapat memancing hewan untuk menyerang. Di Florida, memberi makan buaya liar setiap saat adalah ilegal. Jika diberi makan, buaya akhirnya akan kehilangan rasa takutnya terhadap manusia dan akan belajar mengasosiasikan manusia dengan makanan, sehingga menjadi bahaya yang lebih besar bagi orang, dan pada risiko yang lebih besar dari mereka.

Makanan
   Jenis makanan yang dimakan oleh buaya tergantung pada usia dan ukurannya. Ketika muda, buaya memakan ikan, serangga, siput , krustasea , dan cacing . Ketika mereka dewasa, mangsa yang lebih besar diambil, termasuk ikan yang lebih besar seperti gar , kura-kura, dan berbagai mamalia, terutama coypu dan muskrat, serta burung, rusa, dan reptil lainnya. 
     Perut mereka juga sering mengandung batu batu gizzard . Mereka bahkan akan mengkonsumsi bangkai jika mereka cukup lapar. Dalam beberapa kasus, buaya yang lebih besar diketahui menyergap anjing, Florida macan kumbang dan beruang hitam , membuat mereka predator puncak di seluruh distribusi mereka. Dalam peran ini sebagai predator teratas, mungkin menentukan banyaknya spesies mangsa, termasuk kura-kura dan coypu . Ketika manusia masuk ke habitat mereka, serangan sedikit tetapi tidak diketahui. Buaya, tidak seperti buaya besar , tidak langsung menganggap manusia sebagai mangsa, tetapi mungkin masih menyerang untuk membela diri jika diprovokasi.

Reproduksi
    Alligator umumnya matang pada panjang 6 kaki (1,8 m). Musim kawin di akhir musim semi. Pada bulan April dan Mei, buaya membentuk apa yang disebut "bellowing choruses". Sekelompok besar hewan berkumpul bersama selama beberapa menit beberapa kali sehari, biasanya satu hingga tiga jam setelah matahari terbit. Bellow aligator pria Amerika disertai dengan ledakan infrasonik yang kuat.  Bentuk lain dari tampilan laki-laki adalah tamparan keras kepala.  Pada tahun 2010, pada malam musim semi buaya ditemukan berkumpul dalam jumlah besar untuk pacaran kelompok, yang disebut "tarian buaya".
    Di musim panas, betina membangun sarang vegetasi di mana dekomposisi vegetasi menyediakan panas yang diperlukan untuk menetaskan telur. Jenis kelamin keturunan ditentukan oleh suhu dalam sarang dan ditetapkan dalam tujuh hingga 21 hari dari awal inkubasi. Suhu inkubasi 86 ° F (30 ° C) atau lebih rendah menghasilkan kopling betina; mereka 93 ° F (34 ° C) atau lebih tinggi menghasilkan sepenuhnya laki-laki.
     Sarang yang dibangun di daun lebih panas daripada yang dibangun pada rawa basah, sehingga yang pertama cenderung menghasilkan jantan dan yang terakhir, betina. Gigi telur bayi buaya membantu keluar dari telurnya saat menetas. Rasio seks alami saat menetas adalah lima wanita untuk satu pria. Betina yang menetas dari telur yang diinkubasi pada 86 ° F (30 ° C) beratnya jauh lebih banyak daripada pejantan yang menetaskan dari telur yang diinkubasi pada suhu 93 ° F (34 ° C). Sang ibu melindungi sarang dari pemangsa dan membantu anak-anak menetas ke air.
     Dia akan memberikan perlindungan kepada kaum muda selama sekitar satu tahun jika mereka tetap di daerah tersebut. Buaya dewasa secara teratur mencopoti orang yang lebih muda, meskipun perkiraan tingkat kanibalisme sangat bervariasi.Di masa lalu, segera setelah pelarangan perburuan buaya, populasi pulih dengan cepat karena jumlah orang dewasa yang dimangsa oleh remaja, meningkatkan kelangsungan hidup di antara buaya muda. 

Anatomi
     Buaya mirip dengan buaya dan caimans; untuk karakteristik dan perbedaan umum mereka di antara mereka, lihat Crocodilia .
    Buaya, seperti burung, telah ditunjukkan menunjukkan pergerakan udara searah melalui paru-paru mereka. Sebagian besar amniota lainnya diyakini menunjukkan bidirectional, atau pernapasan pasang surut. 
    Untuk hewan pernapasan pasang surut, seperti mamalia, udara mengalir masuk dan keluar paru-paru melalui bronkus bercabang yang berakhir di ruang buntu kecil yang disebut alveoli . Karena alveoli melambangkan ujung-ujung mati, udara yang diilhami harus bergerak keluar dengan cara yang sama. Sebaliknya, udara di paru buaya membuat sirkuit, bergerak hanya satu arah melalui parabronchi . Udara pertama memasuki cabang luar, bergerak melalui parabronchi, dan keluar melalui paru-paru melalui cabang dalam. Pertukaran oksigen terjadi di vaskulatur luas di sekitar parabronchi.
    Alligator memiliki otot, ekor datar yang mendorong mereka saat berenang. Dua jenis buaya putih adalah albino dan leucistic . Buaya ini hampir tidak mungkin ditemukan di alam liar. Mereka hanya bisa bertahan di penangkaran dan jumlahnya sedikit. Aquarium of the Americas di New Orleans memiliki alligator leucistic yang ditemukan di rawa Louisiana pada tahun 1987. 

Penggunaan manusia
    Buaya dibesarkan secara komersial untuk daging dan kulit mereka, yang ketika disamak digunakan untuk pembuatan koper , tas , sepatu, ikat pinggang , dan barang-barang kulit lainnya. Buaya juga memberikan manfaat ekonomi melalui industri ekowisata. Pengunjung dapat mengambil tur rawa, di mana buaya adalah fitur. Manfaat ekonomi mereka yang paling penting bagi manusia mungkin adalah pengendalian coypu dan muskrat . 
     Daging buaya juga dikonsumsi oleh manusia. Pada tahun 2010, Uskup Agung New Orleans memutuskan bahwa untuk tujuan disiplin gereja Katolik dalam kaitannya dengan abstensi dari daging , daging dari buaya ditandai sebagai ikan

KAIMAN

Habitat
    Aligator Amerika ditemukan di Amerika Serikat bagian tenggara : seluruh Florida dan Louisiana ; bagian selatan Georgia , Alabama , dan Mississippi ; pesisir Selatan dan Carolina Utara ; Texas Timur , sudut tenggara Oklahoma , dan ujung selatan Arkansas . Menurut Buku Gramedia 2005 World Records, Louisiana memiliki populasi buaya terbesar.  Mayoritas buaya Amerika menghuni Florida dan Louisiana, dengan lebih dari satu juta buaya di setiap negara bagian. Florida Selatan adalah satu-satunya tempat di mana baik buaya dan buaya hidup berdampingan.
    Buaya Amerika hidup di lingkungan air tawar , seperti kolam, rawa-rawa , lahan basah , sungai, danau, dan rawa - rawa , serta di lingkungan payau.  Ketika mereka membangun lubang buaya di lahan basah, mereka meningkatkan keanekaragaman tumbuhan dan menyediakan habitat bagi hewan lain selama kekeringan. Oleh karena itu, mereka dianggap sebagai spesies penting untuk menjaga keragaman ekologi di lahan basah.  Lebih jauh ke barat, di Louisiana, penggembalaan berat oleh coypu dan muskrat menyebabkan kerusakan parah pada lahan basah pesisir. Buaya besar memberi makan secara ekstensif pada coypu, dan menyediakan layanan ekologi penting dengan mengurangi angka coypu.
    Buaya Cina saat ini hanya ditemukan di lembah Sungai Yangtze dan bagian dari provinsi yang berdekatan  dan sangat terancam, dengan hanya beberapa lusin diyakini dibiarkan di alam liar. Memang, jauh lebih banyak buaya Cina tinggal di kebun binatang di seluruh dunia daripada yang dapat ditemukan di alam liar. Suaka Margasatwa Rockefeller di selatan Louisiana memiliki beberapa di penangkaran dalam upaya untuk melestarikan spesies. Miami MetroZoo di Florida juga memiliki sepasang buaya Cina.

Tingkah laku
    Buaya jantan besar adalah hewan teritorial soliter . Buaya kecil sering dapat ditemukan dalam jumlah besar dekat satu sama lain. Spesies terbesar (laki-laki dan perempuan) mempertahankan wilayah utama; buaya yang lebih kecil memiliki toleransi yang lebih tinggi untuk buaya lainnya dalam kelas ukuran yang sama.
    Buaya bergerak di darat oleh dua bentuk penggerak disebut sebagai "gepeng" dan "berjalan tinggi". Sprawl adalah gerakan ke depan dengan perut yang membuat kontak dengan tanah dan digunakan untuk transisi ke "berjalan tinggi" atau meluncur di atas substrat basah ke dalam air. Jalan kaki yang tinggi adalah gerakan empat kaki ke depan yang digunakan untuk perjalanan darat dengan perut yang naik dari tanah. 
     Aligator juga telah diamati untuk bangkit dan menyeimbangkan kaki belakang mereka dan maju selangkah sebagai bagian dari serangan ke depan atau ke atas. Namun mereka tidak bisa berjalan kaki belakang mereka untuk jarak jauh.
    Meskipun buaya memiliki tubuh yang berat dan metabolisme yang lambat, ia mampu menghasilkan semburan pendek kecepatan, terutama dalam lunge yang sangat pendek. Mangsa utama buaya adalah hewan yang lebih kecil yang dapat mereka bunuh dan makan dengan satu gigitan. Mereka dapat membunuh mangsa yang lebih besar dengan mengambilnya dan menyeretnya ke dalam air untuk ditenggelamkan.
    Buaya mengkonsumsi makanan yang tidak dapat dimakan dalam satu gigitan dengan membiarkannya membusuk, atau dengan menggigit dan kemudian berputar atau kejang liar sampai potongan berukuran gigitan robek. Ini disebut sebagai "death roll". Penting untuk kemampuan buaya untuk memulai gulungan kematian, ekor harus melenturkan ke sudut yang signifikan relatif terhadap tubuhnya. Seekor buaya dengan ekor yang tidak bisa bergerak tidak dapat melakukan gulungan kematian. 
    Sebagian besar otot di rahang buaya berevolusi untuk menggigit dan memegang mangsa. Otot-otot yang menutup rahang sangat kuat, tetapi otot-otot untuk membuka rahang mereka relatif lemah. Akibatnya, seorang manusia dewasa dapat memegang rahang buaya menutup dengan tangan kosong. Sudah umum hari ini untuk menggunakan beberapa bungkus selotip untuk mencegah buaya dewasa membuka rahangnya ketika ditangani atau diangkut.
     Alligator umumnya takut terhadap manusia dan cenderung berjalan atau berenang jika seseorang mendekat. Hal ini menyebabkan beberapa orang melakukan praktik mendekati buaya dan sarang mereka dengan cara yang dapat memancing hewan untuk menyerang. Di Florida, memberi makan buaya liar setiap saat adalah ilegal. Jika diberi makan, buaya akhirnya akan kehilangan rasa takutnya terhadap manusia dan akan belajar mengasosiasikan manusia dengan makanan, sehingga menjadi bahaya yang lebih besar bagi orang, dan pada risiko yang lebih besar dari mereka.

Makanan
    Jenis makanan yang dimakan oleh buaya tergantung pada usia dan ukurannya. Ketika muda, buaya memakan ikan, serangga, siput , krustasea , dan cacing . Ketika mereka dewasa, mangsa yang lebih besar diambil, termasuk ikan yang lebih besar seperti gar , kura-kura, dan berbagai mamalia, terutama coypu dan muskrat,  serta burung, rusa, dan reptil lainnya.
     Perut mereka juga sering mengandung batu batu gizzard . Mereka bahkan akan mengkonsumsi bangkai jika mereka cukup lapar. Dalam beberapa kasus, buaya yang lebih besar diketahui menyergap anjing, Florida macan kumbang dan beruang hitam , membuat mereka predator puncak di seluruh distribusi mereka. Dalam peran ini sebagai predator teratas, mungkin menentukan banyaknya spesies mangsa, termasuk kura-kura dan coypu .  Ketika manusia masuk ke habitat mereka, serangan sedikit tetapi tidak diketahui. Buaya, tidak seperti buaya besar , tidak langsung menganggap manusia sebagai mangsa, tetapi mungkin masih menyerang untuk membela diri jika diprovokasi.

Reproduksi
     Alligator umumnya matang pada panjang 6 kaki (1,8 m). Musim kawin di akhir musim semi. Pada bulan April dan Mei, buaya membentuk apa yang disebut "bellowing choruses". Sekelompok besar hewan berkumpul bersama selama beberapa menit beberapa kali sehari, biasanya satu hingga tiga jam setelah matahari terbit. Bellow aligator pria Amerika disertai dengan ledakan infrasonik yang kuat.  Bentuk lain dari tampilan laki-laki adalah tamparan keras kepala. Pada tahun 2010, pada malam musim semi buaya ditemukan berkumpul dalam jumlah besar untuk pacaran kelompok, yang disebut "tarian buaya". 
     Di musim panas, betina membangun sarang vegetasi di mana dekomposisi vegetasi menyediakan panas yang diperlukan untuk menetaskan telur.
    Jenis kelamin keturunan ditentukan oleh suhu dalam sarang dan ditetapkan dalam tujuh hingga 21 hari dari awal inkubasi. Suhu inkubasi 86 ° F (30 ° C) atau lebih rendah menghasilkan kopling betina; mereka 93 ° F (34 ° C) atau lebih tinggi menghasilkan sepenuhnya laki-laki. Sarang yang dibangun di daun lebih panas daripada yang dibangun pada rawa basah, sehingga yang pertama cenderung menghasilkan jantan dan yang terakhir, betina. 
    Gigi telur bayi buaya membantu keluar dari telurnya saat menetas. Rasio seks alami saat menetas adalah lima wanita untuk satu pria. Betina yang menetas dari telur yang diinkubasi pada 86 ° F (30 ° C) beratnya jauh lebih banyak daripada pejantan yang menetaskan dari telur yang diinkubasi pada suhu 93 ° F (34 ° C). 
    Sang ibu melindungi sarang dari pemangsa dan membantu anak-anak menetas ke air. Dia akan memberikan perlindungan kepada kaum muda selama sekitar satu tahun jika mereka tetap di daerah tersebut. Buaya dewasa secara teratur mencopoti orang yang lebih muda, meskipun perkiraan tingkat kanibalisme sangat bervariasi. Di masa lalu, segera setelah pelarangan perburuan buaya, populasi pulih dengan cepat karena jumlah orang dewasa yang dimangsa oleh remaja, meningkatkan kelangsungan hidup di antara buaya muda.

Anatomi
   Buaya mirip dengan buaya dan caimans; untuk karakteristik dan perbedaan umum mereka di antara mereka, lihat Crocodilia .
    Buaya, seperti burung, telah ditunjukkan menunjukkan pergerakan udara searah melalui paru-paru mereka. Sebagian besar amniota lainnya diyakini menunjukkan bidirectional, atau pernapasan pasang surut. Untuk hewan pernapasan pasang surut, seperti mamalia, udara mengalir masuk dan keluar paru-paru melalui bronkus bercabang yang berakhir di ruang buntu kecil yang disebut alveoli . Karena alveoli melambangkan ujung-ujung mati, udara yang diilhami harus bergerak keluar dengan cara yang sama. 
    Sebaliknya, udara di paru buaya membuat sirkuit, bergerak hanya satu arah melalui parabronchi .Udara pertama memasuki cabang luar, bergerak melalui parabronchi, dan keluar melalui paru-paru melalui cabang dalam. Pertukaran oksigen terjadi di vaskulatur luas di sekitar parabronchi.
Alligator memiliki otot, ekor datar yang mendorong mereka saat berenang.
   Dua jenis buaya putih adalah albino dan leucistic . Buaya ini hampir tidak mungkin ditemukan di alam liar. Mereka hanya bisa bertahan di penangkaran dan jumlahnya sedikit. Aquarium of the Americas di New Orleans memiliki alligator leucistic yang ditemukan di rawa Louisiana pada tahun 1987. 

Penggunaan manusia
     Buaya dibesarkan secara komersial untuk daging dan kulit mereka, yang ketika disamak digunakan untuk pembuatan koper , tas , sepatu, ikat pinggang , dan barang-barang kulit lainnya. Buaya juga memberikan manfaat ekonomi melalui industri ekowisata. Pengunjung dapat mengambil tur rawa, di mana buaya adalah fitur. Manfaat ekonomi mereka yang paling penting bagi manusia mungkin adalah pengendalian coypu dan muskrat .
   Daging buaya juga dikonsumsi oleh manusia. Pada tahun 2010, Uskup Agung New Orleans memutuskan bahwa untuk tujuan disiplin gereja Katolik dalam kaitannya dengan abstensi dari daging , daging dari buaya ditandai sebagai ikan

GAVIAL
    Gavial atau gharial (Gavialis gangeticus), dikenal juga sebagai buaya pemakan ikan, adalah anggota ordo crocodilia dari famili Gavialidae, yang habitat aslinya di bagian utara anak benua India. Populasi gavial secara global di alam liar diperkirakan kurang dari 235 individu, yang terancam oleh hilangnya habitat tepi sungai, deplesi sumber daya ikan, dan terkait dengan penangkapan ikan. Karena populasinya telah menurun secara drastis dalam 70 tahun terakhir, gavial masuk dalam kategori Kritis pada Daftar Merah IUCN.
   Gavial adalah salah satu crocodilia terpanjang dari semua crocodilia yang hidup saat ini, dengan memiliki ukuran mencapai 6,25 m (20,5 ft), meskipun perlu dicatat bahwa ini adalah batas atas ekstrem, karena ukuran rata-rata gavial dewasa hanya 3,5 hingga 4,5 m (11 hingga 15 ft). Gavial memiliki 110 gigi tajam yang saling mengait dalam moncong tipisnya yang panjang sesuai untuk menangkap ikan, yang merupakan makanan utamanya. Gavial jantan memiliki tonjolan khas di ujung moncongnya, yang menyerupai sebuah pot gerabah yang dikenal dalam bahasa Hindia dengan sebutan ghara. Nama umum gavial, yaitu gharial, berasal dari kesamaan ini.
    Gavial pernah mendiami sepanjang sungai utama anak benua India, dari Sungai Irrawaddy di timur hingga Sungai Indus di barat. Persebaran mereka sekarang terbatas hanya 2% dari wilayah mereka sebelumnya. Tempat tinggal mereka utamanya di sungai yang mengalir dengan tanggul pasir yang tinggi yang mereka gunakan untuk berjemur dan membangun sarang. Mereka biasanya melakukan perkawinan di musim dingin dan telur-telurnya menetas sebelum musim hujan.
   Gavial adalah salah satu dari tiga crocodilia asli India, dua crocodilia lainnya adalah mugger dan buaya muara.Gavial ditandai dari bentuk rahangnya yang tipis dan sangat panjang, yang dianggap sebagai adaptasi untuk pemakan ikan. Ukuran jantannya mencapai 6 m (20 ft) dengan berat rata-rata sekitar 160 kg (350 lb).
    Gavial memiliki warna zaitun gelap atau cerah. Di atasnya dengan lurik gelap dan terlihat seperti bintik-bintik di kepala, tubuh, dan ekor. Pada usia sekitar 20 tahun, permukaan dorsal menjadi berwarna gelap, hampir hitam keabu-abuan. Permukaan ventral putih kekuning-kuningan. Lehernya memanjang dan tebal. Batas dorsal lebih kurang adalah bagian median dari punggung. Jari-jarinya sangat pendek dan berselaput tebal.
     Gavial jantan pada saat mencapai kedewasaan seksual memiliki protuberans hidung bulat berongga di ujung moncongnya. Nama gharial berasal dari kemiripan hidung yang tumbuh tersebut dengan pot tembikar yang oleh masyarakat lokal dikenal dengan sebutan 'ghara'. Gavial adalah satu-satunya crocodilia yang masih hidup yang memperlihatkan dimorfisme seksual. Meskipun fungsi dari rongga hidung belum dimengerti dengan baik, kelihatannya digunakan sebagai indikator seks visual.
    Ukuran rata-rata gavial dewasa adalah 3,5 hingga 4,5 m (11 hingga 15 ft). Rekor terpanjang gavial yang pernah tercatat adalah 6,25 m (20,5 ft) dan terberat adalah 977 kg (2154 lb). Tukiknya berukuran sekitar 37 cm (15 in).[3] Gavial muda dapat mencapai panjang 1 m (3,3 ft) dalam 18 bulan Berat tubuhnya rata-rata berkisar dari 159 hingga 250 kg (351 hingga 551 lb). Panjang keseluruhan tubuh gavial jantan umumnya mencapai 3 hingga 5 m (9,8 hingga 16,4 ft), sedangkan betina lebih kecil dan mencapai panjang hingga 2,7 hingga 3,75 m (8,9 hingga 12,3 ft).
     Di dalam moncongnya yang tipis dan memanjang terdapat 110 gigi tajam yang saling mengait dan secara proporsional menjadi lebih pendek dan lebih tebal seiring pertambahan umurnya.[4] Ada 27 hingga 29 gigi atas dan 25 atau 26 gigi bawah pada masing-masing sisi. Gigi-gigi depan adalah gigi-gigi terbesar. Moncongnya sempit dan panjang dengan dilasi di pangkal dan tulang nasal relatif singkat dan umumnya terpisah dari pra-maksila. Lubang nasal gavial lebih kecil daripada fossa supratemporal. 
    Sebuah lempeng dorsal terbentuk dari empat rangkaian longitudinal skat bertulang yang saling menempel. Panjang moncong adalah 3,5 (pada gavial dewasa) hingga 5,5 (pada gavial muda) kali lebar pangkal moncong. Skat nuka dan dorsal membentuk satu lempeng tunggal bersinambung terdiri atas 21 atau 22 seri melintang. Gavial memiliki sederetan skat luar yang lembut, halus, atau bertunas lemah selain skat bertulang dorsal. Gavial juga memiliki dua skat pascaoksiput kecil. Dua per tiga bagian luar jari-jari kaki berselaput, sedangkan jari tengah hanya sepertiganya berselaput. Di ujung lengan dan kaki gavial terdapat kresta. Gavial dewasa biasanya memiliki pola warna zaitun gelap, sementara yang muda warna zaitun pucat, dengan bintik atau lurik melintang coklat tua.
   Ekor yang rata lateral dan kaki belakang berselaput yang telah berkembang dengan baik menjadi alat manuver yang luar biasa di habitat dalam air. Tapi, di darat, gavial dewasa hanya bisa mendorong dirinya ke depan dan meluncur di perutnya. Ekornya berfungsi untuk mendorong tubuhnya dan menyerang mangsanya.
    Tiga spesimen gavial terbesar yang pernah dilaporkan adalah gavial 6,5 m yang dibunuh di Sungai Gogra, Faizabad pada Agustus 1920, lalu yang berukuran 6,3 m ditembak di Sungai Jalpaiguri, Ceko pada tahun 1934, dan gavial raksasa 7 m yang ditembak di Sungai Kosi di utara Bihar pada Januari 1924. Dulu spesimen berukuran lebih dari 6 m (20 ft) tidak lazim, tapi kini gavial berukuran mencapai 6 m belum pernah ditemukan.

Persebaran dan habitat
    Gavial pernah berkembang pesat di semua sungai besar di anak benua India, meliputi dari utara Sungai Indus di Pakistan melintasi dataran banjr Gangga hingga ke Sungai Irrawaddy di Myanmar. Saat ini, mereka telah punah di Sungai Indus, di Sungai Brahmaputra, Bhutan dan Bangladesh, dan di Sungai Irrawaddy. Persebaran mereka sekarang terbatas hanya 2% dari wilayah sebelumnya.
    Di India, populasi populasi ada dan mulai bertambah di sungai-sungai di Suaka Nasional Chambal, Cagar Alam Katarniaghat, dan Suaka Sungai Son. Populasi kecil lainnya terdapat di hutan hujan bioma Mahanadi di Suaka Ngarai Satkosia, Odisha, tempat mereka tampaknya tidak berkembang biak.
    Di Nepal, kecil populasi ada dan perlahan-lahan mulai pulih di anak-anak sungai Gangga, seperti sungai Narayani-Rapti di Taman Nasional Chitwan dan sungai Karnali-Babai di Taman Nasional Bardia.Mereka simpatris dengan mugger (Crocodylus palustris) dan pernah simpatris dengan buaya muara (Crocodylus porosus) di delta Sungai Irrawaddy.
    Pada tahun 1977, tercatat empat sarang gavial ditemukan di Sungai Girwa, Cagar Alam Katarniaghat, tempat 909 ekor gavial dibebaskan hingga tahun 2006. Tahun 2006 tercatat ada dua puluh sarang, sehingga 16 betina yang bersarang dihasilkan dari 30 tahun reintroduksi, yang setara dengan 2% dari total sebelum pelepasan tahun 2006. Ini tampaknya bukan prestasi besar berdasarkan uang dan usaha yang telah dihabiskan dan beberapa peneliti berpendapat bahwa kapasitas di sana telah penuh.
     Di Sungai Chambal, Suaka Nasional Chambal, tercatat ada dua belas sarang tahun 1978. Di sana telah dilepaskan ke alam liar 3.776 ekor gavial hingga tahun 2006. Dan hingga tahun 2006, betina bersarang telah meningkat lebih dari 500% mencapai 68 sarang, tapi dari keseluruhan gavial yang dilepaskan tersebut hanya 2%-nya betina bereproduksi. Tukik-tukik gavial yang baru menetas sering terbawa arus air ke hilir keluar dari wilayah yang dilindungi selama banjir tahunan setiap musim hujan

Sumber Referensi : Wikipedia Org