"SELAMAT DATANG DI BLOG GEOGRAFI LINGKUNGAN""(EKOGEO)"

Wednesday, December 26, 2018

HARIMAU ; KUCING BESAR LORENG PENGUASA RIMBA BELANTARA

   
    Harimau (bahasa Latin: Panthera tigris) adalah hewan yang tergolong dalam filum Chordata, subfilum vertebrata, kelas mamalia, pemakan daging (karnivora), keluarga felidae (kucing), genus panthera, dan tergolong dalam spesies tigris.
     Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya, bahkan lebih besar dari singa. Harimau juga adalah kucing tercepat kedua dalam berlari, setelah citah. Dalam keseluruhan karnivora, harimau adalah kucing karnivora terbesar dan karnivora terbesar ketiga setelah beruang kutub dan beruang coklat.
      Harimau biasanya memburu mangsa yang agak besar seperti rusa sambar, kijang, babi, atau kancil. Namun, harimau akan memburu hewan kecil seperti landak apabila mangsa yang agak besar itu tidak ada. Meskipun berasal dari keluarga yang sama, harimau berbeda dengan kucing biasa yang kecil, harimau sangat suka berenang, dan pada dasarnya kucing takut dengan air.

Fisik
     Harimau dikenal sebagai kucing terbesar, harimau berukuran seperti singa tetapi sedikit lebih berat. Beda subspesies harimau memiliki karakteristik yang berbeda juga, pada umumnya harimau jantan memiliki berat antara 180 dan 320 kg dan betina berbobot antara 120 dan 180 kg. Panjang jantan antara 2,6 dan 3,3 meter, sedangkan betina antara 2,3 dan 2,75 meter. Di antara subspesies yang masih hidup, harimau sumatera adalah yang paling kecil dan harimau siberia yang paling besar.
     Loreng pada kebanyakan harimau bervariasi dari coklat ke hitam. Bentuk dan kepadatan lorengnya berbeda-beda subspesies satu dengan yang lain, tetapi hampir semua harimau memiliki lebih dari 100 loreng. Harimau jawa yang sekarang sudah punah kemungkinan memiliki loreng yang lebih banyak lagi. Pola loreng unik setiap harimau, dan dapat digunakan untuk membedakan satu sama lain, mirip dengan fungsi sidik jari yang digunakan untuk mengindentifikasi orang. Ini bukan, bagaimanapun juga, metode pengidentifikasian yang disarankan, terkait kesulitan untuk merekam pola loreng pada harimau liar. Sepertinya fungsi loreng adalah untuk kamuflase, untuk menyembunyikan mereka dari mangsanya.

Subspesies

    Ada sembilan subspesies harimau dalam genus Panthera. Enam di antaranya masih hidup sampai sekarang. Tiga subspesies harimau selebihnya telah dianggap punah secara resmi.

Subspesies yang masih hidup

  • Harimau indocina (Panthera tigris corbetti) - terdapat di kawasan hutan hujan dan padang rumput Malaysia, Kamboja, Republik Rakyat Tiongkok, Laos, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.
  • Harimau benggala (Panthera tigris tigris) - terdapat di kawasan hutan hujan dan padang rumput Bangladesh, Bhutan, Republik Rakyat Tiongkok, India, dan Nepal.
  • Harimau tiongkok selatan (Panthera tigris amoyensis) - habitat di kawasan hutan hujan dan padang rumput tengah dan barat Republik Rakyat Tiongkok.
  • Harimau siberia (Panthera tigris altaica) - atau juga dikenal sebagai harimau amur, ussuri, harimau timur laut cina, atau harimau manchuria. Harimau siberia berhabitat di kawasan hutan hujan dan padang rumput Republik Rakyat Tiongkok, Korea Utara, dan Asia Tengah di Russia.
  • Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) - habitat hanya di kepulauan Sumatera.
  • Harimau malaya (Panthera tigris jacksoni) - habitat hanya di Semenanjung Malaysia.

Subspesies yang punah


  • Harimau kaspia (Panthera tigris virgata) - yang telah punah sekitar 1950an. Harimau Caspian ini pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan dan padang rumput Afganistan, Iran, Mongolia, Turki, dan kawasan Asia tengah Rusia.
  • Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) - yang telah punah sekitar 1972. Harimau jawa pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan pulau Jawa, Indonesia.
  • Harimau bali (Panthera tigris balica) - yang telah punah sekitar 1937. Harimau bali pernah berkeliaran di kawasan hutan hujan kepulauan Bali, Indonesia.

     Harimau ( Panthera tigris ) adalah spesies kucing terbesar , paling dikenal karena pola garis-garis vertikal gelap pada bulu oranye kemerahan dengan bagian bawah yang lebih terang. Spesies ini diklasifikasikan dalam genus Panthera dengan singa , jaguar , macan tutul , dan macan tutul salju . Ini adalah predator puncak , terutama memangsa ungulata seperti rusa dan naga .
    Ini adalah teritorial dan umumnya predator soliter tetapi sosial , sering membutuhkan wilayah habitat bersebelahan besar yang mendukung persyaratan mangsanya. Ini, ditambah dengan fakta bahwa itu adalah asli dari beberapa tempat yang lebih padat di Bumi, telah menyebabkan konflik yang signifikan dengan manusia .
     Harimau adalah salah satu megafauna karismatik yang paling dikenal dan populer di dunia. Ini menonjol dalam mitologi kuno dan cerita rakyat dan terus digambarkan dalam film dan sastra modern, muncul di banyak bendera , lambang dan sebagai maskot untuk tim olahraga. Harimau adalah hewan nasional India , Bangladesh , Malaysia , dan Korea Selatan .

Etimologi
   Tigre Inggris Tengah dan tigra Inggris Kuno (jamak)  berasal dari tigre Prancis Lama, dari tigris Latin . Ini adalah pinjaman Yunani Klasik τίγρις (ditransliterasikan sebagai tigris , nama spesies modern), pinjaman luar negeri yang tidak diketahui asalnya yang berarti "harimau" serta sungai Tigris . Sumber aslinya mungkin tigra Persia (runcing atau tajam), dan Avestan tigrhi (panah), mungkin merujuk pada kecepatan lompatan harimau, meskipun kata-kata ini tidak diketahui memiliki makna yang terkait dengan harimau.
     Nama genus Panthera dapat dilacak ke pantère Prancis Lama , dari panthera Latin , dari panthera Yunani Kuno , kemungkinan besar dengan arti asli "hewan kekuningan", atau dari pandarah yang berarti "keputihan-kuning",  mungkin terkait dengan pundarikas bahasa Sansekerta ( harimau). Turunan dari bahasa Yunani pan- ("all") dan ther ("beast") kemungkinan besar adalah etimologi rakyat yang salah.

Taksonomi dan genetika
Pada 1758, Carl Linnaeus menggambarkan harimau dalam karyanya Systema Naturae dan memberinya nama ilmiah Felis tigris . Pada tahun 1929, ahli taksonomi Inggris, Reginald Innes Pocock, menempatkan spesies di bawah genus Panthera menggunakan nama ilmiah Panthera tigris . 

Evolusi
    Hubungan filogenetik harimau. Pemulihan Panthera zdanskyi , kerabat yang punah yang sisa-sisa tertua ditemukan di barat laut Cina, menunjukkan asal usul garis keturunan harimau. Kerabat terdekat harimau yang hidup sebelumnya dianggap sebagai singa Panthera , macan tutul dan jaguar. Hasil analisis genetik menunjukkan bahwa sekitar 2,88 juta tahun yang lalu, garis keturunan harimau dan macan tutul salju menyimpang dari spesies Panthera lainnya, dan bahwa keduanya mungkin lebih dekat satu sama lain daripada dengan singa, macan tutul dan jaguar. Hasil studi filogeografi menunjukkan bahwa semua harimau yang hidup memiliki leluhur yang sama 72.000–108.000 tahun yang lalu.
     Sisa-sisa fosil harimau Longdan ditemukan di provinsi Gansu di barat laut Cina. Spesies ini hidup pada awal masa Pleistosen , sekitar 2 juta tahun yang lalu, dan dianggap sebagai saudara perempuan taxon dari harimau modern. Itu seukuran jaguar dan mungkin memiliki pola mantel yang berbeda. Meskipun dianggap lebih " primitif ", harimau Longdan secara fungsional dan mungkin secara ekologis mirip dengan harimau modern. Karena ia hidup di barat laut Cina, itu mungkin tempat asal garis keturunan harimau. Ukuran harimau bertambah besar, kemungkinan sebagai respons terhadap radiasi adaptif dari spesies mangsa seperti rusa dan burung , yang mungkin terjadi di Asia Tenggara pada masa Pleistosen awal.
    Fosil harimau sejati yang paling awal diketahui dari endapan Pleistosen awal dan menengah di Cina dan Sumatra, sekitar 2 juta tahun yang lalu. Harimau Trinil ( Panthera tigris trinilensis ) hidup sekitar 1,2 juta tahun yang lalu dan diketahui dari fosil yang ditemukan di Trinil di Jawa . Harimau Wanhsien , Ngandong , Trinil, dan Jepang punah pada zaman prasejarah .  Harimau pertama kali mencapai India dan Asia utara pada akhir Pleistosen, mencapai Beringia timur, Jepang , dan Sakhalin . Beberapa tengkorak fosil secara morfologis berbeda dari tengkorak singa, yang dapat menunjukkan keberadaan harimau di Alaska selama periode glasial terakhir , sekitar 100.000 tahun yang lalu. Fosil yang ditemukan di Jepang menunjukkan harimau lokal lebih kecil dari bentuk daratan, mungkin karena dwarfisme pulau .
    Rentang potensial harimau selama Late Pleistocene dan Holocene diperkirakan menerapkan pemodelan ceruk ekologis berdasarkan lebih dari 500 catatan lokalitas harimau dikombinasikan dengan data bioklimatik . Model yang dihasilkan menunjukkan kisaran harimau yang berdekatan dari India selatan ke Siberia pada Maksimum Es Terakhir , yang mengindikasikan aliran gen yang tidak terhalang antara populasi harimau di daratan Asia sepanjang Late Pleistocene dan Holocene. Populasi harimau di Kepulauan Sunda dan daratan Asia mungkin dipisahkan selama periode interglasial .
Urutan genom lengkap harimau ini diterbitkan pada 2013. Ditemukan memiliki komposisi pengulangan yang sama dari genom kucing lainnya dan sintaksis yang cukup terjaga .

Subspesies terbaru
   Mengikuti deskripsi pertama Linnaeus tentang spesies, beberapa spesimen harimau dideskripsikan dan diusulkan sebagai subspesies .  Validitas beberapa subspesies harimau dipertanyakan pada tahun 1999. Sebagian besar subspesies diduga yang digambarkan pada abad ke-19 dan ke-20 dibedakan berdasarkan panjang dan warna bulu, pola garis-garis dan ukuran tubuh, karenanya karakteristik yang sangat bervariasi dalam populasi. Secara morfologis , harimau dari daerah yang berbeda sedikit bervariasi, dan aliran gen antara populasi di wilayah tersebut dianggap mungkin terjadi selama masa Pleistosen . Oleh karena itu, diusulkan untuk mengenali hanya dua subspesies harimau yang valid, yaitu P.t. tigris di daratan Asia, dan P.t. sondaica di Kepulauan Sunda Besar dan mungkin di Sundaland .
     Hasil analisis kraniologis 111 tengkorak harimau dari negara-negara Asia Tenggara menunjukkan bahwa tengkorak harimau Sumatra berbeda dari tengkorak harimau Indochinese dan Jawa, sedangkan tengkorak harimau Bali ukurannya hampir sama dengan tengkorak harimau Jawa. Penulis mengusulkan untuk mengklasifikasikan harimau Sumatra dan Jawa sebagai spesies yang berbeda, P. sumatrae dan P. sondaica dengan harimau Bali sebagai subspesies P. sondaica balica .
    Pada 2015, ciri-ciri morfologis, ekologis, dan molekuler dari semua subspesies harimau diduga dianalisis dengan pendekatan gabungan. Hasil mendukung perbedaan dari dua kelompok evolusi, benua dan harimau Sunda. Para penulis mengusulkan pengakuan hanya dua subspesies, yaitu P. t. Tigris terdiri dari populasi harimau Bengal, Malayan, Indochinese, Cina Selatan, Siberia dan Kaspia, dan P. t. sondaica yang terdiri dari populasi harimau Jawa, Bali, dan Sumatra. Para penulis juga mencatat bahwa klasifikasi ulang ini akan mempengaruhi pengelolaan konservasi harimau.  Seorang spesialis konservasi menyambut baik proposal ini karena akan membuat program penangkaran dan pemulihan harimau di masa depan yang lebih mudah di kebun binatang. Seorang ahli genetika skeptis terhadap penelitian ini dan berpendapat bahwa sembilan subspesies yang saat ini dikenal dapat dibedakan secara genetik.
    Pada tahun 2017, Gugus Tugas Klasifikasi Kucing dari Kelompok Spesialis Kucing IUCN merevisi taksonomi hewan dan sekarang mengakui populasi harimau di benua Asia sebagai P. t. Tigris , dan orang-orang di Kepulauan Sunda sebagai P. t. sondaica . Tabel berikut didasarkan pada klasifikasi spesies Panthera tigris yang disediakan dalam Spesies Mamalia Dunia .  Ini juga mencerminkan klasifikasi yang digunakan oleh Satuan Tugas Klasifikasi Cat pada tahun 2017.

Hibrida
   Informasi lebih lanjut: Felid hybrid , Panthera hybrid , Liger , dan Tigon . Singa telah dikenal untuk berkembang biak dengan harimau di penangkaran untuk membuat hibrida yang disebut harimau dan harimau . Mereka berbagi kualitas fisik dan perilaku kedua spesies induk.  Hibrida semacam itu dulunya biasa dibiakkan di kebun binatang, tetapi ini sekarang tidak dianjurkan karena penekanan pada konservasi.  Liger adalah persilangan antara singa jantan dan harimau betina. Liger biasanya berukuran antara 10 dan 12 kaki (3,0 dan 3,7 m), dan dapat memiliki berat antara 800 dan 1.000 lb (360 dan 450 kg) atau lebih.  Karena singa betina meneruskan gen pemacu pertumbuhan, tetapi gen penghambat pertumbuhan terkait dari harimau betina tidak ada, liger tumbuh jauh lebih besar daripada spesies induk.
    Tigon yang kurang umum adalah persilangan antara singa betina dan harimau jantan.  Karena harimau jantan tidak mewariskan gen pemacu pertumbuhan dan singa betina meneruskan gen penghambat pertumbuhan, harimau memiliki ukuran yang sama dengan orang tua mereka. Betina terkadang subur dan kadang-kadang melahirkan litigon ketika dikawinkan dengan singa jantan Asia . 

Karakteristik
    Meskipun tengkorak harimau mirip dengan singa, struktur rahang bawah adalah indikator yang dapat diandalkan spesies. Harimau memiliki tubuh berotot dengan kaki depan yang kuat, kepala besar dan ekor yang panjangnya sekitar setengah. Pelage- nya padat dan berat, dan pewarnaannya bervariasi antara nuansa oranye dan cokelat dengan area perut putih dan garis-garis hitam vertikal khas yang unik pada setiap individu.
   Garis-garis kemungkinan menguntungkan untuk kamuflase di vegetasi seperti rumput panjang dengan pola cahaya dan naungan vertikal yang kuat.  Harimau adalah salah satu dari hanya beberapa spesies kucing bergaris; tidak diketahui mengapa pola bintik dan mawar adalah pola kamuflase yang lebih umum di antara felid.  Pola mantel harimau masih terlihat saat dicukur . Ini bukan karena pigmentasi kulit, tetapi karena folikel janggut dan rambut yang tertanam di kulit, mirip dengan janggut manusia (sehari-hari bayangan jam lima ), dan sama dengan kucing besar lainnya.
     Mereka memiliki pertumbuhan bulu seperti surai di sekitar leher dan rahang dan kumis panjang, terutama pada pria. Pupilnya melingkar dengan iris kuning. Telinga kecil dan bulat memiliki bercak putih menonjol di bagian belakang, dikelilingi oleh warna hitam.  Ini "eyespots" palsu, yang disebut ocelli , tampaknya memainkan peran penting dalam komunikasi antar spesies. 
    Tengkorak harimau mirip dengan tengkorak singa , dengan daerah frontal biasanya kurang tertekan atau rata, dan daerah postorbital yang sedikit lebih panjang. Tengkorak singa menunjukkan lubang hidung yang lebih luas. Karena variasi dalam ukuran tengkorak kedua spesies, struktur rahang bawah adalah indikator yang dapat diandalkan untuk identifikasi mereka. Macan memiliki gigi yang cukup kekar; taringnya yang agak melengkung adalah yang terpanjang di antara felid yang masih hidup dengan tinggi mahkota hingga 90 mm (3,5 in). 

Ukuran
    Harimau siberia , harimau terbesar di penangkaran , tetapi tidak di alam liar, dan harimau tertinggi di bahu, selain harimau Bengal. Harimau adalah yang paling bervariasi dalam ukuran semua spesies kucing besar.  Ada dimorfisme seksual yang menonjol antara pria dan wanita, dengan yang terakhir secara konsisten lebih kecil daripada pria. Perbedaan ukuran antara jantan dan betina secara proporsional lebih besar pada subspesies harimau besar, dengan jantan yang beratnya mencapai 1,7 kali lebih banyak daripada betina. Laki-laki juga memiliki bantalan kaki depan yang lebih luas daripada perempuan, memungkinkan gender untuk diceritakan dari trek.
    Secara umum, jantan memiliki panjang total bervariasi dari 250 hingga 390 cm (8,2 hingga 12,8 kaki) dan berat antara 90 hingga 306 kg (198 hingga 675 lb) dengan panjang tengkorak berkisar antara 316 hingga 383 mm (12,4 hingga 15,1 in). Betina memiliki panjang total bervariasi dari 200 hingga 275 cm (6,56 hingga 9,02 kaki), berat 65 hingga 167 kg (143 hingga 368 lb) dengan panjang tengkorak berkisar antara 268 hingga 318 mm (0,879 hingga 1,043 kaki).  Harimau liar terberat yang pernah dilaporkan memiliki panjang tubuh total 3,38 m (11,1 kaki) di atas kurva.  Dalam kedua jenis kelamin, ekor mewakili sekitar 0,6 hingga 1,1 m (24 hingga 43 in) dari total panjang.
    Harimau Siberia jantan besar mencapai panjang total lebih dari 3,5 m (11,5 kaki) di atas kurva dan 3,3 m (10,8 kaki) di antara pasak , dengan berat setidaknya 300 kg (660 lb). Ini jauh lebih besar dari berat 75 hingga 140 kg (165 hingga 309 lb) yang dicapai oleh harimau Sumatra . Di pundak, harimau dapat berdiri dengan tinggi 0,3 hingga 1,22 m (2,3 hingga 4,0 kaki).  Harimau tawanan terberat adalah harimau Siberia dengan berat 465 kg (1.025 lb). Telah dihipotesiskan bahwa ukuran tubuh populasi harimau yang berbeda dapat berkorelasi dengan iklim dan dijelaskan oleh termoregulasi dan aturan Bergmann , atau dengan distribusi dan ukuran spesies mangsa yang tersedia.
    Namun, harimau liar terberat yang tercatat adalah harimau Bengal dari India utara yang ditembak pada tahun 1967. Beratnya diperkirakan 388,7 kg (857 lb), meskipun perlu dicatat bahwa ia memiliki makanan berat sebelum itu. terbunuh, yang tanpanya akan jauh lebih ringan.  Demikian juga, panjang rekor untuk tengkorak harimau adalah 16,25 inci (413 mm) "di atas tulang" untuk harimau yang ditembak pada tahun 1927 di India utara.
    Harimau Bengal dan Siberia adalah salah satu kucing tertinggi di ketinggian bahu.  Mereka juga diperingkat dengan harimau Kaspia di antara kucing terbesar yang pernah ada.  Namun, rata-rata, harimau Siberia jantan dewasa liar yang memiliki berat badan 176,4 kilogram (389 lb) dikalahkan oleh orang dewasa, harimau Bengal jantan dengan berat 196 kilogram (432 lb). Harimau putih , varian warna resesif ini ditemukan di harimau Bengal, dan dengan garis-garis biasa dan mata biru. Itu bukan albinisme

Variasi warna
    Alel terkenal yang hanya ditemukan di populasi Bengal menghasilkan harimau putih , varian warna yang pertama kali dicatat di Kerajaan Mughal pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17. Secara genetik, warna putih bersifat resesif : seekor anak kucing berwarna putih hanya ketika kedua orang tuanya membawa alel untuk warna putih. Ini bukan albinisme , pigmen tampak jelas pada garis-garis harimau putih dan di mata biru mereka.  Mutasi kausatif mengubah asam amino tunggal dalam protein transporter SLC45A2 . Harimau putih lebih sering dikawinkan di penangkaran, di mana kumpulan gen yang relatif kecil dapat menyebabkan per
kawinan sedarah . Ini memberi harimau putih kemungkinan lebih besar terlahir dengan cacat fisik, seperti langit-langit mulut sumbing , skoliosis (kelengkungan tulang belakang), dan strabismus (juling).
    Harimau albino sejati memang ada dan dapat disebut harimau "salju putih". Dalam morf warna ini, garis-garisnya sangat redup pada tubuh sementara ekornya memiliki cincin coklat kemerahan pucat. Harimau emas , morf warna lain, memiliki bulu keemasan pucat dengan nada pirang dan garis-garis coklat kemerahan. Jenis ini jarang direkam di alam liar. Salju putih dan harimau emas homozigot untuk gen CORIN .

Distribusi dan habitat
    Distribusi sejarah. Populasi harimau dulunya tersebar luas di seluruh Asia , dari Laut Hitam di barat hingga Kolyma dan Sumatra di timur dan Samudera Hindia di selatan. Selama 100 tahun terakhir, spesies ini telah kehilangan 93% dari kisaran historisnya dan telah punah dari Asia Barat dan Tengah , pulau-pulau Jawa dan Bali dan sebagian besar wilayah Asia Tenggara , Selatan dan Timur . Saat ini, habitat ekologisnya termasuk taiga Siberia serta padang rumput terbuka dan rawa-rawa bakau tropis, dan telah diklasifikasikan sebagai terancam punah dalam Daftar Merah IUCN .
    Alasan utama penurunan populasi termasuk perusakan habitat , fragmentasi habitat dan perburuan liar . Luas wilayah yang dihuni harimau diperkirakan kurang dari 1.184.911 km 2 (457.497 mil persegi), penurunan 41% dari pertengahan 1990-an. Populasi liar global diperkirakan berjumlah antara 3.062 dan 3.948 individu, turun dari sekitar 100.000 pada awal abad ke-20, dengan sebagian besar populasi yang tersisa terjadi di kantong-kantong kecil yang terisolasi satu sama lain dan dengan 2.000 populasi total yang hidup di anak benua India. .
    Pada tahun 2016, perkiraan populasi harimau liar global sekitar 3.890 individu dipresentasikan pada Konferensi Tingkat Menteri Asia Ketiga tentang Konservasi Harimau.  WWF kemudian menyatakan bahwa jumlah harimau liar di dunia telah meningkat untuk pertama kalinya dalam satu abad. 
     Pada akhir periode glasial terakhir sekitar 20.000 tahun yang lalu, harimau itu tersebar luas dari Wilayah Anatolia Timur dan Mesopotamia , di Asia Tengah hingga Siberia timur dan Asia Selatan dan Asia Tenggara hingga pulau-pulau Indonesia di Jawa, Bali, dan Sumatra.  Hari ini, harimau secara regional punah di Afghanistan , Ukraina , Kazakhstan , Kirgistan , Tajikistan , Turkmenistan , Iran , Pakistan, dan Singapura.
     Sisa-sisa fosil harimau digali di Sri Lanka, Cina, Jepang , Sarawak , dan Pulau Palawan Filipina yang berasal dari Pliosen akhir, Pleistosen , dan Holosen Awal.  Harimau Borneo rupanya hadir di Kalimantan antara Pleistosen Akhir hingga Holosen, tetapi mungkin telah punah pada zaman prasejarah. 
    Selama abad ke-20, harimau menjadi punah di Asia Barat dan Tengah , dan di sejumlah Kepulauan Sunda, dan terbatas pada kantong-kantong terisolasi di bagian-bagian yang tersisa dari jangkauan mereka. Mereka punah di pulau Bali pada 1940-an, di sekitar Laut Kaspia pada 1970-an, dan di Jawa pada 1980-an. Ini adalah akibat dari hilangnya habitat dan pembunuhan harimau dan mangsa harimau yang sedang berlangsung.
    Saat ini, jangkauan mereka yang terfragmentasi dan terisi secara signifikan meluas ke timur dari India ke Bangladesh , Bhutan , Nepal , Myanmar , Thailand , Kamboja , Laos , Vietnam , Cina , Malaysia , Indonesia , Korea Utara , dan Rusia . Batas utara jangkauan mereka dekat dengan Sungai Amur di Siberia tenggara. Satu-satunya pulau besar yang masih mereka tinggali adalah Sumatra .  Sejak awal abad ke-20, kisaran sejarah harimau menyusut 93%. Pada dekade 1997 hingga 2007, perkiraan wilayah yang diketahui ditempati harimau telah menurun 41%.
    Harimau menempati berbagai jenis habitat , tetapi biasanya akan membutuhkan tutupan yang cukup, kedekatan dengan air , dan mangsa yang berlimpah. Ini lebih suka vegetasi yang lebat, yang warna kamuflasenya sangat cocok, dan di mana predator tunggal tidak dirugikan dibandingkan dengan banyak kucing dalam kebanggaan . Persyaratan habitat selanjutnya adalah penempatan lokasi sarang yang cocok, yang dapat terdiri dari gua, pohon berlubang besar, atau vegetasi lebat.  Harimau Benggala khususnya hidup di banyak jenis hutan, termasuk hutan basah, hijau abadi , dan semi hijau abadi Assam dan Bengal timur, hutan bakau berawa di Delta Gangga , hutan gugur di Terai , dan hutan duri di Ghats Barat . Di berbagai bagian wilayahnya, ia mendiami atau menghuni padang rumput dan sabana yang sebagian terbuka serta hutan taiga dan habitat berbatu. 

Biologi dan perilaku
   Harimau merasa nyaman di air dan sering mandi. Kegiatan sosial dan sehari-hari, Seekor harimau tawanan berenang dan bermain dengan sepotong kayu di kolam. Ketika tidak terganggu manusia, harimau itu terutama diurnal . Tidak sering memanjat pohon tetapi kasing sudah dicatat.  Ia adalah perenang yang kuat dan sering mandi di kolam, danau, dan sungai, sehingga tetap sejuk dalam panasnya hari.  Individu dapat menyeberangi sungai dengan lebar 7 km (4,3 mil) dan berenang hingga 29 km (18 mil) dalam sehari. Selama tahun 1980-an, seekor harimau bernama "Jenghis" di Taman Nasional Ranthambhore diamati sering berburu mangsa melalui air danau yang dalam.
    Harimau adalah spesies jangka panjang, dan individu tersebar hingga jarak 650 km (400 mil) untuk mencapai populasi harimau di daerah lain.  Harimau berkerah radio di Taman Nasional Chitwan mulai menyebar dari daerah kelahiran mereka paling awal pada usia 19 bulan. Empat betina tersebar antara 0 dan 43,2 km (0,0 dan 26,8 mi), dan 10 jantan antara 9,5 dan 65,7 km (5,9 dan 40,8 mi). Tak satu pun dari mereka melintasi area budidaya terbuka yang lebarnya lebih dari 10 km (6,2 mil), tetapi bergerak melalui habitat hutan.
     Harimau dewasa sebagian besar hidup sendirian. Mereka membangun dan memelihara wilayah tetapi memiliki wilayah jelajah yang lebih luas di mana mereka berkeliaran. Orang dewasa residen dari kedua jenis kelamin umumnya membatasi gerakan mereka ke daerah asal mereka, di mana mereka memenuhi kebutuhan mereka dan anak-anak mereka yang sedang tumbuh. Individu yang berbagi area yang sama menyadari pergerakan dan aktivitas masing-masing.
     Ukuran wilayah jelajah utamanya tergantung pada kelimpahan mangsa, wilayah geografis, dan jenis kelamin individu tersebut.  Di India, wilayah jelajah tampaknya 50 hingga 1.000 km 2 (19 hingga 386 mil persegi) sementara di Manchuria, rentangnya berkisar dari 500 hingga 4.000 km 2 (190 hingga 1.540 mil persegi). Di Nepal, wilayah yang dilindungi tercatat 19 hingga 151 km 2 (7,3 hingga 58,3 mil persegi) untuk pria dan 10 hingga 51 km 2 (3,9 hingga 19,7 mil persegi) untuk wanita.
      Harimau betina muda membangun wilayah pertama mereka dekat dengan ibu mereka. Tumpang tindih antara wilayah betina dan ibunya berkurang seiring waktu. Laki-laki, bagaimanapun, bermigrasi lebih jauh dari rekan-rekan perempuan mereka dan berangkat pada usia yang lebih muda untuk menandai daerah mereka sendiri . Seorang laki-laki muda memperoleh wilayah dengan mencari daerah yang tidak memiliki harimau jantan lain, atau dengan hidup sebagai orang sementara di wilayah jantan lain sampai ia lebih tua dan cukup kuat untuk menantang jantan yang tinggal di sana. Laki-laki muda yang ingin membangun diri mereka sendiri terdiri dari tingkat kematian tertinggi (30-35% per tahun) di antara harimau dewasa.
      Untuk mengidentifikasi wilayahnya, jantan menandai pohon dengan menyemprotkan air seni dan sekresi kelenjar anal , serta menandai jalan setapak dengan sebaran dan menandai pohon atau tanah dengan cakar mereka. Betina juga menggunakan "goresan" ini, serta tanda-tanda urine dan kotoran. Tanda aroma jenis ini memungkinkan seseorang untuk mengambil informasi tentang identitas, jenis kelamin, dan status reproduksi orang lain. Wanita dalam estrus akan memberi sinyal ketersediaan mereka dengan menandai aroma lebih sering dan meningkatkan vokalisasi mereka. 
     Meskipun sebagian besar saling menghindari, harimau tidak selalu teritorial dan hubungan antar individu bisa menjadi rumit. Orang dewasa dari kedua jenis kelamin kadang-kadang akan berbagi pembunuhannya dengan orang lain, bahkan mereka yang mungkin tidak berhubungan dengan mereka.
    George Schaller mengamati seekor jantan berbagi pembunuhan dengan dua betina dan empat anaknya. Tidak seperti singa jantan, harimau jantan memungkinkan betina dan anaknya untuk makan pada pembunuhan sebelum jantan selesai dengan itu; semua yang terlibat umumnya berperilaku damai, berbeda dengan perilaku kompetitif yang ditunjukkan oleh kebanggaan singa. Dalam bukunya Tiger , Stephen Mills menggambarkan sebuah acara makan sosial yang disaksikan oleh Valmik Thapar dan Fateh Singh Rathore di Taman Nasional Ranthambhore sebagai berikut:
      Harimau betina dominan yang mereka sebut Padmini membunuh nilgai jantan 250 kg (550 lb) - kijang yang sangat besar. Mereka menemukannya di pembunuhan tepat setelah fajar dengan tiga anaknya yang berumur 14 bulan dan mereka menyaksikan tanpa gangguan selama sepuluh jam berikutnya. Selama periode ini keluarga itu diikuti oleh dua betina dewasa dan satu jantan dewasa, semuanya keturunan dari tandu Padmini sebelumnya, dan oleh dua harimau yang tidak terkait, satu betina yang lain tidak dikenal. Pada pukul tiga, tidak kurang dari sembilan harimau di sekitar pembunuhan.
     Kadang-kadang, harimau jantan berpartisipasi dalam memelihara anak, biasanya mereka sendiri, tetapi ini sangat jarang dan tidak selalu dipahami dengan baik. Pada Mei 2015, harimau Amur difoto oleh jebakan kamera di Cagar Alam Sikhote-Alin Bioshpere. Foto-foto menunjukkan harimau Amur jantan lewat, diikuti oleh betina dan tiga anaknya dalam rentang waktu sekitar dua menit.  Di Ranthambore, seekor harimau jantan Bengal memelihara dan membela dua anak perempuan yatim piatu setelah ibu mereka meninggal karena sakit. Anak-anaknya tetap di bawah asuhannya, ia memberi mereka makanan, melindungi mereka dari saingan dan saudara perempuannya, dan tampaknya juga melatih mereka.
    Harimau jantan pada umumnya lebih tidak toleran terhadap jantan lain di dalam wilayah mereka daripada betina jantan dari betina lainnya. Sengketa wilayah biasanya diselesaikan dengan menunjukkan intimidasi daripada agresi langsung. Beberapa insiden seperti itu telah diamati di mana harimau bawahan menghasilkan kekalahan dengan berguling-guling dan menunjukkan perutnya dalam sikap tunduk.
 Setelah dominasi didirikan, seorang pria dapat mentoleransi bawahan dalam jangkauannya, selama mereka tidak tinggal di tempat yang terlalu dekat.  Perselisihan paling agresif cenderung terjadi antara dua pria ketika seorang wanita berada di dalam estrus, dan mungkin jarang berakibat kematian salah satu pria.
      Ekspresi wajah termasuk "ancaman pertahanan", di mana seseorang membuka giginya, meratakan telinga dan pupilnya membesar. Baik jantan dan betina menunjukkan respons flehmen , seringai khas, ketika mengendus tanda urin tetapi flehmen lebih sering dikaitkan dengan laki-laki yang mendeteksi tanda yang dibuat oleh harimau betina di oestrus. Seperti Panthera lainnya, harimau mengaum , khususnya dalam situasi agresif, selama musim kawin atau ketika melakukan pembunuhan. Ada dua raungan yang berbeda: raungan "benar" dibuat dengan menggunakan alat hyoid dan dipaksa melalui mulut terbuka ketika semakin tertutup, raungan "batuk" yang lebih pendek dan lebih keras dibuat dengan mulut terbuka dan gigi terbuka.
     Raungan "sejati" dapat didengar hingga 3 km (1,9 mil) jauhnya dan kadang-kadang dipancarkan tiga atau empat kali berturut-turut. Ketika tegang, harimau akan mengerang, suara yang mirip dengan raungan tetapi lebih tenang dan dibuat ketika mulut sebagian atau seluruhnya tertutup. Mengerang terdengar sejauh 400 m (1.300 kaki). Menghirup , lembut, frekuensi rendah seperti mendengkur pada kucing kecil, terdengar dalam situasi yang lebih bersahabat. Komunikasi vokal lainnya termasuk dengusan, pakan, geraman, miaows, desis, dan geraman. 

Perburuan dan Makanan
     Seekor harimau dewasa menunjukkan gigi seri, taring dan bagian dari gigi premolar dan molar, saat menguap di Kebun Binatang Franklin Park. Harimau Bengal menundukkan babi hutan India di Taman Nasional Tadoba. Di alam liar, harimau kebanyakan memakan hewan besar dan sedang, lebih suka ungulata dengan berat setidaknya 90 kg (200 lb).  Mereka biasanya memiliki sedikit atau tidak ada efek buruk pada populasi mangsa mereka. Rusa sambar , chital , barasingha , babi hutan , gaur , nilgai dan kerbau air dan kerbau domestik adalah mangsa harimau di India. Mereka juga memangsa predator lain, termasuk anjing, macan tutul, ular sanca, beruang sloth , dan buaya.
     Di Siberia, spesies mangsa utama adalah wapiti Manchuria dan babi hutan (dua spesies yang terdiri hampir 80% dari mangsa yang dipilih) diikuti oleh sika rusa , rusa, rusa roe , dan rusa kesturi .  Beruang hitam Asia dan beruang coklat Ussuri juga dapat menjadi mangsa harimau, dan mereka merupakan 40,7% dari makanan harimau Siberia tergantung pada kondisi lokal dan populasi beruang.  Di Sumatera, mangsa termasuk rusa sambar, muntjac , babi hutan, tapir Melayu dan orangutan .  Seperti banyak pemangsa, harimau adalah oportunistik dan mungkin memakan mangsa yang lebih kecil, seperti monyet , merak dan burung - burung berbasis darat lainnya, kelinci , landak , dan ikan .
     Harimau umumnya tidak memangsa gajah dewasa Asia dan badak India dewasa, tetapi insiden telah dilaporkan.  Lebih sering, anak sapi kecil yang lebih rentan diambil. Namun, kadang-kadang badak dewasa justru jatuh menjadi korban harimau, seperti yang telah didokumentasikan setidaknya dalam tiga insiden terpisah. Harimau dilaporkan menyerang dan membunuh gajah yang ditunggangi manusia selama perburuan harimau di abad ke-19.  Ketika dekat dengan manusia, harimau juga terkadang memangsa ternak domestik seperti sapi , kuda , dan keledai .
       Harimau tua atau terluka, tidak bisa menangkap mangsa liar, bisa menjadi pemakan manusia; pola ini sering muncul di seluruh India. Pengecualian ada di Sundarbans , di mana harimau yang sehat memangsa nelayan dan penduduk desa untuk mencari hasil hutan, sehingga manusia membentuk sebagian kecil dari makanan harimau. Meskipun hampir secara eksklusif adalah karnivora, harimau kadang-kadang akan memakan tumbuhan untuk serat makanan seperti buah dari pohon korek api yang lambat .
      Harimau dianggap terutama predator malam hari ,  tetapi di daerah di mana manusia tidak ada, dikendalikan jarak jauh, perangkap kamera tersembunyi merekam mereka berburu di siang hari. Mereka umumnya berburu sendiri dan menyergap mangsanya seperti kebanyakan kucing lain, mengalahkan mereka dari sudut manapun, menggunakan ukuran dan kekuatan tubuh mereka untuk membuat mangsa tidak seimbang. Perburuan yang berhasil biasanya mengharuskan harimau untuk melompat secara simultan ke buruannya, menjatuhkannya, dan mengambil tenggorokan atau tengkuk dengan giginya.
    Meskipun ukurannya besar, harimau dapat mencapai kecepatan sekitar 49-65 km / jam (30-40 mph) tetapi hanya dalam ledakan pendek; akibatnya, harimau harus dekat dengan mangsanya sebelum mereka membuka kedok. Jika mangsa menangkap kehadiran harimau sebelum ini, harimau biasanya meninggalkan perburuan daripada mengejar mangsa atau bertempur secara langsung. Lompatan horizontal hingga 10 m (33 kaki) telah dilaporkan, meskipun lompatan sekitar setengah jarak ini lebih khas. Satu dari 2 hingga 20 perburuan, termasuk menguntit di dekat mangsa potensial, berakhir dengan pembunuhan yang sukses. 
     Saat berburu binatang yang lebih besar, harimau lebih suka menggigit tenggorokan dan menggunakan kaki depan mereka yang kuat untuk memegang mangsanya, seringkali secara bersamaan menggulungnya ke tanah. Harimau itu tetap terkunci di leher sampai targetnya mati karena tercekik .
      Dengan metode ini, gaur dan kerbau dengan berat lebih dari satu ton telah dibunuh oleh harimau dengan berat sekitar seperenam.  Meskipun mereka dapat membunuh orang dewasa yang sehat, harimau sering memilih anak lembu atau lemah spesies yang sangat besar.
     Mangsa dewasa yang sehat dari jenis ini bisa berbahaya untuk diatasi, karena tanduk, kaki, dan gading yang kuat, semuanya berpotensi fatal bagi harimau. Tidak ada predator tanah lain yang ada secara rutin mengambil mangsa sebesar ini sendiri.  Sementara berburu sambar, yang terdiri hingga 60% dari mangsanya di India, harimau dilaporkan membuat tiruan panggilan rutting sambar jantan yang lumayan untuk menarik mereka.
    Dengan mangsa yang lebih kecil, seperti monyet dan kelinci, harimau menggigit tengkuknya , sering mematahkan sumsum tulang belakang , menusuk tenggorokan , atau memotong pembuluh darah jugularis atau arteri karotis umum .  Meskipun jarang diamati, beberapa harimau telah dicatat untuk membunuh mangsa dengan menggesekkan cakar mereka, yang cukup kuat untuk menghancurkan tengkorak sapi domestik,  dan mematahkan punggung beruang sloth .
     Setelah membunuh mangsanya, harimau terkadang menyeretnya untuk menyembunyikannya di tutupan vegetatif, biasanya menariknya dengan memegang dengan mulut mereka di lokasi gigitan pembunuhan. Ini juga membutuhkan kekuatan fisik yang besar. Dalam satu kasus, setelah membunuh gaur dewasa, seekor harimau diamati untuk menyeret bangkai besar lebih dari jarak 12 m (39 kaki). Ketika 13 pria secara bersamaan mencoba menyeret bangkai yang sama kemudian, mereka tidak dapat memindahkannya.  Seekor harimau dewasa dapat hidup hingga dua minggu tanpa makan, lalu memakan 34 kg (75 lb) daging sekaligus. Di penangkaran, harimau dewasa diberi makan 3 hingga 6 kg (6,6 hingga 13,2 lb) daging sehari.

Musuh dan pesaing
     Harimau diburu oleh anjing liar ( dholes ) seperti diilustrasikan dalam Samuel Howett & Edward Orme, Berwarna Tangan, Aquatint Engravings , 1807. Harimau biasanya lebih suka memakan mangsa yang telah mereka tangkap sendiri, tetapi tidak di atas memakan bangkai di saat kelangkaan dan bahkan mungkin membajak mangsa dari karnivora besar lainnya. Meskipun predator biasanya menghindari satu sama lain, jika item mangsa sedang dalam perselisihan atau pesaing serius ditemui, tampilan agresi adalah umum.
     Jika ini tidak cukup, konflik dapat berubah menjadi kekerasan; harimau dapat membunuh pesaing sebagai macan tutul , lubang pembuangan , hyena bergaris , serigala , beruang , ular sanca , dan buaya pada kesempatan. Harimau juga dapat memangsa pesaing ini. Serangan terhadap predator yang lebih kecil, seperti musang , lynx , dan rubah , hampir pasti adalah predator.  Buaya, beruang, dan bungkusan lubang besar bisa memenangkan konflik melawan harimau dan dalam beberapa kasus bahkan membunuh mereka. 
    Macan tutul yang jauh lebih kecil menghindari persaingan dari harimau dengan berburu di waktu yang berbeda dalam sehari dan berburu mangsa yang berbeda.  Di Taman Nasional Nagarhole India, sebagian besar mangsa yang dipilih oleh macan adalah dari 30 hingga 175 kg (66 hingga 386 lb) melawan preferensi untuk mangsa yang beratnya lebih dari 176 kg (388 lb) pada harimau. Berat rata-rata mangsa di masing-masing kucing besar di India adalah 37,6 kg (83 lb) melawan 91,5 kg (202 lb).
    Dengan mangsa yang relatif melimpah, harimau dan macan terlihat berhasil hidup berdampingan tanpa pengecualian kompetitif atau hierarki dominasi antarspesies yang mungkin lebih umum terjadi di sabana Afrika , tempat macan tutul ada bersama singa. Serigala emas dapat memakan membunuh harimau. Macan tampaknya menghuni bagian dalam hutan sementara predator yang lebih kecil seperti macan tutul dan lubang pembuangan didorong lebih dekat ke pinggiran.

Reproduksi
   
Dua anak bermain dengan bola sepak di Kebun Binatang Frankfurt. Perkawinan dapat terjadi sepanjang tahun, tetapi lebih umum antara November dan April. Seorang wanita hanya bisa menerima selama tiga sampai enam hari. Perkawinan sering dan berisik selama waktu itu. Kehamilan berkisar dari 93 hingga 112 hari, dengan rata-rata 103 hingga 105 hari. Sampah terdiri dari satu atau tiga anak, jarang sebanyak enam. Berat bayi masing-masing mulai dari 680 hingga 1.400 g (1,50 hingga 3,09 lb) saat lahir, dan dilahirkan buta. Wanita menyusui selama lima hingga enam bulan. Betina itu membesarkan mereka sendirian, dengan situs kelahiran dan sarang ibu di lokasi terlindung seperti semak belukar, gua atau celah berbatu.
      Sang ayah umumnya tidak mengambil bagian dalam pemeliharaan. Macan jantan yang berkeliaran yang tidak berhubungan sering membunuh anak-anak harimau untuk membuat betina reseptif, karena harimau betina dapat melahirkan sampah lain dalam waktu lima bulan jika anak-anak harimau dari kotoran sebelumnya hilang. Tingkat kematian anak harimau sekitar 50% dalam dua tahun pertama.  Beberapa predator lain menyerang anak harimau karena ketekunan dan keganasan sang ibu. Terlepas dari manusia dan harimau lainnya, penyebab umum kematian bayi adalah kelaparan, pembekuan, dan kecelakaan.
     Anak yang dominan muncul di sebagian besar tandu, biasanya laki-laki.  Anak ini lebih aktif daripada saudara-saudaranya dan memimpin dalam permainan mereka, akhirnya meninggalkan ibunya dan menjadi mandiri lebih awal. Anak-anaknya membuka mata mereka pada usia enam hingga empat belas hari. Pada delapan minggu, anak-anaknya melakukan perjalanan singkat ke luar sarang dengan ibu mereka, meskipun mereka tidak bepergian bersamanya saat dia menjelajah wilayahnya sampai mereka lebih tua.
       Anak-anaknya dirawat selama tiga hingga enam bulan. Sekitar waktu mereka disapih, mereka mulai menemani ibu mereka dalam perjalanan teritorial dan mereka diajarkan cara berburu. Anak-anaknya sering menjadi pemburu yang mampu (dan ukurannya hampir dewasa) pada usia sebelas bulan. Anak-anaknya menjadi mandiri sekitar usia delapan belas bulan, tetapi baru setelah mereka berusia dua hingga dua setengah tahun mereka sepenuhnya terpisah dari ibu mereka. Wanita mencapai kematangan seksual pada tiga hingga empat tahun, sedangkan pria melakukannya pada empat hingga lima tahun. Harimau tawanan tertua yang tercatat hidup selama 26 tahun. Spesimen liar, yang tidak memiliki predator alami, secara teori dapat hidup pada usia yang sebanding. Panjang generasi harimau sekitar delapan tahun. 

Konservasi
Status populasi harimau (2016) 
Jumlah Populasi Harimau di beberapa Negara Diperkirakan :
  • Bangladesh Bangladesh 106
  • Bhutan Bhutan 103
  • Kamboja Kamboja 0
  • Cina Cina > 7
  • India India 2.226
  • Indonesia Indonesia 371
  • Laos Laos 2
  • Malaysia Malaysia 250
  • Myanmar Myanmar tidak ada data
  • Nepal Nepal 198
  • Rusia Rusia 433
  • Thailand Thailand 189
  • Vietnam Vietnam <5
        Total 3.890

     Ancaman utama terhadap harimau termasuk perusakan habitat , fragmentasi habitat dan perburuan untuk bagian-bagian bulu dan tubuh, yang secara simultan telah sangat mengurangi populasi harimau di alam liar.
     Di India, hanya 11% dari habitat harimau bersejarah yang tersisa karena fragmentasi habitat. Permintaan akan bagian tubuh harimau untuk digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok juga telah disebut sebagai ancaman utama bagi populasi harimau.
      Pada awal abad ke-20, diperkirakan ada lebih dari 100.000 harimau di alam liar, tetapi populasinya telah menyusut di luar penangkaran menjadi antara 1.500 dan 3.500.  Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa ada kurang dari 2.500 individu pemuliaan dewasa, tanpa subpopulasi yang mengandung lebih dari 250 individu pemuliaan dewasa.  Populasi harimau liar global diperkirakan oleh World Wide Fund for Nature pada 3.200 pada 2011 dan 3.890 pada 2015— Vox melaporkan bahwa ini adalah peningkatan pertama dalam satu abad.
     India adalah rumah bagi populasi harimau liar terbesar di dunia.  Sensus 2014 memperkirakan populasi 2.226, meningkat 30% sejak 2011.  Pada tahun 1973, Proyek Tiger India, dimulai oleh Indira Gandhi , membangun banyak cadangan harimau. Proyek ini dikreditkan dengan tiga kali lipat jumlah harimau Bengal liar dari sekitar 1.200 pada tahun 1973 menjadi lebih dari 3.500 pada 1990-an, tetapi sensus 2007 menunjukkan bahwa jumlahnya telah turun kembali menjadi sekitar 1.400 harimau karena perburuan liar.
     Menyusul laporan itu, pemerintah India menjanjikan $ 153 juta untuk inisiatif ini, mengatur langkah-langkah untuk memerangi perburuan liar, menjanjikan dana untuk merelokasi hingga 200.000 penduduk desa untuk mengurangi interaksi manusia-harimau,  dan menyiapkan delapan cadangan harimau baru. [142] India juga memperkenalkan kembali harimau ke Cagar Alam Harimau Sariska  dan pada tahun 2009 diklaim bahwa perburuan telah berhasil diatasi di Taman Nasional Ranthambore . 
     Pada tahun 1940-an, harimau Siberia berada di ambang kepunahan dengan hanya sekitar 40 hewan yang tersisa di alam liar di Rusia. Akibatnya, kontrol anti-perburuan diberlakukan oleh Uni Soviet dan jaringan zona dilindungi ( zapovedniks ) dilembagakan, yang menyebabkan peningkatan populasi hingga beberapa ratus. Perburuan liar kembali menjadi masalah di tahun 1990-an, ketika ekonomi Rusia ambruk. Kendala utama dalam melestarikan spesies ini adalah wilayah yang sangat besar yang dibutuhkan harimau secara individu (hingga 450 km 2 dibutuhkan oleh satu perempuan dan lebih banyak untuk satu laki-laki).
    Upaya konservasi saat ini dipimpin oleh pemerintah daerah dan LSM bersama dengan organisasi internasional, seperti World Wide Fund for Nature dan Wildlife Conservation Society .  Pengecualian kompetitif serigala oleh harimau telah digunakan oleh para konservasionis Rusia untuk meyakinkan para pemburu agar mentolerir kucing besar. Macan memiliki dampak yang lebih kecil pada populasi hewan berkuku daripada serigala, dan efektif dalam mengendalikan jumlah yang terakhir. Pada 2005, diperkirakan ada sekitar 360 hewan di Rusia, meskipun ini menunjukkan sedikit keragaman genetik .  Namun, dalam satu dekade kemudian, sensus harimau Siberia diperkirakan 480 hingga 540 individu.
      Setelah sebelumnya menolak gerakan pencinta lingkungan yang dipimpin Barat, Cina mengubah pendiriannya pada 1980-an dan menjadi pihak dalam perjanjian CITES . Pada tahun 1993 ia telah melarang perdagangan bagian-bagian tubuh harimau, dan ini mengurangi penggunaan tulang harimau dalam pengobatan tradisional Tiongkok .
    Perdagangan orang Tibet di kulit harimau juga menjadi ancaman bagi harimau. Kulitnya digunakan dalam pakaian, chuba kulit harimau yang dipakai sebagai mode. Pada tahun 2006, Dalai Lama ke - 14 dibujuk untuk mengangkat masalah ini. Sejak itu telah terjadi perubahan sikap, dengan beberapa warga Tibet secara terbuka membakar chubas mereka.
     Pada tahun 1994, Strategi Konservasi Harimau Sumatera Indonesia membahas potensi krisis yang dihadapi harimau di Sumatera. Proyek Harimau Sumatera (STP) dimulai pada bulan Juni 1995 di dan sekitar Taman Nasional Way Kambas untuk memastikan kelangsungan hidup jangka panjang harimau Sumatra liar dan untuk mengumpulkan data tentang karakteristik sejarah kehidupan harimau yang vital untuk pengelolaan populasi liar. .
     Pada Agustus 1999, tim STP telah mengevaluasi 52 situs habitat harimau yang potensial di Provinsi Lampung, yang hanya 15 di antaranya yang cukup utuh untuk menampung harimau. 
   Dalam kerangka kerja STP, sebuah program konservasi berbasis masyarakat diinisiasi untuk mendokumentasikan dimensi manusia-harimau di taman nasional untuk memungkinkan otoritas konservasi menyelesaikan konflik manusia-harimau berdasarkan pada basis data yang komprehensif daripada anekdot dan pendapat.
     Wildlife Conservation Society dan Panthera Corporation membentuk kolaborasi Tigers Forever , dengan lokasi lapangan termasuk cagar harimau terbesar di dunia, Lembah Hukaung seluas 21.756 km 2 (8.400 sq mi) di Myanmar. Cadangan lainnya berada di Ghats Barat di India, Thailand, Laos, Kamboja, Timur Jauh Rusia yang mencakup total sekitar 260.000 km 2 (100.000 sq mi).
    Harimau telah dipelajari di alam liar menggunakan berbagai teknik. Populasi harimau telah diperkirakan menggunakan gips tanda kutip mereka, meskipun metode ini dikritik tidak akurat. Teknik yang lebih baru termasuk penggunaan perangkap kamera dan studi DNA dari kotoran harimau, sementara radio-collaring telah digunakan untuk melacak harimau di alam liar. Semprotan harimau ditemukan sama baiknya, atau lebih baik, sebagai sumber DNA daripada kotoran.
    Jumlah pasti harimau liar tidak diketahui, karena banyak perkiraan yang merupakan perkiraan yang sudah ketinggalan zaman atau berpendidikan; beberapa perkiraan didasarkan pada sensus ilmiah yang andal. Tabel ini menunjukkan perkiraan menurut akun Daftar Merah IUCN dan berbagai pemerintah negara dari 2009 hingga April 2016. 

Proyek rewilding dan reintroduksi
    Informasi lebih lanjut: Pemanasan Ulang (biologi konservasi) , Selamatkan Harimau Cina , Reintroduksi , dan Proyek Pengantar Harimau Siberia. Blesbok berburu harimau Cina Selatan yang telah dicetak ulang di Afrika Selatan. Pada tahun 1978, konservasionis India Billy Arjan Singh berusaha membesarkan harimau di Taman Nasional Dudhwa ; ini adalah tigress tigress yang dibiakkan.  Segera setelah pembebasan, banyak orang terbunuh dan dimakan oleh harimau betina yang kemudian ditembak. Pejabat pemerintah mengklaim itu adalah Tara, meskipun Singh membantahnya. Kontroversi lebih lanjut pecah dengan penemuan bahwa Tara sebagian adalah harimau Siberia.
      Organisasi Save China Tigers telah berupaya untuk membesarkan harimau China Selatan , dengan program pemuliaan dan pelatihan di cadangan Afrika Selatan yang dikenal sebagai Laohu Valley Reserve (LVR) dan akhirnya memperkenalkan mereka kembali ke alam liar Cina.
     Sebuah proyek pembangunan kembali di masa depan diusulkan untuk harimau Siberia yang akan diperkenalkan kembali ke taman Pleistocene Rusia utara. Harimau Siberia yang dikirim ke Iran untuk proyek penangkaran di Teheran akan dibangun kembali dan diperkenalkan kembali ke semenanjung Miankaleh , untuk menggantikan harimau Kaspia yang sekarang sudah punah. 

Hubungan dengan manusia
     Perburuan harimau. Harimau telah menjadi salah satu dari lima binatang buruan besar di Asia . Perburuan harimau terjadi dalam skala besar di awal abad ke-19 dan ke-20, menjadi olahraga yang diakui dan dikagumi oleh Inggris di India kolonial, serta maharaja dan kelas aristokrat dari negara-negara pangeran India pra-kemerdekaan sebelumnya. Seorang maharaja atau pemburu Inggris bisa mengklaim membunuh lebih dari seratus harimau dalam karier perburuan mereka.  Perburuan harimau dilakukan oleh beberapa pemburu dengan berjalan kaki; yang lain duduk di atas mesin dengan kambing atau kerbau diikat sebagai umpan; yang lain menggunakan punggung gajah.
     Secara historis, harimau telah diburu dalam skala besar sehingga kulit mereka yang bergaris-garis dapat dikumpulkan. Perdagangan kulit harimau memuncak pada 1960-an, tepat sebelum upaya konservasi internasional mulai berlaku. Pada 1977, kulit harimau di pasar Inggris dianggap bernilai US $ 4.250. 

Obat tradisional
     Banyak orang di Cina dan bagian Asia lainnya meyakini bahwa berbagai bagian harimau memiliki khasiat obat, termasuk sebagai penghilang rasa sakit dan afrodisiak . Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung kepercayaan ini. Penggunaan bagian tubuh harimau dalam obat-obatan farmasi di Tiongkok sudah dilarang, dan pemerintah telah membuat beberapa pelanggaran sehubungan dengan perburuan harimau yang dihukum mati. Lebih jauh, semua perdagangan bagian-bagian tubuh harimau ilegal berdasarkan Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah dan larangan perdagangan domestik telah diberlakukan di Tiongkok sejak tahun 1993.
     Namun, perdagangan bagian tubuh harimau di Asia telah menjadi industri pasar gelap utama dan upaya pemerintah dan konservasi untuk menghentikannya tidak efektif hingga saat ini.  Hampir semua pemasar gelap yang terlibat dalam perdagangan berbasis di China dan telah dikirim dan dijual di dalam negeri sendiri atau ke Taiwan , Korea Selatan atau Jepang .
      Subspesies Cina hampir sepenuhnya hancur oleh pembunuhan untuk perdagangan karena bagian dan perdagangan kulit pada 1950-an hingga 1970-an.  Berkontribusi pada perdagangan ilegal, ada sejumlah peternakan harimau di negara tersebut yang berspesialisasi dalam membiakkan kucing untuk keuntungan.
      Diperkirakan antara 5.000 dan 10.000 penangkaran, hewan setengah jinak hidup di peternakan ini hari ini.  Namun, banyak harimau untuk pasar gelap obat-obatan tradisional adalah harimau liar yang ditembak atau dijebak oleh pemburu liar dan dapat ditangkap di mana saja dalam jangkauan harimau yang tersisa (dari Siberia ke India ke Semenanjung Melayu ke Sumatra ).
      Di pasar gelap Asia, penis harimau bisa bernilai sekitar $ 300 dolar AS . Pada tahun 1990 hingga 1992, 27 juta produk dengan turunan harimau ditemukan. Pada Juli 2014 di sebuah konvensi internasional tentang spesies yang terancam punah di Jenewa , Swiss , seorang perwakilan Tiongkok mengakui untuk pertama kalinya pemerintahnya menyadari perdagangan kulit harimau terjadi di Tiongkok. 

 Serangan harimau
     Harimau liar yang belum pernah kontak dengan manusia secara aktif menghindari interaksi dengan manusia. Namun, harimau menyebabkan lebih banyak kematian manusia melalui serangan langsung daripada mamalia liar lainnya.  Serangan kadang-kadang diprovokasi, karena harimau menyerang setelah terluka saat mereka sendiri diburu. Serangan dapat diprovokasi secara tidak sengaja, seperti ketika manusia mengejutkan seekor harimau atau secara tidak sengaja terjadi antara seorang ibu dan anaknya, atau seperti dalam kasus di pedesaan India ketika seorang tukang pos mengejutkan seekor harimau, biasa melihatnya berjalan kaki, dengan menungganginya. sebuah sepeda.
    Terkadang harimau datang untuk melihat orang sebagai mangsa. Serangan seperti itu paling umum terjadi di daerah di mana pertumbuhan populasi, penebangan, dan pertanian telah memberi tekanan pada habitat harimau dan mengurangi mangsa liar mereka. Sebagian besar harimau pemakan manusia adalah gigi tua, hilang, dan tidak dapat menangkap mangsa yang mereka sukai.  Misalnya, Harimau Champawat , harimau betina yang ditemukan di Nepal dan kemudian India , memiliki dua gigi taring yang patah. Dia bertanggung jawab atas 430 kematian manusia, serangan terbanyak yang diketahui dilakukan oleh seekor binatang liar, pada saat dia ditembak pada tahun 1907 oleh Jim Corbett .
    Menurut Corbett, serangan harimau pada manusia biasanya terjadi pada siang hari, ketika orang bekerja di luar ruangan dan tidak berjaga-jaga.  Tulisan-tulisan awal cenderung menggambarkan harimau pemakan manusia sebagai pengecut karena taktik penyergapan mereka. 
     Foto stereografik (1903), diberi judul "Pemakan manusia 'yang terkenal di Calcutta — melahap 200 pria, wanita, dan anak-anak sebelum ditangkap — India" Pemakan manusia telah menjadi masalah khusus dalam beberapa dekade terakhir di India dan Bangladesh, terutama di Kumaon , Garhwal , dan hutan bakau Sundarbans di Bengal , di mana beberapa harimau sehat telah memburu manusia. Karena hilangnya habitat yang cepat karena perubahan iklim , serangan harimau meningkat di Sundarbans.
     Wilayah Sundarbans memiliki 129 kematian manusia dari harimau dari tahun 1969 hingga 1971. Dalam 10 tahun sebelum periode itu, sekitar 100 serangan per tahun di Sundarbans, dengan tinggi sekitar 430 pada beberapa tahun 1960-an.  Tidak seperti biasanya, dalam beberapa tahun di Sundarbans, lebih banyak manusia dibunuh oleh harimau daripada sebaliknya.  Pada tahun 1972, produksi madu dan lilin lebah India turun 50% ketika setidaknya 29 orang yang mengumpulkan bahan-bahan ini habis dimakan.
     Pada tahun 1986 di Sundarbans, karena harimau hampir selalu menyerang dari belakang, topeng dengan wajah manusia dikenakan di belakang kepala, dengan teori bahwa harimau biasanya tidak menyerang jika dilihat oleh mangsanya. Ini mengurangi jumlah serangan hanya sementara. Semua cara lain untuk mencegah serangan, seperti memberikan lebih banyak mangsa atau menggunakan boneka manusia beraliran listrik, bekerja kurang baik. 
   
Pada tahun 2018, otoritas India menggunakan Obsesi parfum oleh Calvin Klein , yang mengandung musk , untuk mencoba menarik dan dengan demikian menjebak harimau liar, yang disebut 'T-1', yang telah menyerang dan membunuh lebih dari selusin manusia.  Pada akhirnya, harimau itu terbunuh untuk membela diri, setelah menuntut mereka yang mencoba untuk menenangkannya. 
    Setidaknya 27 orang terbunuh atau terluka parah oleh harimau yang ditangkap di Amerika Serikat dari tahun 1998 hingga 2001. Dalam beberapa kasus, daripada menjadi predator, serangan harimau pada manusia tampaknya bersifat teritorial. Setidaknya dalam satu kasus, seekor harimau betina dengan anak-anaknya membunuh delapan orang memasuki wilayahnya tanpa memakannya sama sekali.

Ditangkap
    Foto publisitas pelatih hewan Gunther Gebel-Williams dengan beberapa harimau terlatihnya, mempromosikannya sebagai "superstar" dari Ringling Brothers and Barnum dan Bailey Circus sekitar tahun 1969. Pada zaman Romawi Kuno , harimau dipelihara dalam ancaman dan amphitheatre untuk dipamerkan, dilatih dan diarak, dan sering diprovokasi untuk memerangi manusia dan binatang buas eksotis.
     Sejak abad ke-17, harimau, yang langka dan ganas, dicari untuk tetap di istana Eropa sebagai simbol kekuatan pemiliknya.  Harimau menjadi pameran kebun binatang dan sirkus di abad ke-18: seekor harimau dapat berharga hingga 4.000 franc di Prancis (sebagai perbandingan, seorang profesor Beaux-Arts di Lyons hanya memperoleh 3.000 franc setahun), atau hingga $ 3.500 di Amerika Serikat, di mana singa harganya tidak lebih dari $ 1.000.
      China (2007) memiliki lebih dari 4.000 harimau, yang 3.000 di antaranya dimiliki oleh sekitar dua puluh fasilitas yang lebih besar, dan sisanya dimiliki oleh sekitar 200 fasilitas yang lebih kecil.  Amerika Serikat (2011) memiliki 2.884 harimau di 468 fasilitas.
             Sembilan belas negara bagian telah melarang kepemilikan harimau secara pribadi, lima belas negara memerlukan lisensi, dan enam belas negara bagian tidak memiliki peraturan.  Nenek moyang genetik dari 105 harimau yang ditangkap dari empat belas negara dan wilayah menunjukkan bahwa empat puluh sembilan hewan milik lima subspesies; lima puluh dua hewan memiliki asal campuran subspesies.  Karena itu, "banyak harimau Siberia di kebun binatang saat ini sebenarnya adalah hasil persilangan dengan harimau Bengal."
      Rencana Kelangsungan Hidup Spesies Harimau mengutuk perkembangbiakan harimau putih , menuduh mereka keturunan campuran dan keturunan yang tidak diketahui. Gen yang bertanggung jawab untuk pewarnaan putih diwakili oleh 0,001% dari populasi. Pertumbuhan yang tidak proporsional dalam jumlah harimau putih menunjukkan perkawinan sedarah di antara individu resesif homozigot . Ini akan menyebabkan depresi perkawinan sedarah dan hilangnya variabilitas genetik .

Penggambaran budaya
    Harimau dan kualitas superlatif mereka telah menjadi sumber daya tarik bagi umat manusia sejak zaman kuno, dan mereka secara rutin terlihat sebagai motif budaya dan media yang penting. Mereka juga dianggap sebagai salah satu megafauna karismatik , dan digunakan sebagai wajah kampanye konservasi di seluruh dunia. Dalam jajak pendapat online tahun 2004 yang dilakukan oleh saluran televisi kabel Animal Planet , yang melibatkan lebih dari 50.000 penonton dari 73 negara, harimau terpilih sebagai hewan favorit dunia dengan 21% suara, yang mengalahkan anjing itu.

Mitos dan legenda
    Dewi Hindu Durga mengendarai seekor harimau. Sekolah Guler, awal abad ke-18. Dalam mitos dan budaya Tiongkok , harimau adalah salah satu dari 12 hewan zodiak Tiongkok . Dalam seni Cina , harimau digambarkan sebagai simbol bumi dan saingan yang sama dari naga Cina - keduanya mewakili materi dan roh masing-masing. Seni bela diri Cina Selatan Hung Ga didasarkan pada gerakan harimau dan bangau. Di Kekaisaran Cina , seekor harimau adalah personifikasi perang dan sering kali mewakili jenderal militer tertinggi (atau sekretaris pertahanan masa kini), sementara kaisar dan permaisuri masing-masing diwakili oleh naga dan phoenix .
   
Macan Putih ( Tionghoa : 白虎 ; pinyin : Bai Hǔ ) adalah salah satu dari Empat Simbol rasi bintang Tiongkok . Kadang-kadang disebut Macan Putih Barat ( Cina : 西方 白虎 ), dan itu mewakili musim barat dan musim gugur. 
      Dalam Buddhisme , harimau adalah salah satu dari Tiga Makhluk Tanpa Sensual, melambangkan kemarahan, dengan monyet mewakili keserakahan dan mabuk cinta rusa. Orang- orang Tungus menganggap harimau Siberia sebagai dewa yang dekat dan sering menyebutnya sebagai "Kakek" atau "Orang tua". Udege dan Nanai menyebutnya "Amba". Manchu menganggap harimau Siberia sebagai "Hu Lin," raja. [67] Dalam agama Hindu , dewa Siwa memakai dan duduk di kulit harimau. Dewi prajurit sepuluh-bersenjata Durga mengendarai Damon betina (atau singa betina) ke dalam pertempuran. Di India selatan, dewa Ayyappan dikaitkan dengan seekor harimau
    Manusia serigala menggantikan manusia serigala dalam cerita rakyat yang berubah bentuk di Asia;  di India mereka penyihir jahat, sementara di Indonesia dan Malaysia mereka agak jinak. Dalam epos Hindu Mahabharata , harimau lebih ganas dan lebih kejam dari singa.Ekor harimau muncul dalam cerita-cerita dari negara-negara termasuk Cina dan Korea, yang secara umum tidak disarankan untuk memegang ekor harimau.

Sastra, seni, dan film
     Dalam puisi William Blake dalam Lagu Pengalaman , berjudul " The Tyger ," harimau adalah binatang yang mengancam dan menakutkan.  Dalam novel Man Booker Prize yang memenangkan Yann Martel, Life of Pi , sang protagonis, yang selamat dari kecelakaan kapal selama berbulan-bulan di atas kapal kecil, entah bagaimana menghindari dimakan oleh penyintas lainnya, seekor harimau Bengal yang besar. Kisah ini diadaptasi dalam film fitur 2012 Ang Lee dengan nama yang sama .
      Manusia-Pelahap Kumaon karya Jim Corbett tahun 1944 menceritakan sepuluh kisah nyata tentang eksploitasi berburu harimau di tempat yang sekarang menjadi wilayah Uttarakhand di India utara. Buku ini telah terjual lebih dari empat juta kopi, dan telah menjadi dasar film fiksi dan dokumenter. Dalam buku The Jungle Book karya Rudyard Kipling tahun 1894, harimau itu, Shere Khan , adalah musuh bebuyutan protagonis manusia, Mowgli . Karakter harimau lainnya yang ditujukan untuk anak-anak cenderung lebih jinak, seperti misalnya Tigger di AA Milne 's Winnie-the-Pooh dan Hobbes dari komik strip Calvin dan Hobbes , yang keduanya diwakili hanya sebagai boneka binatang. kehidupan.
    
    Harimau juga merupakan maskot untuk berbagai tim olahraga di seluruh dunia. Tony the Tiger adalah maskot terkenal untuk sereal sarapan Kellogg, Frosted Flakes .  Merek bensin Esso (Exxon) diiklankan mulai tahun 1969 dan seterusnya dengan slogan 'taruh harimau di dalam tangki Anda', dan maskot harimau; lebih dari 2,5 juta ekor harimau sintetis dijual ke pengendara, yang mengikatnya ke tutup tangki bensin mereka. 
    Harimau itu muncul dalam lambang tetapi berbeda dari hewan penyembah pemberat, makhluk mirip serigala, yang bermuka masam yang berakar pada bestiaries abad pertengahan Eropa.

Politik dan ekonomi
     Koin perak raja Uttama Chola awal yang ditemukan di Sri Lanka menunjukkan Harimau Chola duduk di antara lambang Pandyan dan Chera. Harimau adalah salah satu hewan yang ditampilkan pada stempel Pashupati Peradaban Lembah Indus . Harimau adalah lambang Dinasti Chola dan digambarkan pada koin, segel dan spanduk.
      Segel dari beberapa koin tembaga Chola menunjukkan harimau, ikan lambang Pandyan dan busur lambang Chera , menunjukkan bahwa Cholas telah mencapai supremasi politik selama dua dinasti terakhir. Koin emas yang ditemukan di Kavilayadavalli di distrik Nellore, Andhra Pradesh memiliki motif harimau, busur, dan beberapa tanda tidak jelas. Simbol harimau dari Kekaisaran Chola kemudian diadopsi oleh Macan Pembebasan Tamil Eelam dan harimau menjadi simbol negara yang tidak dikenal dari Eelam Tamil dan gerakan kemerdekaan Tamil.
    Harimau Bengal adalah hewan nasional India dan Bangladesh. Harimau Malaysia adalah hewan nasional Malaysia . Harimau Siberia adalah hewan nasional Korea Selatan . Karena ekonomi yang berhasil dari Korea Selatan , Taiwan , Hong Kong dan Singapura digambarkan sebagai Empat Harimau Asia , ekonomi harimau adalah metafora bagi suatu bangsa dalam pembangunan yang cepat.

Fakta Tentang Harimau
Harimau adalah salah satu hewan karnivora terbesar dan juga termasuk spesies kucing terbesar. Berukuran hampir seperti singa tetapi sedikit lebih berat. Berikut adalah beberapa fakta tentang Harimau yang harus anda tahu!

  1. Harimau adalah spesies kucing terbesar di dunia. Beratnya bisa mencapai 360 kg dan panjangnya bisa melebar sampai 2 meter. Meski tidak setinggi singa jantan, tetapi harimau sedikit lebih berat dan panjang.
  2. Harimau adalah hewan nasional India dan Bangladesh.
  3. Harimau Siberia adalah harimau terbesar di dunia.
  4. Kaki belakang harimau lebih panjang daripada kaki depannya, yang membuatnya dengan mudah berlari, melompat, dan menerkam.
  5. Harimau memiliki lebih dari 100 garis (belang). Seperti sidik jari, tidak ada dua harimau yang memiliki pola belang yang sama.
  6. Seekor harimau bisa makan hampir 1/5 dari berat tubuhnya sekali makan - yaitu sekitar 40 kg.
  7. Seekor harimau Siberia memiliki hampir 20.000 rambut per-inci perseginya.
  8.  Auman harimau bisa terdengar lebih dari 2 mil (3 km) melalui hutan.
  9. Harimau telah membunuh lebih banyak orang daripada singa atau macan tutul. Selama abad ke-19, harimau mungkin telah membunuh ratusan ribu orang.
  10. Seekor harimau bisa membunuh seketika dengan satu gigitan ke leher melalui sumsum tulang belakang. Seekor harimau juga bisa mencekik mangsanya dengan meremas tenggorokannya hingga 10 menit.
  11. Cakar harimau bisa tumbuh hingga 12 cm panjangnya.
  12. Seekor harimau menghabiskan sekitar 18 jam untuk tidur.
  13. Lidah harimau sangat kasar, sehingga bisa mengikis daging dari mangsanya.
  14. Air liur harimau adalah antiseptik. Hal ini berguna untuk membersihkan luka mereka.
  15. Penglihatan malam harimau 6 kali lebih baik daripada manusia.
  16. Ekor harimau membantu keseimbangan saat berlari.
  17. Karena harimau biasanya menyerang mangsa mereka dari samping atau belakang, beberapa orang yang tinggal di pedesaan India memakai topeng di belakang kepala mereka.
  18. Tidak seperti kucing lainnya, harimau sangat suka berada di air. Harimau Sumatera memiliki kaki berselaput yang membuatnya menjadi perenang yang terampil.
  19. Harimau disebut sebagai hewan "Hypercarnivora", yang berarti mereka hidup secara eksklusif pada daging. Harimau memakan sapi, monyet, burung, buaya, dan bahkan gajah kecil sekalipun. Sistem pencernaan mereka tidak bisa mencerna buah, tanaman, atau serangga.
  20. Harimau dewasa dapat berlari hingga 65 km/jam.
  21. Di pasar gelap, harimau dewasa yang mati bisa terjual lebih dari 10.000 dollar.
  22. Harimau tidak bisa merasakan apapun yang manis.
  23. Harimau tidak bisa mendengkur. Bila mereka bahagia atau merasa aman, mereka biasanya menyipitkan mata atau menutup mata.
  24. Karena ukurannya yang sangat besar, harimau dapat mati kelaparan dalam waktu 2-3 minggu.
  25. Sebagian besar harimau memiliki mata berwarna kuning, tetapi harimau putih biasanya memiliki mata berwarna biru, karena gen mata biru dikaitkan dengan gen untuk bulu putih.
  26. Harimau menggaruk pohon dan menggunakan urin mereka untuk menandai wilayah mereka.
  27. Harimau biasanya tidak mengaum pada hewan lain, tetapi sebaliknya mereka mengaum untuk berkomunikasi dengan harimau yang jauh.
  28. Harimau biasanya tidak melihat manusia sebagai mangsa, tapi akan menyerang jika merasa terancam.
  29. Di China, perburuan harimau adalah ilegal dan dapat dihukum mati.
  30. Harimau bisa menarik mangsanya dengan meniru suara mangsanya.
Fakta yang Mengagumkan dari Harimau

Dalam fabel di Asia, harimau sering digambarkan sebagai raja hutan. Kegagahan dan status sebagai hewan yang menduduki peringkat atas piramida makanan menjadi alasannya.
Harimau memang punya banyak keunggulan sehingga begitu dikagumi sekaligus paling ditakuti dalam rimba belantara. Inilah 33 fakta tentang harimau.

Penglihatan
1. Pupil harimau bulat, tidak seperti pupil kucing yang seperti garis lurus di siang hari. Artinya, harimau sebenarnya bukan hewan nokturnal, atau pemburu di malam hari. Mereka biasa berburu di pagi dan sore hari. 
2. Meskipun penglihatan malam hari tidak sebagus kucing, namun sekitar 6 kali lebih baik dari penglihatan manusia.
Pada beberapa kasus, akibat habitatnya terancam seringkali harimau masuk ke perkampungan dan menyerang manusia. Biasanya mereka tidak menyerang dengan membabi buta, melainkan bersembunyi di luar kampung dan mencari orang yang sedang sendirian. Ini dilakukan saat petang atau menjelang malam ketika penglihatan manusia kurang awas.
3. Kebanyakan mata harimau berwarna kuning. Pengecualian pada harimau putih memiliki mata biru, ini terkait dengan gen mata menyesuaikan gen pada bulu putih.
4. Bayi harimau buta pada minggu pertama kelahiran.
5. Penglihatan harimau seperti manusia, yakni mepunyai visi warna yang sama. Artinya, harimau tidak buta warna.


Kekuatan
6. Harimau adalah perenang yang hebat. Mereka senang bermain air ketika muda. Tak heran, harimau juga mahir berenang sejauh puluhan kilometer untuk menemukan hewan buruan.
7. Harimau bisa berlari dengan kecepatan 60 km/jam untuk jarak pendek.
8. Harimau bisa melompat sejauh 6 meter dan hingga ketinggian sekitar 5 meter.
9. Menurut Animal Planet, harimau bisa meniru suara panggilan hewan lain untuk menarik mangsa.
10. Seperti hewan pemangsa lainnya, harimau membunuh mangsanya dengan mencekik leher hingga kehilangan darah. Jika arteri mangsa putus, maka akan langsung mati dalam hitungan detik. Bila tidak, harimau akan menggigit dan membawanya hingga akhirnya mati.
11. Selain kaki belakang, cakar harimau juga sangat kuat. Satu babatan saja bisa menghancurkan tengkorak beruang.
12. Seperti kucing, memori harimau juga sangat kuat. Memori jangka pendeknya saja bisa 30 puluh kali lebih kuat dari manusia, dan ratusan kali dibanding simpanse. Jadi, harimau tidak mudah melupakan hal-hal yang terjadi.
13. Berat otak harimau sekira 300 gram. Ini adalah otak terbesar dari semua karnivora kecuali beruang kutub, dan sebanding dengan ukuran otak simpanse.
14. Harimau merupakan hewan yang pintar beradaptasi saat berburu. Biasanya mereka menggigit bagian leher agar mangsa cepat mati. Namun, bila sedang berenang di sungai dan bertemua buaya, maka harimau bisa mencocok mata reptil tersebut hingga buta dan membalikkan tubuhnya sehingga bisa mengeluarkan isi perut buaya. Hal ini dikarenakan bagian perut buaya paling lunak, dan harimau tak mungkin menggigit leher buaya yang dilindungi kulit tebal.
15. Harimau memilik air liur antiseptik. Saat terluka, harimau cukup menjilati luka sebagai desinfektan.
16. Lidah harimau memiliki bulu berdaging, sehingga saat mandi dan menjilati tubuh maka secara tak langsung sekaligus menyisir bulu-bulu mereka.

Interaksi
17. Harimau jarang mengaum. Mereka hanya mengaum untuk berkomunikasi dengan harimau lainnya. 
18. Batas teritori dilakukan dengan menggores pohon dan mengencinginya.
19. Dari bau urin tersebut, seekor harimau bisa tahu umur, jenis kelamin, dan kondisi reproduksi harimau lainnya.
20. Harimau jantan memiliki wilayah yang lebih luas dibanding betina. Namun, sesama harimau tidak pernah menguasai wilayah yang tumpang tindih.
21. Tidak seperti singa, harimau jantan merupakan pengayom keluarga. Mereka selalu menunggu betina dan anak-anaknya menyantap hasil buruan lebih dulu.
22. Harimau betina hanya memiliki masa subur selama 4-5 hari sepanjang tahun. Pada saat itulah mereka mulai musim kawin. Lalu mengandung selama 3 bulan dan melahirkan 2 hingga 3 anak harimau.

Berburu
23. Mungkin hanya satu dari sepuluh perburuan yang sukses bagi seekor harimau. Sehingga biasanya harimau pergi beberapa hari tanpa makan sebelum akhirnya sukses menemukan mangsa.
24. Nyatanya harimau adalah hewan yang tidak kuat menahan lapar (mungkin karena besarnya ukuran tubuh mereka). Harimau akan mati kelaparan hanya dalam waktu 2-3 minggu saja.
25. Harimau sering berburu sendiri, kecuali untuk menangkap hewan besar barulah melakukan penyergapan bersama kawanannya. Harimau juga termasuk hewan yang suka menyergap, karenanya bila tiba-tiba berpapasan dengan harimau di hutan jarang sekali manusia diserang, kecuali merasa terancam.

Persilangan
26. Dalam penangkaran, harimau bisa kawin dengan singa atau kucing lainnya. Singa jantan dan harimau betina memiliki keturunan besar yang disebut Ligers. Sedangkan harimau jantan dan singa betina menghasilkan Tiglon dengan ukuran yang lebih kecil. 
27. Seekor Ligers dapat bertumbuh sepanjang 4 meter, sehingga dinobatkan sebagai kucing terbesar di dunia.

Fakta lainnya:
28. Harimau adalah yang terbesar dari semua kucing. Harimau Siberia bisa bertumbuh hingga 3,5 meter panjangnya dengan berat 300 kg. Sementara harimau sumatera sepanjang 2 meter dan berat 100 kg. 
29. Garis-garis pada tubuh setiap harimau berbeda. Hal ini layaknya sidik jari pada manusia.
30. Ada enam subspesies harimau yang masih hidup saat ini : harimau Siberia (Panthera tigris Altai a), harimau China Selatan (Panthera tigris amoyensis), harimau Indocina (Panthera tigris corbetti), harimau Malaya (Panthera tigris jacksoni), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), dan harimau Bengal (Panthera tigris tigris).
31. Tiga subspecies lainnya telah punah, yakni harimau bali (Panthera tigris balica), harimau jawa (Panthera tigris sondaica), dan harimau kaspia (Panthera tigris virgata).
32. Menurut perkiraan para peneliti, kini hanya ada sekitar 3.500 harimau yang tersisa di alam liar. 
33. Harimau hidup selama sekitar 25 tahun baik di penangkaran dan di alam liar.

Sumber Referensi : Wikipedia.Org