"SELAMAT DATANG DI BLOG GEOGRAFI LINGKUNGAN""(EKOGEO)"

Wednesday, October 3, 2018

MAKAKA RHESUS : MONYET EKOR PANJANG DENGAN POPULASI DAN DISTRIBUSI YANG MELIMPAH

   
    Rhesus macaque ( Macaca mulatta ) adalah salah satu spesies monyet Old World yang paling terkenal. Hal ini terdaftar sebagai Kekhawatiran Terkecil di Daftar Merah IUCN Spesies Terancam dalam pandangan distribusi yang luas, diperkirakan populasi besar, dan toleransinya terhadap berbagai habitat. Berasal dari Selatan , Tengah , dan Asia Tenggara , rhesus macaque memiliki rentang geografis terluas dari setiap primata non-manusia, menempati keragaman besar ketinggian dan berbagai macam habitat, dari padang rumput ke daerah kering dan hutan, tetapi juga dekat dengan permukiman manusia.

Karakteristik 
 
 Monyet rhesus berwarna coklat atau abu-abu dan memiliki wajah merah muda, yang kehilangan bulu. Ekornya memiliki panjang sedang dan rata-rata antara 20,7 dan 22,9 cm (8,1 dan 9,0 inci). Laki-laki dewasa mengukur sekitar 53 cm (21 in) rata-rata dan berat sekitar 7,7 kg (17 lb). Betina lebih kecil, rata-rata sepanjang 47 cm (19 in) dan berat 5,3 kg (12 lb). Kera rhesus memiliki, rata-rata, 50 vertebra. Rasio panjang lengan mereka hingga panjang kaki adalah 89%. Mereka memiliki skapula dorsal dan tulang rusuk yang lebar.
    Rhesus macaque memiliki 32 gigi dengan formula gigi 2.1.2.3/2.1.2.3 dan geraham bilophodont. Molar atas memiliki empat cusp : paracone , metacone , protocone , dan hypocone . Molar bawah juga memiliki empat cusp: metaconid , protoconid , hypoconid , dan entoconid .

Distribusi dan habitat 
   Kera Rhesus berasal dari India , Bangladesh , Pakistan , Nepal , Burma , Thailand , Afghanistan , Vietnam , Cina selatan, dan beberapa daerah sekitarnya. Mereka memiliki rentang geografis terluas dari setiap primata non-manusia, yang menempati keragaman besar ketinggian di seluruh Tengah, Selatan, dan Asia Tenggara.
Menghuni daerah kering, area terbuka, rhesus kera dapat ditemukan di padang rumput, hutan, dan di daerah pegunungan hingga ketinggian 2.500 m (8,200 kaki). Mereka adalah perenang biasa. Bayi-bayi berumur beberapa hari dapat berenang, dan orang dewasa dikenal berenang lebih dari setengah mil di antara pulau-pulau, tetapi sering ditemukan tenggelam dalam kelompok-kelompok kecil di mana air minum mereka berbohong. Kera rhesus dicatat karena kecenderungan mereka untuk pindah dari pedesaan ke daerah perkotaan, datang untuk bergantung pada handout atau menolak dari manusia. Mereka beradaptasi dengan baik dengan kehadiran manusia, dan membentuk pasukan yang lebih besar di lanskap yang didominasi manusia daripada di hutan.
   Batas distribusi selatan dan utara untuk rhesus dan bonnet kera , masing-masing, saat ini berjalan paralel satu sama lain di bagian barat India, dipisahkan oleh celah besar di tengah, dan berkumpul di pantai timur semenanjung untuk membentuk zona tumpang tindih distribusi. Wilayah tumpang tindih ini ditandai dengan kehadiran pasukan campuran-spesies, dengan pasukan murni dari kedua spesies kadang-kadang terjadi bahkan di dekat satu sama lain. Perluasan luas rhesus macaque - proses alami di beberapa daerah, dan konsekuensi langsung pengenalan oleh manusia di wilayah lain - menimbulkan implikasi serius bagi populasi kera bonnet yang endemik dan menurun di India selatan. 
   Populasi Thailand secara lokal diklasifikasikan sebagai terancam punah. Ada sekitar 1.000 pasukan di Wat Tham Pha Mak Ho, Tambon Si Songkhram, distrik Wang Saphung , provinsi Loei .

Distribusi subspesies dan populasi 
   Nama "rhesus" mengingatkan pada raja mitologi Yunani , Rhesus . Namun, naturalis Perancis Jean-Baptiste Audebert , yang menggunakan nama spesies itu, menyatakan: "itu tidak memiliki arti".
   Menurut deskripsi pertama Zimmermann tahun 1780, rhesus macaque tersebar di Afghanistan timur, Bangladesh , Bhutan , sejauh timur Lembah Brahmaputra di semenanjung India , Nepal , dan Pakistan utara. Hari ini, ini dikenal sebagai Indian rhesus macaque M. m. mulatta , yang termasuk mhesologis mirip M. rhesus villosus , dijelaskan oleh True pada tahun 1894, dari Kashmir , dan M. m. mcmahoni , dijelaskan oleh Pocock pada tahun 1932 dari Kootai, Pakistan . Beberapa subspesies Cina dari rhesus macaques digambarkan antara 1867 dan 1917. Perbedaan molekuler yang diidentifikasi di antara populasi, bagaimanapun, sendirian tidak cukup konsisten untuk secara pasti mendefinisikan subspesies.  
Subspesies Cina dapat dibagi sebagai berikut:
  • M. m. mulatta ditemukan di Cina barat dan tengah, di selatan Yunnan , dan barat daya Guangxi 
  • M. m. lasiota ( Gray , 1868), kera rhesus Cina barat, didistribusikan di barat Sichuan , barat laut Yunnan , dan tenggara Qinghai  itu mungkin identik dengan M. m. sanctijohannis ( Swinhoe , 1867), jika tidak dengan M. m. mulatta .
  • M. m. tcheliensis ( Milne-Edwards , 1870), kera rhesus Cina utara, tinggal di utara Henan , selatan Shanxi , dan dekat Beijing . Beberapa menganggapnya sebagai subspesies yang paling terancam punah.  Yang lain menganggap itu mungkin identik dengan M. m. sanctijohannis , jika tidak dengan M. m. mulatta . 
  • M. m. vestita ( Milne-Edwards , 1892), kera rhesus Tibet, tinggal di tenggara Tibet , barat laut Yunnan ( Deqing ), dan mungkin termasuk Yushu ; itu mungkin identik dengan M. m. sanctijohannis , jika tidak dengan M. m. mulatta . 
  • M. m. littoralis ( Elliot , 1909), kera rhesus Cina selatan, tinggal di Fujian , Zhejiang , Anhui , Jiangxi , Hunan , Hubei , Guizhou , barat laut Guangdong , utara Guangxi , timur laut Yunnan , timur Sichuan , dan selatan Shaanxi ;  itu mungkin identik dengan M. m. sanctijohannis , jika tidak dengan M. m. mulatta .
  • M. m. brevicaudus , juga disebut sebagai Pithecus brevicaudus ( Elliot , 1913), tinggal di Pulau Hainan dan Kepulauan Wanshan di Guangdong , dan pulau-pulau di dekat Hong Kong  mungkin identik dengan M. m. mulatta .
  • M. m. siamica ( Kloss , 1917), monyet rhesus Indocina, didistribusikan di Myanmar , di utara Thailand dan Vietnam , di Laos , dan di provinsi Cina Anhui , Guangxi barat laut, Guizhou, Hubei , Hunan , tengah dan timur Sichuan , dan Yunnan barat dan selatan-tengah; mungkin identik dengan M. m. sanctijohannis , jika tidak dengan M. m. mulatta . 

    Sekitar musim semi 1938, sebuah koloni kera rhesus yang disebut "Nazuris" dirilis di dan sekitar Silver Springs di Florida oleh operator perahu wisata yang dikenal secara lokal sebagai "Kolonel Tooey" untuk meningkatkan "Jungle Cruise" -nya. Sebuah cerita tradisional bahwa monyet-monyet itu dirilis untuk peningkatan pemandangan di film-film Tarzan yang difilmkan di lokasi itu adalah salah, sebagai satu-satunya film Tarzan yang difilmkan di daerah itu, Tarzan 1939's Menemukan Anak! , tidak mengandung rhesus kera.  Selain itu, berbagai koloni rhesus dan spesies monyet lainnya berspekulasi sebagai hasil kebun binatang dan taman margasatwa yang dihancurkan dalam badai, yang paling terkenal adalah Badai Andrew .
    Koloni kera rhesus yang terkenal di Pulau Morgan , salah satu Kepulauan Laut di Carolina Selatan Lowcountry , diimpor pada tahun 1970 untuk digunakan di laboratorium lokal dan, dengan semua, berkembang. 

Ekologi dan perilaku 
   Band pinggir jalan dari rhesus macaque di Rishikesh , Uttarakhand , India : Meskipun mereka terkenal sebagai hama perkotaan, yang cepat mencuri tidak hanya makanan, tetapi juga barang-barang rumah tangga, tidak dapat dipastikan jika sepasang jins menutupi dinding pada benar adalah hasil karya mereka.
   Kera Rhesus adalah hewan diurnal , dan baik arboreal maupun terestrial . Mereka berkaki empat dan, ketika di tanah, mereka berjalan di digitigrade dan plantigrade. Mereka kebanyakan herbivora , makan terutama pada buah , tetapi juga memakan biji , akar , tunas , kulit kayu , dan sereal . Mereka diperkirakan mengkonsumsi sekitar 99 spesies tanaman yang berbeda di 46 keluarga. 
   
Selama musim hujan , mereka mendapatkan banyak air dari buah yang matang dan lezat. Monyet yang hidup jauh dari sumber air menjilat embun dari dedaunan dan meminum air hujan yang terkumpul di cekungan pohon.  Mereka juga telah mengamati memakan rayap , belalang , semut , dan kumbang .  Ketika makanan melimpah, mereka didistribusikan di patch, dan mencari makan sepanjang hari di rentang rumah mereka. Mereka minum air saat mencari makan, dan berkumpul di sekitar sungai dan sungai.  Kera Rhesus memiliki pipi khusus seperti kantung, yang memungkinkan mereka untuk sementara menimbun makanan mereka.
    Dalam penelitian psikologi , rhesus kera telah menunjukkan berbagai kemampuan kognitif yang kompleks, termasuk kemampuan untuk membuat penilaian yang sama-berbeda, memahami aturan sederhana, dan memantau keadaan mental mereka sendiri. Mereka bahkan telah ditunjukkan untuk menunjukkan self-agency , tipe penting dari kesadaran diri. Pada tahun 2014, penonton di stasiun kereta api di Kanpur, India, mendokumentasikan seekor monyet rhesus, pingsan oleh saluran listrik di atas, yang dihidupkan kembali oleh rhesus lain yang secara sistematis memberikan serangkaian tindakan resusitasi. 

Struktur grup 
Seperti kera lainnya, pasukan rhesus terdiri dari campuran 20-200 pria dan wanita. Betina lebih banyak dari laki-laki dengan rasio 4: 1. Jantan dan betina keduanya memiliki hierarki terpisah. Filopatri perempuan, yang umum di antara mamalia sosial, telah banyak diteliti pada monyet rhesus. Perempuan cenderung tidak meninggalkan kelompok sosial, dan memiliki hierarki matrilineal yang sangat stabil di mana peringkat perempuan tergantung pada pangkat ibunya. 
    Selain itu, satu kelompok mungkin memiliki beberapa garis matrilineal yang ada dalam hierarki, dan perempuan mengungguli perempuan yang tidak terkait yang memiliki peringkat lebih rendah dari ibunya.  Kera Rhesus tidak biasa karena betina termuda cenderung mengungguli kakak-kakak mereka.  Ini mungkin karena perempuan muda lebih bugar dan subur. Ibu tampaknya mencegah anak perempuan yang lebih tua dari membentuk koalisi melawannya. 
    Putri bungsu adalah yang paling tergantung pada ibu, dan tidak akan mendapatkan apa pun dari membantu saudara-saudaranya dalam menggulingkan ibu mereka. Karena setiap anak perempuan memiliki pangkat tinggi di tahun-tahun awal, memberontak terhadap ibunya tidak disarankan.  Kera jantan juvenil juga ada dalam garis matrilineal, tetapi begitu mereka mencapai usia empat hingga lima tahun, mereka diusir dari kelompok natal oleh lelaki dominan. Dengan demikian, laki-laki dewasa mendapatkan dominasi berdasarkan usia dan pengalaman. 
    Di dalam kelompok, kera memposisikan diri berdasarkan peringkat. "Subkelompok laki-laki sentral" berisi dua atau tiga laki-laki tertua dan paling dominan yang kodominan, bersama dengan perempuan, bayi mereka, dan remaja. Subkelompok ini menempati pusat kelompok dan menentukan gerakan, mencari makan, dan rutinitas lainnya.  Para wanita dari subkelompok ini juga yang paling dominan dari seluruh kelompok. Semakin jauh ke pinggiran suatu subkelompok, semakin kurang dominan.
   Subkelompok di pinggiran kelompok pusat dijalankan oleh satu laki-laki yang dominan, dari peringkat yang lebih rendah daripada laki-laki pusat, dan ia mempertahankan ketertiban dalam kelompok, dan mengkomunikasikan pesan antara laki-laki pusat dan perifer. Subkelompok bawahan, sering kali subadult, laki-laki menempati bagian paling dalam kelompok, dan memiliki tanggung jawab untuk berkomunikasi dengan kelompok-kelompok kera lain dan membuat panggilan alarm. Perilaku sosial Rhesus dideskripsikan sebagai despotis, di mana orang-orang berpangkat tinggi menunjukkan sedikit toleransi dan sering serta agresi berat terhadap non-kerabat. 

Komunikasi 
    Monyet Rhesus berinteraksi menggunakan berbagai ekspresi wajah, vokalisasi, postur tubuh, dan gerak tubuh. Mungkin ekspresi wajah yang paling umum yang dibuat oleh macaque adalah wajah "gigi diam yang diam".  Ini dibuat antara individu-individu dari tingkatan sosial yang berbeda, dengan peringkat yang lebih rendah memberikan ekspresi kepada atasannya. Individu yang kurang dominan juga membuat "takut meringis", disertai dengan jeritan, untuk menenangkan atau mengarahkan agresi. Tingkah laku patuh lainnya adalah "bokong saat ini", di mana seorang individu mengangkat ekornya dan memaparkan alat kelaminnya ke gen dominan. 
   
Individu yang dominan mengancam individu lain dengan berdiri berkaki empat dan membuat "pandangan mulut terbuka" yang senyap disertai dengan ekor yang lurus. Selama pergerakan, kera membuat coos dan mendengus. Ini juga dibuat selama interaksi afiliatif, dan pendekatan sebelum perawatan.  Ketika mereka menemukan makanan langka berkualitas tinggi, kera mengeluarkan pancaran, lengkungan harmonis, atau celetukan. Ketika dalam situasi yang mengancam, kera memancarkan suara keras bernada tinggi yang disebut kulit kayu yang melengking. Melengking, jeritan, berderit, ancaman ter, geraman, dan gonggongan digunakan selama interaksi agresif.  Bayi " gecker " untuk menarik perhatian ibu mereka. 

Reproduksi 
Kera jantan dewasa mencoba memaksimalkan keberhasilan reproduksinya dengan melakukan hubungan seks dengan wanita, baik di dalam maupun di luar periode pembiakan . Perempuan lebih suka kawin dengan laki-laki yang tidak akrab dengannya. Laki-laki yang lebih tua yang bukan anggota pasukan perempuan lebih disukai daripada laki-laki peringkat yang lebih tinggi. Di luar periode konsorsium, pria dan wanita mengembalikan perilaku sebelumnya yang tidak menunjukkan perlakuan istimewa atau hubungan khusus apa pun.
    Periode pemuliaan bisa bertahan hingga 11 hari, dan seorang wanita biasanya kawin dengan banyak pejantan selama waktu itu. Kera rhesus jantan telah diamati untuk memperjuangkan akses ke betina yang menerima secara seksual dan mereka menderita lebih banyak luka selama musim kawin.  Kera betina pertama kali berkembang biak ketika mereka berusia empat tahun, dan mencapai menopause pada sekitar 25 tahun.  Ketika kawin, monyet rhesus jantan biasanya berejakulasi kurang dari 15 detik setelah penetrasi seksual . Kera jantan umumnya tidak memainkan peran dalam membesarkan anak-anak, tetapi memiliki hubungan damai dengan keturunan pasangan permaisuri mereka.
    Manson dan Parry  menemukan bahwa rhesus rhesus bebas menghindari inbreeding. Wanita dewasa tidak pernah diamati bersanggama dengan laki-laki dari matrilineage mereka sendiri selama masa subur mereka.
   Ibu dengan satu atau lebih anak perempuan yang belum matang selain bayi mereka bersentuhan dengan bayi mereka lebih sedikit daripada bayi yang tidak memiliki anak perempuan dewasa yang lebih tua, karena ibu dapat meneruskan tanggung jawab pengasuhan kepada anak perempuan mereka. Ibu-ibu berpangkat tinggi dengan anak perempuan yang belum dewasa juga menolak bayi mereka secara signifikan lebih dari mereka yang tidak memiliki anak perempuan yang lebih tua, dan cenderung untuk mulai kawin lebih awal di musim kawin daripada yang diperkirakan berdasarkan tanggal kelahiran mereka di musim kelahiran sebelumnya.  Bayi jauh dari pusat kelompok lebih rentan terhadap pembunuhan bayi dari kelompok luar.  Beberapa ibu menyalahgunakan bayi mereka, yang diyakini merupakan hasil dari mengendalikan gaya pengasuhan . 

Perilaku 
   
Dalam beberapa percobaan memberikan cermin kepada monyet rhesus, mereka melihat ke cermin dan merawat diri serta melenturkan berbagai kelompok otot. Perilaku ini menunjukkan bahwa mereka mengenali dan sadar akan diri mereka sendiri .
Konflik dengan manusia 
Menjelang akhir Maret 2018, dilaporkan bahwa seekor monyet memasuki sebuah rumah di desa Talabasta, negara bagian Orissa di India , dan menculik seorang bayi. Bayi itu kemudian ditemukan tewas di dalam sumur. Meskipun monyet diketahui menyerang orang, memasuki rumah atau merusak properti, perilaku yang dilaporkan ini tidak biasa. 

Dalam sains 
 
Rhesus macaque terkenal dengan sains. Karena perawatannya yang relatif mudah dalam penangkaran, ketersediaan luas, dan kedekatan dengan manusia secara anatomis dan fisiologis, telah digunakan secara luas dalam penelitian medis dan biologi pada topik yang berhubungan dengan kesehatan manusia dan hewan. Itu telah memberikan namanya pada faktor Rh , salah satu unsur golongan darah seseorang, oleh para penemu faktor, Karl Landsteiner dan Alexander Wiener . Monyet rhesus juga digunakan dalam percobaan yang terkenal pada deprivasi ibu yang dilakukan pada tahun 1950 oleh psikolog komparatif kontroversial Harry Harlow . Terobosan medis lainnya yang difasilitasi oleh penggunaan rhesus macaque meliputi:
  • pengembangan vaksin rabies , cacar , dan polio
  • pembuatan obat untuk mengelola HIV / AIDS
  • pemahaman tentang siklus reproduksi wanita dan perkembangan embrio dan perbanyakan sel induk embrionik .   
Angkatan Darat AS , Angkatan Udara AS , dan NASA meluncurkan rhesus kera ke luar angkasa selama tahun 1950-an dan 1960-an, dan program luar angkasa Soviet / Rusia meluncurkan mereka ke ruang angkasa baru-baru ini pada 1997 untuk misi Bion . Salah satu primata ini ("Able"), yang diluncurkan pada angkasa luar angkasa pada tahun 1959, adalah salah satu makhluk hidup pertama (bersama dengan " Miss Baker " dalam misi yang sama) untuk melakukan perjalanan di ruang angkasa dan kembali hidup. 
    Pada tanggal 25 Oktober 1999, rhesus macaque menjadi primata kloning pertama dengan kelahiran Tetra . Januari 2001 memiliki kelahiran ANDi , primata transgenik pertama; ANDi membawa gen asing yang berasal dari ubur - ubur .
    Meskipun sebagian besar studi tentang rhesus macaque berasal dari berbagai lokasi di India utara, beberapa pengetahuan tentang perilaku alami spesies ini berasal dari penelitian yang dilakukan pada koloni yang didirikan oleh Pusat Penelitian Primata Karibia dari Universitas Puerto Rico di pulau Cayo. Santiago , dari Puerto Rico . Tidak ada pemangsa di pulau itu, dan manusia tidak diizinkan untuk mendarat kecuali sebagai bagian dari program penelitian. Koloni ini disediakan sampai batas tertentu, tetapi sekitar setengah dari makanannya berasal dari mencari makan alami.
   Kera Rhesus, seperti banyak kera, membawa virus herpes B. Virus ini biasanya tidak membahayakan monyet, tetapi sangat berbahaya bagi manusia dalam kejadian langka bahwa ia melompat spesies , misalnya pada tahun 1997 kematian peneliti Pusat Penelitian Primata Nasional Yerkes Elizabeth Griffin.
    Bekerja pada genom dari rhesus macaque selesai pada tahun 2007, membuat spesies primata non-manusia kedua yang genomnya disekuensing.  Manusia dan kera ternyata berbagi sekitar 93% dari urutan DNA mereka dan berbagi nenek moyang bersama sekitar 25 juta tahun yang lalu. Monyet rhesus memiliki 21 pasang kromosom.
    Perbandingan kera rhesus, simpanse , dan manusia mengungkapkan struktur genom primata leluhur, tekanan seleksi positif dan ekspansi spesifik garis keturunan, dan kontraksi keluarga gen. "Tujuannya adalah merekonstruksi sejarah setiap gen dalam genom manusia," kata Evan Eichler , Universitas Washington, Seattle. DNA dari berbagai cabang pohon primata akan memungkinkan kita "untuk melacak kembali perubahan evolusioner yang terjadi pada berbagai titik waktu, yang mengarah dari nenek moyang umum kloning primata ke Homo sapiens ," kata Bruce Lahn , Universitas Chicago.
    Setelah genom manusia dan simpanse disekuensing dan dibandingkan, biasanya tidak mungkin untuk mengetahui apakah perbedaan adalah hasil dari gen manusia atau simpanse yang berubah dari leluhur bersama. Setelah genom rhesus macaque diurutkan, tiga gen dapat dibandingkan. Jika dua gen itu sama, mereka dianggap gen asli.
    Genom simpanse dan manusia menyimpang 6 juta tahun yang lalu. Mereka memiliki 98% identitas dan banyak kawasan peraturan yang dilestarikan. Membandingkan genus manusia dan kera, yang menyimpang 25 juta tahun lalu dan memiliki identitas 93%, lebih lanjut mengidentifikasi tekanan evolusi dan fungsi gen.
    Seperti simpanse, perubahan terjadi pada tingkat penyusunan ulang gen daripada mutasi tunggal. Insersi yang sering, penghapusan, perubahan dalam urutan dan jumlah gen, dan duplikasi segmental dekat celah, centromeres dan telomere terjadi. Jadi, macaque, simpanse, dan kromosom manusia adalah mozaik satu sama lain.
    Anehnya, beberapa sekuens gen normal pada kera sehat dan simpanse menyebabkan penyakit mendalam pada manusia. Sebagai contoh, urutan normal fenilalanin hidroksilase pada kera dan simpanse adalah urutan termutasi yang bertanggung jawab untuk fenilketonuria pada manusia. Jadi, manusia pasti berada di bawah tekanan evolusioner untuk mengadopsi mekanisme yang berbeda.
   Beberapa keluarga gen dikonservasi atau di bawah tekanan dan ekspansi evolusioner pada ketiga spesies primata, sementara beberapa di antaranya secara unik berekspansi pada manusia, simpanse, atau kera.
    Misalnya, jalur kolesterol dilestarikan di semua tiga spesies (dan spesies primata lainnya). Pada ketiga spesies tersebut, gen-gen respon imun berada di bawah seleksi positif, dan gen imunitas yang dimediasi sel T, transduksi sinyal, adhesi sel, dan protein membran secara umum. Gen untuk keratin, yang menghasilkan batang rambut, dengan cepat berkembang di ketiga spesies, mungkin karena perubahan iklim atau seleksi pasangan. Kromosom X memiliki tiga kali lebih banyak penyusunan ulang dibandingkan kromosom lainnya. Monyet memperoleh 1.358 gen dengan duplikasi.
   Triangulasi urutan manusia, simpanse, dan kera menunjukkan ekspansi keluarga gen di setiap spesies. Gen PKFP , yang penting dalam metabolisme gula (fruktosa), diperluas pada kera, mungkin karena pola makan buahnya yang tinggi. Begitu juga gen untuk reseptor penciuman, sitokrom P450 (yang mendegradasikan racun), dan CCL3L1-CCL4 (terkait pada manusia dengan kerentanan HIV).Gen kekebalan diperluas dalam kera, relatif terhadap keempat spesies kera besar . Genome kera memiliki 33 gen histocompatibility utama, tiga kali dari manusia. Ini memiliki signifikansi klinis karena kera digunakan sebagai model eksperimental dari sistem kekebalan tubuh manusia.
   Pada manusia, keluarga gen melanoma (PRAME) yang diekspresikan secara khusus diekspresikan diperluas. Ini secara aktif diekspresikan pada kanker, tetapi normalnya bersifat testis, mungkin terlibat dalam spermatogenesis. Keluarga PRAME memiliki 26 anggota pada kromosom manusia 1. Dalam kera, ia memiliki delapan, dan telah sangat sederhana dan stabil selama jutaan tahun. Keluarga PRAME muncul dalam translokasi di nenek moyang tikus-primata umum 85 juta tahun yang lalu, dan diperluas pada kromosom tikus 4.
   Mikroarray DNA digunakan dalam penelitian macaque. Misalnya, Michael Katze dari University of Washington, Seattle, kera yang terinfeksi dengan influenza tahun 1918 dan modern. DNA microarray menunjukkan respon genomik macaque terhadap influenza manusia pada tingkat sel di setiap jaringan. Kedua virus merangsang peradangan sistem imun bawaan, tetapi flu 1918 merangsang peradangan yang lebih kuat dan lebih persisten, menyebabkan kerusakan jaringan yang luas, dan tidak menstimulasi jalur interferon-1. Tanggapan DNA menunjukkan transisi dari respon imun bawaan untuk adaptif selama tujuh hari.
    Monyet rhesus (Macaca mulatta), yang juga disebut Macaque Rhesus, adalah salah satu spesies monyet Dunia Lama yang paling terkenal. Monyet ini banyak terdapat di Afganistan hingga ke India utara dan Tiongkok selatan. Monyet rhesus bersifat dimorfis secara seksual. Monyet rhesus jantan dewasa tingginya rata-rata sekitar 53 cm. Dan beratnya rata-rata 7,7 kg. Monyet betinanya lebih kecil, tingginya rata-rata 47 cm dan beratnya 5,3 kg. Warnanya coklat atau kelabu dan mukanya berwarna merah jambu dan biasanya penuh dengan bulu. Panjang ekor mereka sedang, rata-rata antara 20,7 dan 22,9 cm.

Dalam ilmu pengetahuan
    Monyet rhesus dikenal di dunia ilmu pengetahuan karena mereka mudah dipelihara di penangkaran dan telah banyak dimanfaatkan dalam penelitian medis dan biologis. Namanya telah digunakan untuk Faktor rhesus, salah satu unsur dalam golongan darah manusia, oleh penemu faktor ini, Karl Landsteiner dan Alexander Wiener. Monyet rhesus juga digunakan dalam percobaan-percobaan terkenal tentang deprivasi ibu (keadaan tanpa induk) yang dilaksanakan pada 1950-an oleh psikolog perbandingan Harry Harlow. NASA mengirim rhesus ke luar angkasa pada 1950-an dan 1960-an, dan program antariksa Soviet/Rusia mengirim mereka ke luar angkasa, yang terakhir pada 1997 dalam misi Bion.
   Pada Januari 2000, monyet rhesus menjadi primata pertama yang diklon dengan lahirnya Tetra. Pada Januari 2001 ANDi dilahirkan, primata transgenis pertama; ANDi membawa gen-gen asing, yang aslinya berasal dari ubur-ubur.
    Penelitian tentang genome monyet rhesus diselesaikan pada 2007,[3] dan menjadikan monyet rhesus primata non-manusia kedua yang genomenya berhasil diurutkan. Studi [4] ini memperlihatkan bahwa manusia dan monyet ini sama-sama memiliki sekitar 93% dari urutan DNA mereka dan memiliki nenek moyang bersama kira-kira 25 juta tahun yang lalu.
    Meskipun kebanyakan studi tentang monyet rhesus dilakukan di berbagai lokasi di India utara, sebagian dari pengetahuan kita tentang perilaku alamiah dari spesies ini berasal dari studi-studi yang dilakukan di sebuah koloni yang didirikan oleh Pusat Penelitian Primata Karibia dari Universitas Puerto Riko di pulau Cayo Santiago, di lepas pantai Puerto Riko. Di pulau ini tidak ada predator, dan manusia tidak diizinkan datang ke situ kecuali sebagai bagian dari program-program penelitian ini. Makanan untuk koloni ini disediakan, tetapi sekitar 50% dari makanannya berasal dari alam terbuka yang harus dicari sendiri. Di tempat-tempat yang lebih terkontrol, monyet-monyet ini seringkali menikmati Fig Newton dan aprikot, dan khususnya gemar “mengumpulkan” sejumlah besar marshmallow.

Di alam bebas
Monyet rhesus yang hidup di tempat yang sangat kering dan terbuka, dapat pula ditemukan di padang rumput, di hutan-hutan dan wilayah pegunungan hingga ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Monyet rhesus adalah perenang yang baik dan dikabarkan senang berenang. Monyet ini terkenal karena kecenderungannya untuk pindah dari daerah pedesaan ke perkotaan, dan hidup dari pemberian atau makanan-makanan yang dibuang oleh manusia. Ia dijadikan binatang peliharaan di beberapa tempat, dan dianggap dapat mengancam kesehatan dan keamanan umum.
   Perkawinan tidak terbatas pada musim-musim tertentu. Kehamilan berlangsung antara 135-194 hari. Monyet betina menjadi dewasa pada usia tiga tahun, sementara jantan pada usia empat tahun. Jangka hidup monyet rhesus di penangkaran kira-kira 15-20 tahun untuk jantan dan 20-25 tahun untuk betina. Monyet-monyet ini jarang hidup lebih dari 15 tahun di alam bebas.
    Monyet rhesus adalah binatang siang (diurnal) yang hidup di pohon-pohon maupun di permukaan tanah. Umumnya ia herbivora dan memakan daun-daunan dan daun pinus, akar-akaran, dan kadang-kadang serangga atau binatang-binatang kecil. Monyet ini mempunyai pipi yang khusus seperti kantung, yang memungkinkannya menimbun makanannya. Bahan makanan yang sudah dikumpulkan akan dimakannya belakangan di daerah yang aman.
    Menurut Melnick, Hoelzer, Absher, dan Ashley, "Monyet rhesus mempunyai penyebaran geografis yang terluas di antara semua primata non manusia," menghuni tempat-tempat dengan berbagai ketinggian di seluruh Asia Tengah, Selatan dan Tenggara.

Perilaku dan reproduksi
 
Seperti semua monyet lainnya, gerombolan monyet rhesus terdiri atas campuran jantan dan betina. Gerombolan ini dapat terdiri hingga 180 ekor monyet, tetapi rata-rata jumlahnya 20 ekor. Monyet betina dapat lebih banyak jumlahnya dibandingkan monyet jantan dengan rasio 4:1. Hierarki sosialnya juga bersifat matriarkal, peringkatnya tergantung pada betina yang memimpin. Pemeliharaan atas monyet-monyet muda dan tugas-tugas pengawasan wilayah dibagi di antara rombongan. Sementara monyet-monyet betina biasanya hidup damai, jantannya biasanya sering ribut di antara mereka sendiri. Monyet rhesus dicirikan sebagai monyet yang ramai. Monyet-monyet yang menemukan makanan biasanya akan mengumumkan hal ini dengan panggilan-panggilan yang khas, meskipun ada yang mengatakan bahwa monyet-monyet muda atau yang rendahan kadang-kadang akan berusaha menghindari hal itu apabila temuan mereka tidak diketahui.

Klasifikasi
Ada beberapa sub spesies dari Monyet rhesus:
  • Macaca mulatta mulatta
  • Macaca mulatta villosa
  • Macaca mulatta vestita
  • Macaca mulatta lasiota
  • Macaca mulatta sanctijohannis
  • Macaca mulatta brevicauda
     Monyet  merupakan genus ( Macaca ) dari monyet Dunia Lama dari subfamili Cercopithecinae . Ke 23 spesies kera tersebar di seluruh Asia , Afrika Utara dan ( dalam satu contoh ) Gibraltar . Monyet pada dasarnya bersifat pemakan buah , meskipun pola makan mereka juga mencakup biji, daun, bunga, dan kulit pohon, dan beberapa, seperti kera pemakan kepiting , hidup dari diet invertebrata dan kadang-kadang vertebrata kecil. Monyet ditemukan di berbagai habitat di seluruh benua Asia, dan sangat mudah beradaptasi. Semua kelompok sosial kera disusun di sekitar dominan, perempuan matriarkal. 

    Mereka juga telah belajar untuk hidup bersama manusia, dan telah menjadi spesies invasif di beberapa lanskap manusia yang dihuni, seperti pulau Mauritius dan Silver Springs State Park di Florida. Monyet bisa menjadi ancaman bagi konservasi, bersama dengan ancaman terhadap kesejahteraan manusia melalui pembawa penyakit yang bisa ditularkan dan mematikan. Saat ini, kera sebagai spesies invasif ditangani dengan beberapa metode kontrol.

Deskripsi 
   Selain dari manusia (genus Homo ), kera adalah genus primata yang paling luas, mulai dari Jepang ke anak benua India , dan dalam kasus kera barbary ( Macaca sylvanus ), ke Afrika Utara dan Eropa Selatan . Dua puluh tiga spesies kera saat ini diakui, semuanya adalah Asia kecuali untuk Barbary Macaque;  termasuk beberapa monyet yang paling dikenal oleh non-zoologi, seperti  rhesus macaque ( M. mulatta ), dan kera barbary, koloni yang hidup di Rock of Gibraltar di Eropa Selatan.
   Monyet adalah primata kuat yang lengan dan kakinya hampir sama panjangnya. Bulu hewan ini biasanya bervariasi warna coklat atau hitam dan moncong mereka membulat dalam profil dengan lubang hidung di permukaan atas. Ekor bervariasi di antara setiap spesies, yang bisa panjang, sedang, pendek atau sama sekali tidak ada. Meskipun beberapa spesies kekurangan ekor, dan nama-nama umum mereka merujuk mereka sebagai kera , ini adalah monyet sejati, tanpa hubungan yang lebih besar dengan kera sejati daripada monyet Dunia Lama lainnya. Sebaliknya, ini berasal dari definisi awal 'kera' yang termasuk primata umumnya.
    Pada beberapa spesies, lipatan kulit bergabung dengan jari kedua sampai kelima, hampir mencapai sendi metatarsal pertama. Ukuran monyet berbeda tergantung jenis kelamin dan spesies. Laki-laki dari semua spesies dapat berkisar 16-28 inci di kepala dan tubuh panjang, dan berat dari 8-40 lb Betina dapat berkisar dari berat 5-36 lb. Primata ini hidup di pasukan yang bervariasi dalam ukuran , di mana laki-laki mendominasi, namun urutan peringkat dominasi sering bergeser. Pemeringkatan wanita berlangsung lebih lama dan tergantung pada posisi silsilah mereka. Monyet bisa berenang dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tanah, bersama dengan beberapa waktu di pepohonan. Mereka memiliki kantong besar di pipi mereka di mana mereka membawa makanan tambahan. Mereka dianggap sangat cerdas dan sering digunakan di bidang medis untuk eksperimen. Orang dewasa juga terkenal karena cenderung marah. 

Ekologi 
   Monyet sangat mudah beradaptasi dengan habitat dan iklim yang berbeda dan dapat mentolerir fluktuasi suhu yang luas dan hidup dalam berbagai pengaturan lanskap. Mereka dengan mudah beradaptasi dengan manusia dan dapat bertahan hidup dengan baik di lingkungan perkotaan jika mereka mampu mencuri makanan. Mereka juga dapat bertahan hidup di lingkungan alami tanpa kehadiran manusia. Rentang ekologis dan geografis dari Macaque adalah yang paling luas dari primata non-manusia. Habitat mereka termasuk hutan hujan tropis Asia Tenggara, gurun Rajasthan, dataran pertanian di India utara, pegunungan kering Pakistan dan Afghanistan, dan pegunungan beriklim di Jepang, Cina utara, Maroko, dan Nepal. Beberapa spesies juga mendiami desa dan kota di kota-kota di Asia.
    Makanan dari Macaque adalah makanan yang kebanyakan vegetarian, meskipun beberapa spesies telah diamati memakan serangga. Di habitat alami, mereka telah diamati untuk mengkonsumsi bagian-bagian tertentu dari lebih dari seratus spesies tanaman termasuk tunas, buah, daun muda, kulit kayu, akar, dan bunga. Ketika Monyet hidup di antara orang-orang, mereka menyerang tanaman pertanian seperti gandum, beras atau tebu; dan tanaman kebun seperti tomat, pisang, melon, mangga, atau pepaya. Dalam pengaturan manusia, mereka juga sangat bergantung pada pemberian langsung dari orang-orang. Ini termasuk kacang tanah, beras, kacang polong, atau bahkan makanan siap saji.
    Monyet hidup dalam kelompok sosial yang mapan yang dapat berkisar dari beberapa individu hingga beberapa ratus; karena mereka adalah hewan sosial. Kelompok sosial yang khas memiliki antara dua puluh hingga lima puluh individu dari segala usia dan dari kedua jenis kelamin. Komposisi khas terdiri dari 15% pria dewasa, 35% wanita dewasa, 20% bayi, dan 30% remaja, meskipun ada variasi struktur dan ukuran kelompok di seluruh populasi.
    Potensi reproduksi setiap spesies berbeda. Populasi dari rhesus macaque dapat tumbuh pada tingkat 10% hingga 15% per tahun jika kondisi lingkungan menguntungkan. Namun, beberapa spesies yang hidup di hutan terancam dengan laju reproduksi yang jauh lebih rendah. Setelah usia satu tahun, kera bergerak dari tergantung pada ibu mereka selama masa bayi, ke tahap remaja, di mana mereka mulai bergaul lebih banyak dengan remaja lainnya melalui kegiatan terguling dan bermain kasar. Mereka secara seksual dewasa antara tiga hingga lima tahun. Wanita biasanya akan tinggal dengan kelompok sosial di mana mereka dilahirkan, namun pria dewasa muda cenderung membubarkan diri dan berusaha masuk ke kelompok sosial lainnya. Tidak semua pria berhasil bergabung dengan kelompok lain, dan dapat menjadi soliter; mencoba bergabung dengan kelompok sosial lainnya selama bertahun-tahun. Monyet memiliki jangka hidup yang khas dari dua puluh hingga tiga puluh tahun.

Sebagai spesies invasif 
   Kera tertentu telah menjadi spesies invasif di berbagai belahan dunia, sementara yang lain yang bertahan hidup di habitat hutan tetap terancam. Monyet ekor panjang ( Macaca fascicularis ) terdaftar sebagai ancaman dan spesies asing invasif di Mauritius bersama dengan rhesus macaques ( Macaca mulatta ) di Florida. Monyet ekor panjang menyebabkan kerusakan parah pada bagian-bagian dari jangkauannya dimana telah diperkenalkan karena populasi tumbuh tidak terkendali karena kurangnya pemangsa.
     Di pulau Mauritius, mereka telah menciptakan masalah konservasi serius untuk spesies endemik lainnya. Mereka mengonsumsi bibit tanaman asli dan membantu penyebaran gulma eksotis di seluruh hutan. Ini mengubah komposisi habitat dan memungkinkan mereka untuk dengan cepat dibanjiri oleh tanaman invasif. Monyet juga bertanggung jawab atas hampir punahnya beberapa spesies burung di Mauritius dengan menghancurkan sarang burung-burung saat mereka bergerak melintasi daerah jelajah mereka dan memakan telur-telur spesies yang terancam punah seperti merpati merah jambu dan burung beo hijau Mauritania.
     Mereka dapat menjadi hama pertanian yang serius karena mereka menyerang tanaman dan kebun dan manusia sering menembak monyet yang dapat menghilangkan seluruh populasi lokal. Di Florida, sekelompok kera menghuni Silver Springs State Park. Manusia sering memberi makan mereka, yang dapat mengubah gerakan mereka dan menjaga mereka dekat dengan sungai pada akhir pekan di mana lalu lintas manusia yang tinggi hadir.  Monyet bisa menjadi agresif terhadap manusia, dan juga membawa penyakit manusia yang mematikan, termasuk B-virus.

Strategi kontrol 
 
Teknik manajemen secara historis kontroversial, dan penolakan publik dapat menghambat upaya pengendalian. Sebelumnya, upaya untuk menghilangkan individu Macaque disambut dengan resistensi publik.  Salah satu strategi manajemen yang saat ini sedang dieksplorasi adalah sterilisasi. Manajer sumber daya alam sedang dididik oleh studi ilmiah dalam strategi yang diusulkan. Efektivitas strategi ini diperkirakan berhasil dalam menjaga populasi di cek. Misalnya, jika 80% wanita disterilisasi setiap lima tahun, atau 50% setiap dua tahun, itu dapat secara efektif mengurangi populasi. Strategi pengendalian lainnya termasuk menanam pohon tertentu untuk memberikan perlindungan terhadap burung asli dari predasi kera, perangkap hidup, dan vaksin Porcine Zona Pellucida (PZP), yang menyebabkan infertilitas pada wanita 
Perilaku sosial 

Korteks premotor kera secara luas dipelajari.
    Monyet memiliki struktur sosial dan hierarki yang sangat rumit. Jika seekor monyet dari tingkat yang lebih rendah dalam rantai sosial telah memakan buah beri dan tidak ada yang tersisa untuk kera tingkat yang lebih tinggi, maka yang lebih tinggi dalam status dapat, dalam organisasi sosial ini, menghapus buah dari mulut monyet lainnya. 

Hubungan dengan manusia 
    Beberapa spesies macaque digunakan secara ekstensif dalam pengujian hewan , khususnya dalam ilmu saraf persepsi visual dan sistem visual .
Hampir semua (73-100%) hewan peliharaan dan monyet rhesus tawanan adalah pembawa virus herpes B. Virus ini tidak berbahaya bagi kera, tetapi infeksi pada manusia, meskipun jarang, berpotensi fatal, risiko yang membuat kera tidak layak sebagai hewan peliharaan. 
   Kera yang melakukan kegiatan di perkotaan juga membawa virus berbuih simian , yang menunjukkan bahwa mereka dapat terlibat dalam lompatan spesies-ke-spesies dari retrovirus yang mirip dengan manusia. Di Vietnam, macaque dimakan oleh beberapa orang sebagai daging liar.

Klon 
Pada Januari 2018, para ilmuwan di Cina melaporkan dalam jurnal Cell penciptaan dua klon pemangsa monyet pemakan kepiting , bernama Zhong Zhong dan Hua Hua , menggunakan metode transfer DNA kompleks yang menghasilkan domba Dolly , untuk pertama kalinya. 

Spesies 
Pada 2005, para penulis Mammal Species of the World mengakui spesies dan kelompok spesies berikut ini, selain dari macaque pipi putih yang digambarkan pada tahun 2015:
  • M. sylvanus group
  • Barbary macaque , M. sylvanus
  • Kelompok M. nemestrina
  • Monyet ekor singa , M. silenus
  • Monyet ekor babi bagian selatan atau beruk , M. nemestrina
  • Monyet ekor babi Utara , M. leonina
  • Pulau Pagai macaque , M. pagensis
  • Monyet Siberut , M. siberMonyet Moor , M. maura
  • Booted macaque , M. ochreata
  • Monyet Tonkean , M. tonkeana
  • Monyet Heck , M. hecki
  • Monyet Gorontalo , M. nigrescens
  • Merayakan kera , M. nigra
  • Kelompok M. fascicularis
  • Monyet kepiting pemakan , M. fascicularis (juga dikenal sebagai cynomolgus atau kera berekor panjang)
  • Monyet ekor tunggul , M. arctoides
  • Kelompok M. mulatta
  • Monyet Rhesus , M. mulatta
  • Monyet Formosa , M. cyclopis
  • Monyet Jepang , M. fuscata
  • M. sinica group
  • Monyet toque , M. sinica
  • Bonnet macaque , M. radiata
  • Assam macaque , M. assamensis
  • Monyet Tibet , M. thibetana
  • runachal macaque , M. munzala
  • Monyet putih pipi , M. leucogenys 
Penelitian selanjutnya memperdebatkan beberapa pengelompokan spesies. Misalnya, Li, dkk , berdasarkan pengujian DNA, tidak mengenali kelompok M. fascularis . Sebaliknya, mereka menempatkan kera pemakan kepiting di dalam kelompok M. mulatta dan kera ekor buncit dalam kelompok M. sinica . 

Spesies prasejarah ( fosil ):
  • Macaca anderssoni Schlosser, 1924
  • M. jiangchuanensis Pan dkk. , 1992 
  • M. libyca Stromer, 1920
  • M. majori Schaub & Azzaroli di Comaschi Caria, 1969 (kadang-kadang termasuk dalam M. sylvanu

   Monyet kra (Macaca fascicularis) adalah monyet asli Asia Tenggara namun sekarang tersebar di berbagai tempat di Asia. Nama lokalnya dalam bahasa Melayu, kra atau kera, adalah tiruan bunyi yang dikeluarkan oleh hewan ini. Dalam literatur-literatur lama, spesies ini acap disebut sebagai kera ekor panjang atau monyet ekor panjang (dari bahasa Inggris, long-tailed macaque), monyet pemakan kepiting (Ingg., crab-eating monkey), atau monyet saja.
   Monyet ini sangat adaptif dan termasuk hewan liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia. Selain menjadi hewan timangan atau pertunjukan, monyet ini juga digunakan dalam berbagai percobaan kedokteran. Di beberapa tempat, seperti halnya di Sangeh, Bali, monyet kra dianggap sebagai hewan yang dikeramatkan dan tidak boleh diganggu.

Pengenalan
    Monyet bertubuh kecil sedang; dengan panjang kepala dan tubuh 400-470 mm, ekor 500–600 mm, dan kaki belakang (tumit hingga ujung jari) 140 mm. Berat hewan betina 3-4 kg, jantan dewasa mencapai 5–7 kg. Warna rambut di tubuhnya cokelat abu-abu hingga tengguli; sisi bawah selalu lebih pucat. Jambang pipi sering mencolok. Bayi-bayinya berwarna kehitaman

Habitat dan kebiasaan
    Monyet kra umum ditemukan di hutan-hutan pesisir (mangrove, hutan pantai), dan hutan-hutan sepanjang sungai besar; di dekat perkampungan, kebun campuran, atau perkebunan; pada beberapa tempat hingga ketinggian 1.300 m dpl. Jenis ini sering membentuk kelompok hingga 20-30 ekor banyaknya; dengan 2-4 jantan dewasa dan selebihnya betina dan anak-anak.
    Kra memakan aneka buah-buahan dan memangsa berbagai jenis hewan kecil seperti ketam, serangga, telur dan lain-lain. Kadang-kadang kelompok monyet ini memakan tanaman di kebun dan menjadi hama
    Makaka (Lat,:Macaca) adalah sejenis kera dari famili Cercopithecidae (Monyet Dunia Lama). ciri-cirinya antara lain adalah memiliki badan yang tegap, bagian bawah tubuh berwarna merah dan memiliki ekor panjang. Makaka memiliki berbagai jenis dengan ciri-ciri yang cukup signifikan satu dengan yang lainnya. Makaka cukup populer dan mudah dijumpai terutama di daerah kepulauan dengan iklim tropis. Di beberapa daerah di Indonesia, Monyet Ekor Panjang disebut dengan berbagai nama seperti Bojog (Bali), Kethek atau Munyuk (Jawa), Monyet, Kunyuk atau Onces (Sunda). Saat dewasa Monyet Ekor Panjang mempunyai panjang tubuh sekitar 38-55 cm ditambah ekor sepanjang 40-65 cm. Berat tubuh Long-tailed Macaque berkisar antara 5-9 kg untuk jantan dan 3-6 kg untuk monyet betina.

Sumber Referensi : Wikipedia Org