Pilihlah Jawaban A, B, C dan D yang kalian anggap benar !
1. Sunan Maulana Malik Ibrahim memulai dakwahnya di masyarakat dengan....
a. membeli tanah penduduk
b. menikah dengan penduduk setempat
c. berdagang kebutuhan pokok dengan harga murah
d. memberikan sumbangan ke warga
2. Respon Raja Brawijaya atas ajakan masuk Islam oleh Sunan Maulan Malik Ibrahim adalah ...
a. menolak tegas tanpa penghargaan
b. menerima dengan lapang dada
c. belum bersedia namun membolehkan penyebaran Islam
d. memerintahkan pengawal untuk mengusir
3. Ajaran Sunan Ampel yang paling dikenal masyarakat adalah ...
a. bhineka tunggal ika
b. falsafah limo
c. tutwuri handayani
d. pepali tujuh
4. Tradisi memperingati kematian hari ke-3, ke-7,ke-40, ke-100, dan ke-1000 adalah tradisi yang berasal dari ...
a. tradisi Islam Champa
b. tradisi agama Kapitayan
c. tradisi asli Hindu-Budha
d. tradisi dari Timur Tengah
5. Arsitektur masjid-masjid di Jawa dan daerah lainnya yang menggunakan atap tumpang seperti pada gambar di samping, merupakan arsitektur akulturasi kebudayaan ....
a. Arab dan Sunda
b. Islam dan Hindu-Budha
c. Turki dan India
d. Jawa dan Bali
6. Dalam dakwahnya,Sunan Ampel melakukan perubahan terhadap tradisi Hindu-Budha dengan memasukkan nilai-nilai keislaman, seperti...
a. tradisi sradhha menjadi kenduri
b. Sunatan masal
c. nyongkolan dalam pernikahan
d. jawaban a, b. dan c salah
7. Bayi mungil yang pernah dihanyutkan di laut karena anggapan yang salah oleh Bhre Wirahbumi terhadap mewabahnya penyakit di Gresik adalah ...
a. Raden Mahdum Ibrahim
b. Joko Samudra atau Raden Paku
c. Raden Ali Rahmatullah
d. Raden Sahid
8. Masa kecil Raden Paku tidak berada di sisi ayah dan ibunya, dan diasuh orang lain, menjadikan ia sosok yang ...
a. manja dan kurang mandiri
b. tekun dan tangguh
c. gampang mengeluh
d. mudah marah tidak tanggung jawab
9. Tokoh Wali Songo yang pertama mendirikan pesantren adalah ....
a. Sunan Kudus
b. Sunan Giri
c. Sunan Muria
d. Sunan Maulana Malik Ibrahim
10. Peran penting Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam mengembangkan dakwah Islam di pulau Jawa diantaranya ...
a. membangun pelabuhan dagang
b. berdakwah di kalangan keluarga istana
c. berkeliling ke kampung-kampung
d. berdakwah dengan bahasa lantang dan keras
11. Sunan Maulana Malik Ibrahim mudah diterima penduduk Jawa, karena ...
a. menyampaikan ajaran Islam secara bertahap
b. bertutur sopan, toleran dan dermawan
c. menggurui dan menyalahkan agama lain
d. jawaban a, dan b benar
12. Agama Islam masuk ke pulau Jawa diperkirakan abad ke - ....
a. 6
b. 8
c. 7
d. 9
13. Sejak abad ke-7 hingga abad ke-14 agama Islam belum berkembang di Indonesia, meskipun para penyebar Islam sudah berdatangan ke Nusantara. Hal ini disebabkan oleh ....
a. kuatnya ajaran Hindu-Budha
b. kerajaan Majapahit yang anti Islam
c. agama baru sulit diterima
d. belum adanya penyebaran Islam secara terorganisasi
14. Peran penting Wali Songo dalam mengembangkan Islam di Indonesia yaitu ...
a. menyebarkan Islam secara terorganisasi
b. mengajar Islam di pusat kota
c. berdagang sambil mengajar
d. berdakwah di kampung-kampung
15. Pada abad XIV –XVI M, Wali Songo menyebarkan Islam dengan cara....
a. melakukan hubungan dagang
b. menjalin hubungan kekeluargaan dengan penguasa
c. berdakwah dengan santun dan toleran
d. jawaban a, b, dan c benar
16. Pada tahun 1371 M. Sunan Maulana Malik Ibrahim datang ke pulau Jawa untuk....
a. menyebarkan agama Islam sambil berdagang.
b. menjalin hubungan politik dengan Majapahit
c. mencari keluarga dekat
d. menjadi utusan kerajaan Champa
17. Silsilah keturunan Raden Ali Rahmatullah atau Sunan Ampel bersambung sampai Rasulullah Saw. melalui jalur ...
a. Husein bin Fatimah binti Rasulullah
b. Abbas bin Abdul Muthalib
c. Hasan bin Fatimah binti Rasulullah
d. Usman bin Affan
18. Sunan Ampel adalah tokoh yang berjasa memperluas penyebaran Islam melalui ...
a. hubungan dagang antar daerah
b. Jaringan keluarga istana dan pesantren
c. penaklukan kerajaan majapahit
d. memusuhi non muslim
19. Pesan damai Sunan Ampel dalam penyebaran ajaran ahlussunnah wa al jamaah tercermin dalam sikapnya yang ...
a. menyeimbangkan antara tradisi dan ajaran Islam
b. menolak tradisi yang berlangsung lama
c. menganggap semua tradisi menyesatkan
d. menghilangkan tradisi nenek moyang
20. Wali Songo melakukan perubahan alih fungsi terhadap Mandala,atau dukuh di akhir era Majapahit menjadi ...
a. tempat pengobatan tradisional
b. tempat permainan
c. pondok pesantren
d. tempat peninggalan bersejarah
21. Gelar Prabu Satmata yang disematkan kepada Sunan Giri, dan adanya situs Giri Kedaton membuktikan dirinya berkedudukan sebagai ...
a. Penguasa Giri Kedathon
b. Senopati kerajaan
c. Tumenggung
d. Hanya sebagai tokoh agama
22. Wayang merupakan pertunjukan yang digemari masyarakat era Majapahit, karena itu Wali Songo melakukan perubahan-perubahan sbb: ...
a. menyelaraskan isi cerita dengan ajaran tauhid
b. pangelaran dengan cara-cara baik da sopan
c. cerita wayang diisi pesan akhlak mulia
d. Jawaban a, b, dan c benar
23. Pepali Pitu merupakan ajaran Sunan Drajat yang paling dikenal masyarakat. Dari isi pesannya menggambarkan teladannya dalam sikap hidup, antara lain ...
a. peduli terhadap masyarakat
b. bergaul dengan kalangan istana saja
c. merakyat dan bermasyarakat
d. jawaban a, dan b benar
24. “Memangun resep tyasing sasama” salah satu nasehat Sunan Drajat yang berisi ...
a. anjuran untuk selalu sabar
b. mengingatkan saling mengunjungi
c. membuat senang hati orang lain
d. saling mendoakan antar sesama
25. Inskripsi berbahasa Arab pada makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, menuliskan tentang...
a. Maulana Malik Ibrahim Sosok dermawan
b. Maulana Malik Ibrahim penasehat raja dan pengajar istana
c. pesan-pesan Maulana Malik Ibrahim
d. jawaban a, dan b benar