1. Disajikan wacana, melalui narasi Produk ramah lingkungan, peserta didik dapat mengindetifikasi pernyataan Benar atau Salah tanaman Karet dan Kelapa Sawit
2. Peserta didik dapat menyebutkan alasan yang tepat Kelapa Sawit mendukung program pembangunan di Indonesia.
3. Peserta didik dapat menjelaskan alasan utama perdagangan Kelapa Sawit daat mendukung penurunan kemiskinan.
4. Disajikan tabel prakiraan cuaca Indonesia, peserta didik dapat menganalisa temperatur di kota Padang.
5. Disajikan tabel cuaca, peserta didik dapat menentukan Benar atau Salah pernyataan tentang Cuaca.
6. Disajikan peta Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan letak Astronomis Indonesia.
7. Disajikan peta Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan 4 pulau besar di Indonesia yang dilalui garis Khatulistiwa.
8. Dengan membaca peta Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan letak Geografis Indonesia.
9.Dengan mengamati peta Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan batas-batas alam wilayah Indonesia
10. Disajikan peta pembagian daerah waktu Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan provinsi yang termasuk Wilayah Indonesia Barat.
11. Dengan mengamati peta pembagian daerah Waktu Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan provinsi yang masuk Wilayah Indonesia Tengah.
12. Dengan mengamati peta pembagian daerah waktu Indonesia, peserta didik dapat menyebutkan provinsi yang termasuk Wilayah Indonesia Timur beserta ibukotanya.
13. Disajikan narasi cerita perjalanan dengan pesawat udara, peserta didik dapat menghitung jarak waktu tempuh antara kota Jayapura dan Jakarta.
14. Disajikan peta penyebaran Fauna Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis fauna yang ada di Pulau Sulawesi.
15. Dengan mengamati peta penyebaran Fauna Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi fauna yang ada di pulau Sumatra.
16. Disajikan tabel habitat Fauna Indonesia peserta didik dapat memasangkan jenis fauna dan lokasi sebaran habitatnya.
17. Disajikan wacana tentang Komodo, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik fisik Komodo dan sebaran habitatnya.
18. Peserta didik dapat menjelaskan upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam melestarikan Komodo.
19. Disajikan wacana tentang tanaman coklat/kakao, peserta didik dapat menjelaskan karakteristik tanaman tersebut.
20. Peserta didik dapat menyebutkan manfaat tanaman coklat/kakao untuk kesehatan tubuh manusia.