PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 267 JAKARTA
JalanSwadarma
Raya, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan
Mata Pelajaran |
: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
Tahun Pelajaran |
: 2023/2024 |
Kelas/Semester |
:
VII /GANJIL/FASE D |
Jumlah Soal |
: 40 PG + Essay |
|
|
Nama Guru |
: Eko
Yulianto, S.Pd |
TEMA dan CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO.
SOAL |
1.1 Peserta
didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri serta mampu
berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan
antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat dan memahami
potensi sumber daya alam serta kaitannya dengan mitigasi kebencanaan . Ia
juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara
terhadap pembentukan kemajemukan budaya. (Tema 1) |
Keragaman alam Indonesia Letak astronomis dan pengaruhnya terhadap pembagian daerah waktu di
Indonesia. |
Disajikan Peta Indonesia, peserta didik menyebutkan letak astronomis
Indonesia |
Pemahaman |
1 |
Peserta didik dapat menjelaskan pengaruh letak geologis Indonesia |
Aplikasi |
2 |
||
Peserta didik dapat menghitung
waktu perjalanan dengan pesawat terbang antar wilayah Indonesia Barat ke
wilayah waktu Indonesia Timur. |
Pemahaman |
3 |
||
Peserta didik dapat memberikan contoh pengaruh topogarafi terhadap
iklim dibeberapa wilayah Indonesia |
Pemahaman |
4 |
||
Disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi suku di
Indonesia yang masih mempertahankan tradisi agama Hindu |
Pemahaman |
5 |
||
P |
Disajikan peta pembagian daerah waktu di Indonesia. Peserta didik
dapat mengidentifikasi Provinsi di Indonesia yang masuk Wilayah Waktu Indonesia
Barat |
Penalaran |
6 |
|
Peserta didik dapat menjelaskan pembangunan kualitas Sumber Daya
Manusia di kalangan generasi muda. |
Penalaran |
7 |
TEMA dan CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO.
SOAL |
|
Norma yang berlaku di masyarakat
|
Peserta didik dapat memberikan salah contoh norma yang berlaku
dimasyarakat. |
Pemahaman |
8 |
DisajikanPeta Arah angin
Indonesia, peserta didik dapat menentukan musim yang terjadi sesuaiarah angin
di peta. |
Pemahaman |
9 |
||
Flora Fauna Indonesia |
Disajikan Peta Sumatera, peserta didik dapat menyebutkan fauna
Asiatis yang ada di pulau tersebut. |
Pemahaman |
10 |
|
|
Disajikan
gambar bentang alam, Peserta didik dapat menentukan bentang alam di daerah
tersebut |
Pemahaman |
11 |
|
Disajikan
peta sebaran Fauna, Peserta didik dapat menyebutkan fauna yang ada di pulau
tersebut.. |
Aplikasi |
12 |
||
Peserta
didik dapat menjelaskan salah satu fungsi hutan dalam kegiatan produksi |
Penalaran |
13 |
||
Disajikan
peta bahan tambang Indonesia, peserta didik dapat menganalisa wilayah
Indonesia yang sedikit sumber daya alamnya. |
Pemahaman |
14 |
TEMA dan CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO.
SOAL |
|
|
|
Disajikan
gambar bangunan candi di Indonesia. Peserta didik dapat menentukan nama candi
dan corak agama candi tersebut |
Penalaran |
15 |
|
1.1.21.2 kkttttttttt |
Sumber sejarah berupa sumber tertulis,
sumber lisan dan sumber benda |
Peserta didik dapat menjelaskan
peran sejarah yang berkaitan dengan manusia, waktu dan ruang |
Penalaran |
16 |
|
Peserta didik dapat menjelaskan sejarah awal penggunaan kalimat
Bhineka Tunggal Ika |
Pemahaman |
17 |
|||
Peserta didik dapat menjelaskan alasan tradisi lisan
sulit untuk di analisis |
Aplikasi |
18 |
|||
Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi
ciri-ciri cerita rakyat |
Aplikasi |
19 |
|||
Keluarga
sebagai awal kehidupan |
Disajikan narasi aksi pertolongan terhadap hewan tertentu, Peserta
didik dapat mengklasifikasikan penggolongan agen sosialisasi tertentu |
Pemahaman |
20 |
||
Peserta didik dapat menjelaskan
pengertian keluarga |
Pemahaman |
21 |
|||
|
|||||
Disajikan narasi pelajar yang melanggar aturan tata tertib, Peserta
didik dapat menklasifikasikan pelanggaran norma tertentu. |
Pemahaman |
22 |
|||
Peserta didik dapat menyebutkan perangkat aturan yang berlaku dalam
masyarakat |
Pemahaman |
23 |
TEMA dan CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO.
SOAL |
1.2 Kemajemukan masyarakat Indonesia (Tema 2) |
|
Disajikan
contoh peristiwa, Peserta didik dapat menyebutkan salah satu pelanggaran
terhadap norma tertentu. |
Penalaran |
24 |
Disajikan narasi tentang kepemilikan tanah, peserta didik dapat
menganalisa pengaruh lokasi tertentu |
Pemahaman |
25 |
||
Dampak
letak geeografis Indonesia |
Peserta didik dapat menjelaskan selain dampak positif letak geografis
Indonesia jugmenimbulkan dampak negatif |
Aplikasi |
26 |
|
Peserta didik dapat menghitung
perbedaan waktu antara WIB, WITA dan WIT |
Pemahaman |
27 |
||
Peserta didik dapat menyebutkan
salah satu pengertian unsur-unsur cuaca |
Penalaran |
28 |
||
Pengertian
Peta, Atlas dan Globe |
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu pengertian peta, atlas dan
globe |
Pemahaman |
29 |
|
Peserta
didik dapat menyebutkan istilah ahli pembuat peta |
Aplikasi |
30 |
||
Komponen-komponen
yang terdapat pada peta. |
Peserta didik dapat menjelaskan alasan
mencantumkan sumber pembuatan peta |
Pemahaman |
31 |
|
Peserta dapat menjelaskan salah
satu warna pada peta |
Penalaraan |
32 |
||
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu simbol garis pada peta |
Pemahaman |
33 |
||
|
Penghitungan menggunakan skala peta |
Peserta didik dapat menghitung
skala peta |
Penalaran |
34 |
TEMA dan CAPAIAN PEMBELAJARAN |
MATERI |
INDIKATOR SOAL |
LEVEL KOGNITIF |
NO.
SOAL |
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan latar belakang munculnya masalah ekonomi |
Pemahaman |
35 |
Peserta didik dapat menjelaskan istilah dalam ekonomi |
Penalaran |
36 |
||
Keragaman Keragama K |
Peserta
didik dapat menjelaskan salah satu kebutuhan primer |
Pemahaman |
37 |
|
Disajikan beberapa pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi
kebutuhan tersier. |
Penalaran |
38 |
||
Disajikan daftar kebutuhan masyarakat. Peserta didik dapat mengidentifikasi
contoh kebutuhan rohani |
Penalaran |
39 |
||
Disajikan
narasi tentang jenis pakaian di daerah tertentu. Peserta didik dapat mengidentesifikasi
faktor tertentu yang mempengaruhi |
Pemahaman |
40 |
||
Peserta
didik dapat menyebutkan 5 contoh kebiasaan baik yang dilakukan di rumah |
Pemahaman |
1 |
||
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan dan menjelaskan 5 komponen syarat pembuatan peta |
Aplikasi |
2 |
|
|
Peserta
didik dapat menghitung jarak sebenarnya dan skala pada peta |
Pemahaman |
3 |
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian sosialisasi dan menyebutkan agen-agen
sosialisasi |
Kognitif |
4 |
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan 4 jenis norma beserta contoh-contohnya |
Kognitif |
5 |
Jakarta,
15 September 2023
Guru
Mata Pelajaran IPS
Eko
Yulianto, S.Pd